Sel26Feb201915:58

Perawatan Sifilis Pada Wanita

Perawatan sifilis yang diderita wanita harus segera ditangani sebelum menyebabkan komplikasi lebih serius. Sifilis atau raja singa merupakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri bernama Treponema pallidum. Pada umumnya, infeksi bakteri penyebab sifilis dapat terjadi melalui hubungan seksual. Selain melalui hubungan intim, bakteri juga bisa menyebar melalui pajanan cairan tubuh, seperti darah.
perawatan sifilis
perawatan sifilis

Apa Saja Gejala dari Penyakit Sifilis?

Penderita penyakit sifilis mudah menularkan bakteri pada orang lain. Namun, terkadang gejala penyakit hanya muncul secara ringan sehingga banyak yang tidak menyadari jika sudah terinfeksi bakteri penyebab sifilis. Beberapa gejala sifilis pada dasarnya berbeda-beda berdasarkan tahapan yang sedang dialami. Gejala sifilis atau raja singa yang perlu Anda ketahui, adalah sebagai berikut:


• Sifilis tahap 1

Gejala sifilis pada tahap 1 muncul 2 sampai 4 minggu setelah infeksi pertama kali masuk menginfeksi tubuh. Biasanya, penderita sifilis ditandai dengan adanya luka atau chancre yang tidak terasa sakit.
 

• Sifilis tahap 2

Pada tahap kedua, penyakit sifilis akan memunculkan gejala berupa demam, sakit kepala, nyeri pada persendian, hilangnya nafsu makan, terdapat ruam di organ kelamin hingga telapak, membengkaknya kelenjar limpa, dan sakit di tenggorokan.


• Sifilis tahap 3

Sifilis yang sudah memasuki tahap tiga ditandai dengan timbulnya kerusakan pada organ penting tubuh, seperti otak dan jantung. Selain itu, penderitanya juga akan mengalami kelumpuhan, penurunan daya ingat, dan terjadi masalah pada keseimbangan tubuh.

CaraTepat Menangani Infeksi Sifilis

Sebelum perawatan sifilis dilakukan, dokter akan membuat diagnosis penyakit berdasarkan sejarah medis dan pemeriksaan tubuh pasien. Untuk mendapat hasil diagnosis yang lebih akurat, pemeriksaan lanjutan diperlukan yakni dengan tes darah. Tes darah atau bisa dikenal sebagai VDRL ini dilakukan guna menentukan apakah terdapat antibodi dalam darah untuk melawan infeksi bakteri penyebab sifilis.
 
Perawatan sifilis yang dilakukan bersama dokter biasanya diberikan melalui suntikan atau injeksi. Satu suntikan obat dapat membantu menghentikan perkembangan penyakit jika infeksi yang terjadi kurang dari satu tahun. Namun, jika infeksi sudah berlangsung selama lebih dari satu tahun, maka penambahan dosis obat akan dokter lakukan. Perawatan sifilis berlangsung sekitar 14 hari atau lebih tergantung pada tingkat keparahan penyakit. Tak hanya penanganan medis, perawatan sifilis untuk mengatasi infeksi dapat dilakukan dengan mengubah gaya hidup, seperti:
 
• Cuci tangan sesering mungkin untuk menghindari penyebaran infeksi.
• Lakukan hubungan seksual dengan menggunakan pelindung atau kondom.
• Rutin mengonsumsi obat sesuai dengan resep yang dokter berikan.
• Setia pada satu pasangan atau tidak bergonta ganti pasangan seksual.
• Hindari berhubungan seksual selama masa perawatan dilakukan.
• Periksakan kesehatan seksual Anda dan pasangan secara teratur.


Segera Konsultasilkan dengan Klinik Utama Sentosa

Perawatan sifilis atau raja singa dapat dilakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Sebelum perawatan sifilis dilakukan, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu guna mengetahui penyebab penyakit serta jenis penanganan yang cocok diberikan pada pasien.
 
Klinik Utama Sentosa memiliki fasilitas lengkap dan peralatan medis yang canggih serta berteknologi modern sehingga proses penyembuhan berlangsung dnegan cepat. Selain itu, klinik ini juga memberikan keringanan biaya perawatan pada setiap pasiennya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.