Jum03Mei201916:17

Perlukah Pengobatan Sifilis Secara Medis Dilakukan?

Pengobatan sifilis secara medis sebaiknya dilakukan di klinik yang aman dan terpercaya. Sifilis atau raja singa merupakan penyakit yang tidak boleh kita remehkan. Salah satu infeksi menular seksual menular yang dapat menyerang wanita maupun pria ini disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Penyakit yang satu ini dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Jadi, jika seseorang terkena sifilis, besar kemungkinan tertular dari pasangan seksualnya.
pengobatan sifilis secara medis
pengobatan sifilis secara medis
Tak hanya lewat hubungan seksual, bakteri penyebab sifilis juga dapat menular melalui cairan tubuh penderitanya. Cairan tubuh tersebut contohnya seperti darah. Cara penularan penyakit yang satu ini cukup banyak. Bahkan pemakaian jarum suntik yang sama dengan penderita sifilis dapat membuat kita terinfeksi penyakitnya. Perlu diingat bahwa tak hanya seks vaginal saja yang dapat menularkan sifilis, namun seks oral dan anal juga termasuk ke dalam penularan penyakit sifilis. Pengobatan sifilis secara medis harus segera dilakukan untuk menghindari risiko terburuk seperti kelumpuhan dan kematian.

Siapa Yang Berisiko Terkena Sifilis?

Tak hanya mereka yang aktif melakukan hubungan seks yang bisa terinfeksi bakteri penyebab sifilis. Namun, ada juga beberapa faktor yang dapat meningkatkan penularan sifilis dan harus segera diberikan pengobatan sifilis secara medis, diantaranya:


• Wanita hamil

Wanita hamil sangat berisiko menularkan bakteri sifilis kepada bayi yang ada di dalam kandungannya.


• Berbagi toilet

Memakai toilet yang sama juga memungkinan bakteri sifilis dari penderita berpindah dan menginfeksi orang yang memakai toilet yang sama dengannya.
 

• Sering berbagi pakaian

Memakai pakaian penderita yang kemungkinan sudah terkena infeksi sifilis juga membuat penyakit mudah ditularkan.
 

• Berenang di kolam yang sama dengan penderita

Menggunakan kolam renang atau kamar mandi yang sama dengan penderita sifilis dapat membuat kita tertular juga.

Gejala Terjadinya Infeksi Bakteri Penyebab Sifilis

Penyakit yang dikenal juga dengan nama raja singa ini untuk menyembuhkannya dibutuhkan pengobatan sifilis secara medis, terutama jika terjadi pada wanita hamil. Sifilis harus segera diobati agar tidak menular kepada bayi dalam kandungannya. Agar bisa segera mendeteksi adanya infeksi sifilis, mari kita kenali dulu gejala apa saja yang muncul jika terkena infeksi bakteri penyebab sifilis.
 

• Luka seperti gigitan

Luka ini biasanya muncul pada bagian organ yang digunakan untuk melakukan hubungan seks. Baik itu seks anal, oral, maupun vaginal yang menggunakan vagina, mulut, dan anus merupakan tempat dimana luka sering muncul. Gejala ini biasanya muncul pada tahap sifilis primer. Luka pada tahap sifilis ini biasanya tidak menyebabkan rasa sakit dan lukanya dapat sembuh tanpa meninggalkan bekas. Hanya saja berlangsung cukup lama yaitu sekitar 1-2 bulan jika tidak segera diberikan pengobatan.


• Ruam merah

Gejala yang satu ini muncul pada sifilis sekunder dimana fasenya sedikit lebih lama dari fase sifilis primer. Tak hanya itu, pada fase ini biasanya gejala berupa nafsu makan yang menurun dan demam juga dialami oleh penderita.
 

• Gejala menghilang

Ada kalanya gejala yang dialami penderita di fase primer dan sekunder menghilang dan penderita mungkin mengira bahwa sifilis telah sembuh. Padahal hal tersebut masuk ke dalam fase laten dimana sekitar dua tahun fase ini merupakan tanda ke fase yang lebih berbahaya.

• Kebutaan, lumpuh, maupun kematian

Gejala ini akan dialami oleh penderita jika infeksi sifilis telah mencapai ke fase tersier yang merupakan fase paling berbahaya. Pasalnya, di fase ini jika pengobatan sifilis secara medis tidak segera dilakukan risiko yang paling berbahaya, berupa kematian dapat terjadi.


Bentuk Pengobatan Sifilis Secara Medis

Untuk pengobatan sifilis secara medis, mengenai informasi lengkapnya silahkan berkonsultasi dengan dokter kami di Klinik Utama Sentosa. Konsultasinya dapat dilakukan melalui hotline kami di 081366657878. Klinik kami menyediakan berbagai bentuk pengobatan sifilis secara medis dengan teknologi terbaik. Saat Anda mengalami gejala sifilis yang telah disebutkan di atas, segeralah melakukan konsultasi dan pemeriksaan agar sifilis dapat segera disembuhkan.