Sen04Feb201916:12

Tak Ditangani, Ini 3 Efek Penyakit Sipilis

Bahaya atau efek penyakit sipilis bisa terjadi jika gejala yang muncul tidak segera ditangani dengan tepat. Sipilis atau raja singa merupakan salah satu penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri bernama Treponema pallidum. Bakteri penyebab penyakit sipilis ini biasanya menginfeksi kulit, mulut, organ kelamin, dan juga sistem saraf. Penyakit yang terdeteksi lebih awal dan segera ditangani akan lebih mudah disembuhkan serta tidak menyebabkan kerusakan pada organ tubuh lain.

efek penyakit sipilis
efek penyakit sipilis

Apa Saja Komplikasi dari Penyakit Sipilis?


Gejala penyakit sipilis umumnya ditandai dengan adanya sariawan kecil berwarna kemerahan yang muncul tanpa rasa sakit. Sariawan yang disebut dengan chancre ini akan menginfeksi labia atau bibir luar kelamin, di dalam organ kelamin, rektum atau bukaan anus, dan di dalam mulut. Chancre biasanya berkembang mulai dari 10 hingga 90 hari setelah infeksi pertama kali masuk. Selain itu, kelenjar getah bening juga bisa mengalami pembengkakan di area dekat chancre.


Efek penyakit sipilis tidak akan terjadi jika penderitanya mengetahui gejala awal. Gejala sipilis dapat berbeda-beda bergantung pada tahapannya. Gejala penyakit sipilis yang paling berbahaya adalah pada tahap laten. Hal ini dikarenakan, tahap laten akan menyebabkan efek penyakit sipilis, seperti kerusakan otak, mata, pembuluh darah, hati, tulang, dan sendi. Selain itu, efek penyakit sipilis lainnya adalah sebagai berikut:

• Kemampuan penglihatan menghilang secara bertahap.
• Mengalami kelumpuhan hingga mati rasa.
• Demensia atau menurunnya kemampuan fungsi otak.
• Kerusakan pada sistem saraf pusat atau neurosipilis.
• Adanya peradangan pada selaput otak atau meningitis.
• Mengakibatkan rusaknya katup jantung.

Tak hanya itu, efek penyakit sipilis juga bisa meningkatkan risiko penularan virus HIV menjadi lebih mudah. Sementara pada penderita wanita, penyakit ini akan mengakibatkan munculnya masalah selama masa kehamilan. Bakteri yang menginfeksi wanita hamil akan menular pada bayi dalam kandungannya sehingga menyebabkan sipilis kongenital. Sipilis ini berpotensi meningkatkan risiko keguguran, mati sebelum lahir, dan kematian setelah beberapa hari lahir.

GEJALA SIPILIS RINGAN YANG PERLU DIKETAHUI*

Penanganan Tepat Terhadap Penyakit Sipilis


Sebelum penanganan penyakit sipilis dilakukan, diagnosis akan dilakukan dokter guna mengetahui jenis bakteri yang menginfeksi. Pemeriksaan lainnya juga diperlukan, seperti tes darah atau VDRL untuk menentukan apakah terdapat antibioitik atau zat yang berguna melawan infeksi di dalam tubuh. Jika hasil diagnosis sudah diketahui, barulah penanganan dengan pemberian obat dapat dilakukan.

Obat biasanya diberikan dalam bentuk suntikan atau diminum sesuai dengan resep dokter. Untuk mendapatkan kesembuhan yang maksimal, Anda juga disarankan untuk melakukan penanganan rumahan, seperti:

• Cucilah tangan sesering mungkin untuk menghindari penyebaran infeksi.
• Gunakan pelindung atau kondom ketika melakukan hubungan seksual.
• Konsumsi obat dokter sampai habis dan sesuai dengan anjuran dokter.
• Beri tahu pasangan untuk memeriksakan kesehatan guna mencegah penularan.
• Tidak melakukan hubungan seksual selama gejala sipilis masih muncul.
• Periksakan kondisi diri sendiri jika terdapat infeksi menular seksual lainnya.


Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Untuk mencegah efek penyakit sipilis lebih lanjut, Anda bisa mengonsultasikan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di klinik ini, Anda akan ditangani oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memiliki fasilitas unggulan, seperti layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi, Anda dapat mengetahui penyebab penyakit secara pasti dan jenis perawatan yang cocok untuk dilakukan. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.