Sen14Jan201916:35

Penyebab Sipilis Adalah Bakteri Berbahaya

Penyebab umum penyakit sipilis adalah bakteri yang bernama Treponema Pallidum. Bakteri penyebab sipilis ini biasanya menginfeksi organ tubuh penderitanya, berupa mulut, kulit, organ kelamin, dan sistem saraf. Penyebaran bakteri biasanya terjadi akibat melakukan hubungan seksual dengan penderita sipilis atau pun masuk melalui transfusi darah.

sipilis adalah
sipilis adalah

Sipilis adalah penyakit infeksi menular seksual yang biasa disebut raja singa dan bersifat kronis. Penyakit ini akan menyerang organ dalam penderitanya, seperti otak, jantung, serta susunan saraf lainnya. Bakteri penyebab sipilis ini dapat menginfeksi siapa saja baik wanita maupun pria dari segala usia terutama yang telah aktif secara seksual.


>>>klik untuk konsultasi 24 jam gratis<<<

Beberapa Tes Pada Pemeriksaan Sipilis

Untuk mendapatkan diagnosis tepat pada penyakit sipilis, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik berdasarkan sejarah medis dan pemeriksaan pada tubuh penderitanya. Pemeriksaan yang dilakukan pada penyakit sipilis adalah memperhatikan keadaan beberapa organ tubuh, seperti organ kelamin, mulut, dan anus. Beberapa pemeriksaan atau tes terhadap penyakit sipilis, antara lain:


• Pemeriksaan mikroskop

Tanda pada tubuh yang berukuran kecil, seperti irisan jaringan dapat diteliti dengan menggunakan mikroskop lapang gelap atau dark-field microscope. Mikroskop tersebut berguna untuk mengetahui jenis bakteri yang menginfeksi tubuh penderita penyakit sipilis.


• Pemeriksaan darah

Pemeriksaan darah atau lebih dikenal dengan VDRL merupakan tes yang dilakukan oleh dokter untuk menentukan apakah terdapat antibodi di dalam darah. Antibodi ini merupakan zat yang dihasilkan oleh sistem kekebalan tubuh guna membantu melawan infeksi terhadap bakteri sipilis.
 

• Pemeriksaan cairan luka

Pemeriksaan cairan luka pada pasien penderita sipilis dilakukan jika sudah memasuki tahap primer atau sekunder, yaitu terdapatnya luka. Dokter biasanya mengambil beberapa sampel cairan dari luka yang muncul guna mengetahui ada tidaknya bakteri yang menyebabkan sipilis.


Pencegahan Tepat Pada Penyebaran Bakteri Sipilis

Salah satu tindak pencegahan yang mudah dilakukan pada penderita sipilis adalah berhubungan seksual yang aman. Upaya pencegahan ini sangat berguna untuk mengurangi risiko penularan bakteri penyebab penyakit sipilis. Beberapa pencegahan penyakit sipilis yang dapat Anda lakukan secara mandiri, antara lain:

• Hindari penggunaan mainan seks yang sama.
• Usahakan untuk setia pada satu pasangan seksual.
• Gunakan pelindung atau kondom saat seks dilakukan.
• Tidak mengonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang.
• Periksa kesehatan seksual Anda dan pasangan secara rutin.


Penanganan Penyakit Sipilis Berdasarkan Tahapannnya

Perawatan dini pada penyakit sipilis adalah cara tepat untuk menghindari paparan jangka panjang. Bakteri penyebab sipilis yang dibiarkan menyebar akan mengakibatkan kerusakan serius pada organ tubuh hingga kematian pada penderitanya. Karena itu, biasanya penderita sipilis yang berada pada tahap primer, sekunder, atau laten akan diberikan suntikan antibiotik oleh dokter ahli.
 
Sipilis pada tahap tersier perlu mendapatkan suntikan antibiotik dengan dosis lebih banyak setiap minggunya guna mengurangi gejala yang muncul. Namun, biasanya terdapat efek samping yang cukup mengganggu. Efek yang dirasakan penderita, dapat berupa demam, sakit kepala, dan menggigil. Penanganan pada infeksi sipilis ini dapat mencegah kerusakan lebih lanjut pada tubuh. Namun, tidak dapat mengembalikan kerusakan organ tubuh yang telah terjadi.


Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Penanganan terhadap masalah sipilis bisa Anda dapatkan di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani masalah kulit dan kelamin terbaik di Jakarta. Melakukan penanganan sipilis di klinik ini, Anda akan mendapatkan pelayanan terbaik karena didukung oleh dokter ahli serta peralatan medis yang canggih dan modern. Untuk informasi mengenai penanganan penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa segera menghubungi hotline kami di nomor 0813 6665 7878.