Jum10Mei201914:12

Penyembuhan dengan Antibiotik Untuk Sipilis

Antibiotik untuk sipilis efektif menyembuhkan infeksi jika gejala baru berjalan selama kurang dari satu tahun. Umumnya, infeksi sifilis menyebar melalui hubungan seksual dengan orang yang telah terinfeksi. Penyebab utama infeksi tersebut adalah bakteri bernama Treponema pallidum. Selain hubungan seksual, bakteri juga bisa menular karena menggunakan jarum suntik yang tidak steril secara bergantian dengan orang lain.
antibiotik untuk sipilis
antibiotik untuk sipilis

Gejala Penyakit Sipilis Berdasarkan Fasenya

Pemberian antibiotik untuk sipilis harus sesegera mungkin dilakukan sebelum gejala berlanjut ke tahap yang paling berbahaya. Penyakit sipilis dapat memunculkan gejala yang berbeda-beda sesuai dengan fase yang sedang dialami. Beberapa tahapan atau fase sipilis serta gejalanya yang perlu Anda ketahui, antara lain:


• Fase primer

Pada fase primer, penderita akan mengalami gejala berupa luka yang tidak terasa sakit dan terjadi dalam waktu 3 minggu setelah paparan. Pada pria, luka ini akan muncul di sekitar organ kelamin. Sementara wanita, gejala biasanya berkembang pada bagian luar kemaluan atau di dalam organ kelamin.


• Fase sekunder

Jika tak segera ditangani, luka pada fase primer akan menghilang namun digantikan dengan ruam yang muncul selama 2 hingga 12 minggu. Gejala lain yang menyertai, antara lain luka kecil terbuka pada selaput lendir, luka berwarna lebih terang dari kulit tubuh di sekitarnya, merasa mudah lelah, menurunnya berat badan, dan pembengkakan pada kelenjar getah bening.


• Fase laten

Jika antibiotik untuk sipilis tidak segera diberikan, fase akan berubah menjadi laten atau tersembunyi. Fase ini disebut tersembunyi karena gejala tidak muncul dalam beberapa waktu, yakni berkisar antara 5 hingga 20 tahun. Untuk mengetahui fase lebih lanjut, diagnosis akan dilakukan melalui tes darah, pengalaman seseorang, atau kelahiran anak dengan gejala sipilis.
 

• Fase akhir

Mengabaikan pemberian antibiotik untuk sipilis akan menyebabkan penderitanya mengalami masalah kesehatan yang serius. Masalah yang akan terjadi adalah kerusakan pada pembuluh darah serta jantung, gangguan mental, mengalami kebutaan, hingga kematian. Selain itu, komplikasi juga akan berkembang, diantaranya gummata, sipilis kasdiovaskular, dan neurosipilis.


Diagnosis Sipilis Serta Pengobatannya

Sebelum memberikan antibiotik untuk sipilis sebagai pengobatan, diagnosis penyakit akan dilakukan oleh dokter. Diagnosis untuk penyakit sipilis bisa berupa tes darah atau biasa dikenal sebagai VDRL. Tes ini dilakukan guna menentukan apakah terdapat antibodi untuk melawan infeksi bakteri penyakit sifilis dalam darah. Selain itu, dokter biasanya juga membuat diagnosis berdasarkan sejarah medis dan memeriksa bagian tubuh pasien, seperti organ seks, mulut, dan juga anus.
 
Pengobatan untuk sipilis fase primer dan sekunder dilakukan menggunakan antibiotik melalui suntikan sekama kurang lebih 14 hari. Sementara pada fase laten serta akhir memerlukan waktu yang lebih lama dan antibiotik untuk sipilis diberikan lewat infus. Setelah pengobatan dengan antibiotik, penderita disarankan untuk melakukan tes darah. Hal ini dilakukan guna memastikan apakah infeksi sudah menghilang dan penyakit telah sembuh total.


Konsultasikan Segera Bersama Klinik Utama Sentosa

Antibiotik untuk sipilis sesuai resep dokter dapat diberikan setelah melakukan konsultasi dan perawatan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di klinik ini, Anda akan ditangani oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memiliki fasilitas unggulan, seperti layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi, Anda dapat mengetahui penyebab penyakit secara pasti dan jenis perawatan yang cocok untuk dilakukan. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.