Sab26Jan201913:00

Simak, 3 Bahaya Penyakit Sipilis Wanita

Bahaya penyakit sipilis wanita jika tidak segera ditangani akan menyebabkan bakteri menular dan mampu merusak kekebalan tubuh penderitanya. Sipilis atau raja singa merupakan salah satu penyakit yang menyerang organ kelamin akibat adanya infeksi bakteri. Bakteri penyebab sipilis yang bernama Treponema pallidum ini termasuk salah satu bakteri yang cukup berbahaya karena akan menimbulkan komplikasi atau bahaya yang lebih serius.

bahaya penyakit sipilis wanita
bahaya penyakit sipilis wanita

>>>klik disini untuk melakukan konsultasi<<<

Beberapa Gejala dari Penyakit Sipilis Wanita

Penyakit sipilis umumnya memiliki gejala berupa adanya ruam kemerahan di daerah sekitar organ kelamin. Ruam ini juga akan menimbulkan rasa gatal dan sensasi panas. Penyebab utama seseorang dapat terinfeksi penyakit ini adalah karena melakukan hubungan seksual yang tidak aman, seperti tidak menggunakan pelindung atau kondom. Selain itu, kebersihan organ kelamin yang tidak terjaga juga menjadi salah satu faktor utama penularan bakteri penyebab sipilis. Beberapa gejala penyakit sipilis pada wanita dapat dibedakan berdasarkan tahapannya, yakni:
 

• Tahap pertama

Pada tahap awal atau pertama, sipilis hanya akan memunculkan sariawan kemerahan kecil di bibir luar kelamin dan di dalam organ vital yang tidak terasa sakit. Sariawan atau biasa disebut chancre akan berkembang mulai dari 10 hingga 90 hari setelah bakteri pertama kali menginfeksi.


• Tahap kedua

Gejala sipilis sekunder ditandai dengan adanya ruam di kulit yang terdiri dari lesi berwarna cokelat kemerahan, berukuran kecil, terasa padat, dan timbul di seluruh tubuh. Gejala lain yang menyertai, dapat berupa demam, sakit tenggorokan, kelelahan, nyeri sendi, dan rambut rontok.


• Tahap ketiga

Penyakit sipilis yang tidak segera ditangani akan berlanjut pada tahap ketiga yang menimbulkan gejala berupa kerusakan sejumlah sistem organ. Tahap ketiga atau biasa disebut sipilis tersier dapat menyebakan kerusakan otak, saraf, jantung, pembuluh darah, mata, tulang, hati, dan sendi.


• Tahap terakhir

Pada tahap ini, sipilis dapat menyebabkan kekambuhan selama beberapa kali. Ketika penyakit sudah tidak kambuh, maka penularan bakteri sulit terjadi. Namun, infeksi masih bisa berlanjut pada bayi dalam kandungan dari ibu yang pernah menderita sipilis.


Beberapa Bahaya dan Pencegahan Terhadap Sipilis

Bahaya penyakit sipilis wanita bisa mengakibatkan masalah serius jika sedang dalam keadaan hamil. Sipilis atau raja singa kemungkinan akan menyebabkan keguguran, bayi lahir mati saat proses persalinan dilakukan, dan melahirkan dengan membawa gejala sipilis kongenital. Terdapat bahaya penyakit sipilis wanita lainnya yang perlu diketahui, yaitu sebagai berikut:
 
• Komplikasi bartholinitis, merupakan salah satu bahaya penyakit sipilis wanita yang menyebabkan pembengkakan kelenjar bartholin. Kelenjar yang membengkak tersebut dapat mengakibatkan penderitanya kesulitan berjalan karena rasa nyeri.
 
• Komplikasi pada bayi, biasanya terjadi akibat penyakit yang tidak segera ditangani sehingga menimbulkan masalah serius, seperti kemadulan. Bayi yang telah terinfeksi dapat lahir dengan menderita kerusakan pada mata hingga mengalami kebutaan.
 
• Komplikasi pada perut dan usus, menjadi bahaya penyakit sipilis wanita terakhir yang perlu Anda ketahui. Peradangan pada perut dan usus bisa terjadi dan akan menyebar ke seluruh tubuh mulai dari sendi, jantung, dan selaput otak.
 
Cara terbaik agar tidak tertular infeksi bakteri adalah tidak melakukan hubungan seksual selama gejala masih muncul. Anda juga memerlukan pemakaian pelindung atau kondom ketika berhubungan seksual dengan pasangan. Pastikan pula jika toilet duduk yang digunakan sudah higienis, terutama di tempat umum. Jika tindak pencegahan masih menyebabkan munculnya gejala, maka segera lakukan konsultasi bersama Klinik Utama Sentosa.


Lakukan Konsultasi dengan Klinik Utama Sentosa

Untuk mencegah bahaya penyakit sipilis wanita lebih lanjut, Anda harus segera melakukan penanganan bersama Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Anda akan mendapatkan pelayanan maksimal karena ditangani oleh dokter ahli berpengalaman dan menggunakan peralatan media yang sudah modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga menawarkan berbagai fasilitas pendukung, seperti layanan konsultasi online yang dapat membantu pasien untuk mengetahui penyakit lebih mendalam. Jangan biarkan penyakit yang ada di dalam tubuh terus berkembang dan menyebabkan komplikasi lebih serius. Segera lakukan konsultasi bersama dokter Kami atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.