Rab16Jan201916:48

Pengertian Penyakit Raja Singa

Penyakit raja singa atau sifilis merupakan salah satu infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri bernama Treponema pallidum. Bakteri umumnya menyebar kepada orang lain melalui kontak langsung terutama hubungan seks. Selain hubungan intim, infeksi yang menyebabkan penyakit sifilis juga dapat menyebar melalui cairan tubuh, seperti aliran darah dalam tubuh.

penyakit raja singa
penyakit raja singa
Seseorang yang menggunakan jarum suntik secara bergantian dengan penderita penyakit raja singa akan tertular dengan mudah. Penularan penyakit raja singa juga dapat terjadi pada bayi dalam kandungan seorang ibu yang telah terinfeksi. Meskipun menular dengan mudah, penyakit ini tidak akan dapat tertular melalui beberapa cara sebagai berikut:

• Menggunakan toilet duduk yang sama dengan penderitanya.
• Berbagi peralatan makan atau perlengkapan mandi yang sama.
• Mengenakan pakaian secara bergantian dengan penderitanya.
• Berada di satu pemandian atau kolam renang yang sama.


>>>lakukan konsultasi online dengan dokter Kami<<<

Apa Saja Perbedaan Gejala Pada Penyakit Ini?

Gejala penyakit raja singa hanya muncul secara ringan sehingga banyak yang tidak menyadari jika sudah terinfeksi. Pada dasarnya gejala penyakit raja singa dapat dibedakan berdasarkan tahapan yang dialami penderitanya. Beberapa tahapan serta gejala dari penyakit raja singa, adalah sebagai berikut:


• Tahap satu

Gejala penyakit sifilis pada tahap pertama akan muncul 2 hingga 4 minggu setelah bakteri pertama kali menginfeksi. Penderita sifilis tahap satu akan muncul luka atau chancre yang tidak terasa sakit. Luka ini sering terdapat di organ kelamin, mulut, serta anus penderitanya.


• Tahap dua

Penyakit raja singa yang tidak segera ditangani akan berlanjut pada tahap dua yang merupakan tahap tersembunyi dan berlangsung selama bertahun-tahun. Gejala yang akan terlihat pada tahap ini adalah demam, sakit pada kepala, hilangnya nafsu makan, sakit di tenggorokan, dan pembengkakan kelenjar limpa.


• Tahap tiga

Sifilis tahap ketiga baru akan memunculkan gejala 10 hingga 40 tahun setelah infeksi awal terjadi. Salah satu ciri pada sifilis tahap ini adalah adanya kerusakan pada otak serta jantung, menurunnya daya ingat, mengalami kelumpuhan, terjadi masalah keseimbangan pada tubuh.

Beberapa Tindak Pencegahan yang Dapat Dilakukan


Pencegahan terhadap penularan penyakit sifilis baik pada pria maupun wanita adalah setia pada pasangan. Selain itu, gunakan selalu pelindung atau kondom sebagai upaya untuk mengurangi risiko penularan bakteri penyebab sifilis. Cara mencegah penularan penyakit ini, yakni dengan tidak melakukan hubungan seksual secara oral, anal, maupun vaginal. Beberapa tindak pencegahan lainnya yang dapat dilakukan, seperti:

• Tidak berhubungan seksual dengan orang yang berbeda-beda.
• Hindari penggunaan jarum suntik yang sama dengan orang lain.
• Lakukan pemeriksaan sifilis secara rutin terutama ibu hamil.

Penyakit sifilis atau raja singa dapat disembuhkan dengan mengonsumsi obat antibiotik sesuai resep dokter. Selain penanganan bersama dokter, Anda juga dapat melakukan peengobatan secara mandiri. Hal yang harus dilakukan pertama kali adalah mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan melakukan pemeriksaan secara rutin. Penanganan mandiri yang bisa Anda terapkan, antara lain:

• Cuci tangan sesering mungkin untuk menghindari penyebaran bakteri.
• Konsumsi obat secara rutin dan sesuai anjuran yang diberikan dokter.
• Lakukan aktivitas seksual dengan menggunakan pelindung atau kondom.
• Komunikasikan dengan pasangan jika terinfeksi penyakit sifilis.

>>>klik disini untuk <melakukan konsultasi<<<

Segera Lakukan Konsultasi dengan Klinik Utama Sentosa

Penanganan mengenai penyakit sifilis bisa Anda lakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani masalah kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Anda akan mendapatkan perawatan terbaik karena klinik ini didukung oleh tim medis ahli, dokter berpengalaman, dan peralatan medis yang canggih serta modern. Lakukan konsultasi segera dengan Kami atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.