Min19Mei201910:40

Penyakit Sipilis Sembuh Sendiri, Benarkah?

 

Apakah benar bahwa penyakit sipilis sembuh sendiri? Untuk menemukan jawabannya silakan simak penjelasan seputar penyakit sipilis di bawah ini. Sipilis adalah penyakit menular seksual yang dapat diderita pria maupun wanita baik tua ataupun muda. Sipilis ini dapat menyerang mereka yang aktif berhubungan seksual baik seks oral, anal, maupun vaginal. Sipilis merupakan penyakit yang berbahaya karena jika didiamkan tanpa pengobatan dapat menyebabkan kematian.



Gejala khas penyakit sipilis adalah munculnya luka ruam pada bagian tubuh yang terinfeksi. Bagian tubuh dimana ruam paling sering muncul adalah bagian telapak tangan dan telapak kaki. Cara penularan penyakit ini mirip dengan penularan penyakit HIV AIDS. Tak hanya bisa menular melalui hubungan seksual, namun kontak tidak langsung seperti pemakaian pisau cukur dan jarum suntik yang sama dapat menjadi media penularannya. Terlebih lagi, jika gejala yang muncul didiamkan begitu saja, jangankan penyakit sipilis sembuh sendiri, yang ada infeksinya akan menyebar.

Mengenal Gejala Penyakit Sipilis


Penyakit sipilis disebabkan oleh adanya infeksi bakteri bernama Treponema pallidum. Jika menginfeksi ibu hamil, maka bayinya juga bisa tertular. Tahap infeksi bakteri penyebab sipilis dibagi menjadi 4, yaitu :

• Masa inkubasi

Tahap ini juga dikenal sebagai tanap primer dimana tidak ada gejala yang muncul pada tahap ini. Pada umumnya penderita menyadari penyakit ini secara kebetulan ketika sedang melakukan pemeriksaan rutin misalnya.

• Tahap 2

Biasa disebut dengan tahap sekunder dimana gejala umumnya adalah munculnya luka chancre. Bentuk luka chancre ini agak keras di bagian pinggirnya dan tidak berisi cairan. Luka ini biasanya muncul di bagian cincin penis pada pria.




• Tahap 3

Gejala khasnya adalah muncul luka ruam di sekitar telapan tangan maupun kaki. Gejala yang satu ini sering disalah artikan sebagai alergi karena bentuk ruamnya yang mirip.

• Tahap 4

Disebut juga tahap tersier dimana bakteri telah berkembang organ tubuh bagian dalam seperti otak, jantung, maupun system syaraf.

Selain keempat tahap tersebut, ada pula fase laten dimana gejala yang muncul seolah hilang dan sembuh, namun sebenarnya bakteri tersebut tetap aktif meskipun dalam waktu yang lama tidak memunculkan gejala. Tahap ini biasanya berada diantaranya tahap ketiga dan keempat. Dan ini menunjukkan jawaban sebaliknya atas pertanyaan apakah penyakit sipilis sembuh sendiri tanpa adanya pengobatan.

Yang Menyebabkan Penyakit Sipilis


Tak hanya mewaspadai gejalanya saja, namun jika ingin mencegah penyakit sipilis ini, maka kita perlu mengetahui apa saja penyebab penyakit sipilis ini. Jika anda berpikir bahwa penyakit sipilis sembuh sendiri, maka anda salah. Jika Anda telah didiagnosis sipilis namun tidak melakukan pengobatan, maka penyakitnya dapat bertambah parah bahkan hingga mengakibatkan kematian. Penyebab utama penyakit sipilis adalah infeksi bakteri, namun ada beberapa faktor risikonya juga :

• Seks bebas atau berhubungan seksual yang tidak aman.
• Menggunakan jarum suntik yang telah digunakan oleh penderita sipilis.
• Memakai pisau cukur yang dipakai oleh penderita sipilis.
• Berhubungan seksual dengan penderita sipilis.

Seseorang yang memiliki riwayat penyakit sipilis, juga lebih kambuh lagi sifilisnya. Untuk itu, berhati-hatilah dalam melakukan pengobatan terhadap penyakit sipilis ini. Pasalnya penyakit sipilis sembuh sendiri tanpa pengobatan itu sama sekali tidak benar.

Bagaimana Pengobatan Sipilis Dilakukan?

Untuk mencegah agar tidak kambuh lagi, maka pengobatan sipilis harus dilakukan dengan cara yang benar. Apalagi, jika terlalu lama didiamkan, maka sipilis dapat menyebar ke organ bagian dalam dan anggapan bahwa penyakit sipilis sembuh sendiri itu tidak benar. Jika sudah mencapai di tahap ini, maka sipilis akan sulit untuk disembuhkan, dan kemungkinan terburuknya adalah kematian. Saat ini telah banyak tersedia metode pengobatan untuk penyakit sipilis. Salah satu metode yang paling sering digunakan adalah pemberian obat antibiotik kepada penderita.
 
Hal penting yang perlu diingat adalah pengobatan sendiri tidak disarankan dan penyakit sipilis sembuh sendiri itu hampir mustahil. Mengikuti saran dokter jauh lebih aman. Jika anda ingin menyampaikan keluhan Anda seputar sipilis, silahkan datang langsung ke Klinik Utama Sentosa. Klinik kami juga menyediakan layanan konsultasi gratis di nomor 081366657878.