Sel04Jun201911:17

Tanda-tanda Mengidap Penyakit Sifilis

Tanda-tanda mengidap penyakit sifilis dibagi menjadi beberapa tahap yang masing-masing menunjukkan gejala yang berbeda-beda dalam setiap tahap. Sifilis merupakan infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan infeksi bakteri Treponema pallidum.
Tanda-tanda Mengidap Penyakit Sifilis
Tanda-tanda Mengidap Penyakit Sifilis
Penyakit sifilis menyebar terutama melalui aktivitas seksual, termasuk sek vagina, anal dan oral. Selain menyebar melalui hubungan seksual, sifilis juga menyebar melalui luka, berkembang melalui tahap primer (namun ini sering tidak terdeteksi atau keliru).

Orang yang menderita penyakit sifilis kemungkinan tidak mengetahui bahwa mereka terinfeksi dan tanpa sadar dapat menularkannya kepada pasangan, ini disebabkan karena luka pada awalnya tidak menimbulkan rasa sakit, yang menyebabkan tanda-tanda mengidap penyakit sifilis pada tahap awal sering diabaikan.

Pada tahap awal, sifilis dapat dengan mudah diobati dan disembuhkan. Namun jika tidak, dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang, termasuk kebutaan, demensia, dan kerusakan otak. Wanita hamil dengan infeksi sifilis dapat menularkannya kepada bayinya, menyebabkan kelainan kelahiran, kelahiran mati, atau kematian bayi tak selama setelah lahir.



Apa saja gejala sifilis?

1. Tahap primer
Tanda-tanda mengidap penyakit sifilis pada tahap ini meliputi perkembangan satu atau lebih luka yang dalam bentuk bisul kecil yang tidak terasa nyeri, terjadi pada area alat kelamin, dubur, dan di dalam atau sekitar mulut, rata-rata tiga minggu setelah paparan.

2. Sifilis sekunder
Tahap ini berlangsung beberapa bulan setelah luka tahap primer sembuh tanpa pengobatan. Tanda-tanda mengidap penyakit sifilis di tahap ini berupa ruam pada telapak tangan dan kaki. Gejala lebih lanjut termasuk kutil di area selangkangan, bercak putih dibagian dalam mulut, bengkak pada kelenjar getah bening, demam, dan penurunan berat badan.

3. Sifilis lanjut
Jika infeksi penyakit sifilis tidak diobati, kemungkinan besar akan berlanjut pada tahap ini yang disebut dengan tahap tersier, masalah pada tahap ini ditandai dengan masalah yang sangat parah terkait dengan otak, jantung, serta sistem saraf, dan dapat menyebabkan kebutaan, kelumpuhan, tuli, impotensi, bahkan kematian.

Baca juga: Mengapa gejala sifilis harus segera ditangani?

Bagaimana diagnposis dan pengobatannya?

Diagnosis penyakit sifilis dapat dilakukan dengan tes darah, cairan dari luka sifilis pada tahap awal juga dapat diambil untuk pengujian. Jika ada gejala neurologis, dokter dapat melakukan fungsi lumbal untuk menguji sifilis.

Jika Anda mengalami tanda-tanda mengidap penyakit sifilis, tahap pertama dan tahap sekunder dapat diatasi dan disembuhkan dengan perawatan medis yang cepat dan tepat. Jika Anda tidak mencari pengobatan sifilis untuk mencegah penyakit ini berlanjut pada tahap tersier, kemungkinan besar tidak dapat diembuhkan dan dapat menyembuhkan kerusakan organ, bahkan kematian.

Konsultasilah dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan dan menentukan pengobatan yang aman dan akurat yang sesuai dengan kondisi dan tahapan penyakit, sehingga penyakit sifilis dapat dengan segera diatasi sebelum berlanjut pada tahap yang palin serius. Menunda pengobatan hanya akan memperburuk kondisi Anda.



Sifilis? Konsultasikan pada Klinik Utama Sentosa

Untuk mendapatkan penanganan yang aman penyakit sifilis, pastikan Anda ditangani langsung oleh dokter ahli kelamin profesional tang sudah berpengalaman dibidangnya yang membuat Anda nyaman selama tindakan pengobatan. Hal ini bisa Anda dapatkan hanya di Klinik Utama Sentosa.

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kesehatan kelamin yang khusus menangani infeksi menular seksual (IMS), Andrologi, dan Ginekologi. Kami hadir dengan terobosan terbaru untuk membantu menyembuhkan berbagai penyakit kelamin. memberikan pelayanan dan perawatan medis prima yang terarah, berfokus pada penyebab penyakit, dimana Anda ditangani langsung oleh dokter ahli kelamin terlatih. Di dukung peralatan medis modern canggih, dengan biaya relatif terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut dan jika Anda memiliki pertanyaan lain tentang tanda-tanda mengidap penyakit sifilis, silahkan konsultasi online gratis langsung dengan dokter, atau hubungi kami di 081366657878.