Min04Agu201910:47

Tanda Sifilis Sembuh

Tanda sifilis sembuh adalah bahwa penderita tidak lagi merasakan gejala-gejala infeksi. Namun, yang harus Anda ketahui sembuh pada penyakit sifilis ini tidak mutlak sepenuhnya sembuh, sebab meskipun gejala sudah tidak lagi Anda rasakan, kuman atau bakteri penyebab sifilis bisa saja masih menetap dalam darah dan terdeteksi saat melakukan tes darah.
Tanda Sifilis Sembuh
Tanda Sifilis Sembuh
Tahukah Anda? Infeksi sifilis merupakan penyakit menular seksual (PMS) yang dapat diobati dan disembuhkan hingga tuntas pada tahap awal. Namun meski tergolong mudah disembuhkan, jika tidak diobati, bakteri penyebab sifilis dapat menyebar mempengaruhi otak, sumsum tulang belakang, dan organ lainnya.

Sifilis adalah infeksi yang disebabkan bakteri Treponema pallidum. Sifilis memiliki 3 tahap dan setiap tahap memiliki gejala yang berbeda, antara lain sifilis primer, sekunder, dan sifilis tersier. Selama tahap primer dan sekunder, mudah menularkan infeksi pada pasangan selama kontak seksual, termasuk seks genital, anal, dan oral.


Mengenal gejala sifilis

Banyak orang yang terinfeksi sifilis tidak memiliki gejala pada tahap awal infeksi (primer), namun Anda tetap dapat menularkan infeksi meskipun tanpa gejala. Pada tahap awal penyakit, sifilis dapat berkembang lebih cepat. Setelah terinfeksi sifilis primer, luka kecil, atau bercak dapat muncul pada lokasi infeksi, umumnya anus, alat kelamin wanita dan pria, atau mulut. Luka tidak sakit dan sembuh dengan cepat terlepas dari ada atau tidaknya penanganan, tanda sifilis sembuh dengan hilangnya luka. Namun tanpa pengobatan infeksi akan berlanjut pada tahap berikutnya.

Setelah tahap primer, gejala pada tahap sekunder mulai muncul, ini termasuk ruam terutama pada telapak tangan dan kaki, pertumbuhan kulit kecil disekitar alat kelamin dan gejala seperti flu seperti kelenjar bengkak, demam, nyeri otot, dan sakit kepala. Gejala berlangsung beberapa minggu dan pergi. Tanda sifilis sembuh pada tahap ini berupa hilangnya ruam, namun tanpa pengobatan, infeksi akan terus berlanjut.

Setelah tahap sekunder, sifilis yang tidak diobati bergerak ke fase laten. Anda masih terinfeksi namun tidak memiliki gejala, meskipun Anda melihat tanda sifilis sembuh dengan hilangnya gejala, namun Anda masih tetap terinfeksi selama Anda belum melakukan pengobatan yang tepat.

Jika infeksi tidak diobati, infeksi terus berlanjut hingga pada tahap akhir yaitu sifilis tersier. Pada tahap ini, infeksi dapat menyebabkan kerusakan jantung, mata, otak, saraf, tulang, kulit hingga pembuluh darah. Selain itu, menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang seperti penyakit jantung, stroke, kelumpuhan, bahkan kematian.



Diagnosis dan pengobatan infeksi sifilis

Meskipun Anda melihat tanda sifilis sembuh dengan hilangnya gejala tanpa pengobatan, pemeriksaan kesehatan seksual umum penting Anda lakukan terutama bagi Anda yang aktif secara seksual, melakukan hubungan seksual tanpa kondom, atau baru saja melakukan hubungan seksual dengan pasangan baru. Ini mencakup tes darah, yang mencari antibodi yang diproduksi oleh tubuh melawan infeksi sifilis.

Umumnya, infeksi sifilis diatasi tergantung pada tahapan infeksi, penanganan akan bervariasi tergantung pada tingkat keparahan infeksi. Konsultasilah dengan dokter untuk informasi lebih lanjut dan tindakan apa yang harus Anda lakukan. Hanya dokter yang dapat menentukan penanganan yang tepat dan aman bagi Anda.



Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Kami, Klinik Utama Sentosa adalah klinik kesehatan kulit kelamin yang bergerak di bidang penyakit menular seksual (PMS), Andrologi, dan Ginekologi. Hadir dengan metode pengobatan terbaru yang memberikan penanganan medis intesif dan akurat, terarah yang berfokus pada penyebab infeksi untuk mendapatkan hasil penanganan yang berkualitas dimana Anda ditangani langsung oleh dokter ahli yang sudah bertahun-tahun berpengalaman di bidangnya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang tanda sifilis sembuh atau gangguan dan penyakit kelamin lainnya. Tersedia layanan konsultasi online gratis 24 jam langsung dengan dokter, silahkan klik web konsultasi yang telah tersedia dan bicaralah dengan dokter, atau Anda dapat menghubungi kami di 081366657878.