Sen04Feb201916:27

Simak, Berikut Beberapa Gejala Awal Sipilis

Gejala awal sipilis biasanya akan muncul pada tahap pertama ketika bakteri mengifeksi tubuh. Penyakit sipilis disebabkan oleh infeksi bakteri bernama Treponema pallidum yang menyebar melalui berbagai jenis kontak seksual. Sipilis atau biasa disebut raja singa ini dapat menular kepada bayi saat masih berada dalam kandungan maupun melalui proses persalinan. Meskipun begitu, penyakit ini tidak bisa menular karena menggunakan toilet duduk yang sama, berada dalam satu kolam atau pemandian, dan berbagi pakaian atau peralatan makan.

gejala awal sipilis
gejala awal sipilis

Gejala Penyakit Sipilis Berdasarkan Tahapannya


Gejala awal sipilis akan muncul sekitar tiga minggu setelah bakteri pertama kali menginfeksi tubuh penderitanya. Tanda atau gejala sipilis dapat dibedakan menjadi beberapa tahapan. Setiap tahapan penyakit sipilis memiliki gejala yang berbeda-beda, seperti berikut ini:


• Sipilis primer

Tahap primer umumnya merupakan gejala awal sipilis yang ditandai dengan munculnya luka di sekitar organ kelamin serta mulut. Luka sipilis akan berbentuk, seperti gigitan serangga yang terkadang tidak menimbulkan rasa sakit. Penularan bakteri mudah terjadi, namun luka bisa sembuh dengan sendirinya tanpa meninggalkan bekas.

• Sipilis sekunder

Gejala awal sipilis yang sudah masuk tahap ini akan menimbulkan ruam merah yang berada di daerah telapak tangan serta telapak kaki penderitanya. Tak hanya itu, gejala sipilis tahap sekunder juga disertai dengan tidak enak badan hingga demam, menurunnya nafsu makan, radang tenggorokan, dan tumbuh kutil di organ kelamin.

• Sipilis laten

Pada tahap laten, gejala sipilis yang berupa luka akan menghilang dan tidak meninggalkan bekas sama sekali. Kondisi ini biasanya dapat bertahan selama dua tahun sebelum berlanjut ke tahap yang lebih serius. Tahap sipilis selanjutnya ialah tahap tersier yang menyebabkan beberapa komplikasi berbahaya.

• Sipilis tersier

Gejala sipilis pada tahapan tersier ini umumnya mengakibatkan adanya infeksi serius pada tubuh penderitanya. Beberapa komplikasi yang terjadi tersebut, meliputi kelumpuhan pada anggota tubuh, mengalami demensia, memiliki masalah pada pendengaram, menderita kebutaan, impotensi, hingga menyebabkan kematian.

Diagnosis serta Penanganan yang Dapat Dilakukan


Melakukan pemeriksaan segera jika memiliki gejala awal sipilis merupakan cara yang tepat untuk mendapatkan kesembuhan. Sebelum pemeriksaan, dokter biasanya akan melakukan diagnosis dengan menanyakan keluhan atau gejala awal sipilis yang dirasakan. Setelah itu, barulah pemeriksaan akan dilakukan, terutama di sekitar organ kelamin dan anus. Dokter juga akan melihat kondisi ruam yang muncul di kulit penderitanya. Beberapa tes atau pemeriksaan lain yang dokter lakukan, adalah sebagai berikut:

• Pemeriksaan darah, bertujuan untuk memastikan keberadaan infeksi sipilis di dalam tubuh pasien.
• Pemeriksaan cairan luka, berguna untuk menunjukkan apakah terdapat bakteri dalam tubuh yang menyebabkan sipilis.

Setelah pemeriksaan dilakukan, penanganan dengan memberikan obat antibiotik bisa segera dilakukan. Antibiotik ini diberikan melalui suntikan dan biasanya digunakan untuk mengobati sipilis primer dan sekunder. Pada wanita hamil, antibiotik juga bisa dikonsumsi karena tidak akan mempengaruhi kondisi bayi dalam kandungan. Untuk mendapatkan kesembuhan maksimal, beberapa tindak pencegahan yang dapat Anda lakukan, seperti:

• Tidak bergonta ganti atau setia dengan satu pasangan seks saja.
• Gunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan seksual.
• Hindari konsumsi alkohol serta penggunaan obat-obatan terlarang.
• Periksakan diri guna melihat riwayat kesehatan bagi wanita hamil


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Gejala awal sipilis harus segera ditangani sebelum menyebabkan komplikasi yang lebih serius. Karena itu, lakukan konsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, penyakit dapat dengan mudah disembuhkan karena peralatan medis yang digunakan sudah canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan pelayanan terbaik sehingga pasien merasakan kepuasaan dan kenyamanan ketika melakukan perawatan. Tak perlu ragu, karena klinik ini juga menawarkan keringanan biaya perawatan. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa segera melakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.