Jum10Mei201913:27

Obati Gejala Sebelum Sifilis Laten Muncul


Sifilis laten merupakan fase penyakit yang tidak memiliki gejala, namun biasanya akan berlanjut ke tahap paling berbahaya. Sifilis atau raja singa termasuk jenis infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri bernama Treponema pallidum ini dapat menyebar dengan mudah akibat berhubungan seksual secara tidak aman. Hubungan seksual yang dimaksud dapat berbentuk, seks oral, anal, maupun vaginal.
sifilis laten
sifilis laten

Beberapa Gejala Sifilis yang Perlu Diketahui

Penyakit sifilis dapat ditularkan dengan mudah karena beberapa penderitanya hanya mengalami gejala yang ringan. Namun, biasanya gejala sifilis ditandai dengan adanya luka yang ditemukan di organ kelamin, anus, dalam rektum, dan bibir atau mulut. Bakteri sifilis juga dapat menyebar pada bayi baru lahir akibat tertular sang ibu yang terinfeksi. Gejala sifilis dapat berbeda-beda sesuai dengan tahapannya, antara lain:


• Sifilis primer

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai sifilis laten, penderita harus mengenal gejala pada tahap awal atau primer. Sifilis tahap primer akan ditandai dengan munculnya luka yang tidak menimbulkan rasa sakit, pembengkakan pada kelenjar getah bening pada leher, ketiak, serta pangkal paha.


• Sifilis sekunder

Setelah beberapa minggu, luka sifilis primer akan menghilang dan berganti dengan munculnya ruam dan kutil kelamin. Selain itu, penderitanya juga akan mengalami gejela mirip seperti flu, yakni berupa mudah merasa lelah, sakit kepala, nyeri pada persendian, demam, menurunnya berat badan, kerontokan rambut, dan membengkaknya kelenjar limfa.
 

• Sifilis laten

Tahap sekunder yang tidak segera ditangani akan berlanjut pada sifilis laten atau tersembunyi. Dalam tahap ini, gejala sifilis sekunder akan menghilang dan tidak memunculkan tanda apapun padahal infeksi bisa menular dengan mudah. Untuk mengetahui gejalanya, penyakit harus didiagnosis dengan melalui pemeriksaan darah.


• Sifilis tersier

Tahap sekunder akan terjadi jika sifilis laten dibiarkan tanpa adanya penanganan. Pada tahap ini, penderitanya akan mengalami beberapa masalah pada kesehatan, seperti gangguan mental, kerusakan jantung serta pembuluh darah, munculnya luka besar di dalam tubuh atau gummata, sifilis kardiovaskular, dan mempengaruhi sistem saraf atau neurosipilis.


Cara Mencegah Penyakit Sifilis Tahap Laten

Sifilis laten harus dicegah sebelum menyebar dan berlanjut ke tahap yang lebih berbahaya. Penyakit sifilis biasanya diobati dengan menggunakan obat antibiotik melalui injeksi atau suntikan. Satu suntikan antibiotik dapat menghentikan perkembangan penyakit yang menginfeksi tubuh kurang dari setahun. Namun, jika infeksi sudah berlangsung selama lebih dari satu tahun, maka penambahan dosis obat akan dilakukan. Untuk mendapatkan kesembuhan secara maksimal, penderita perlu melakukan beberapa tindak pencegahan sebagai berikut:

• Setia pada satu orang atau tidak bergonta ganti pasangan seksual.
• Gunakan pelindung atau kondom ketika melakukan hubungan intim.
• Hindari kontak seksual selama masa pengobatan penyakit dilakukan.
• Tidak menggunakan jarum suntik secara bergantian dengan orang lain.
• Lakukan pemeriksaan kesehatan seksual secara rutin bersama dokter.


Segera Berkonsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Sebelum berlanjut ke sifilis laten, penderita harus segera melakukan konsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terbaik di wilayah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini Anda akan mendapatkan keuntungan, salah satunya proses penyembuhan penyakit berlangsung dengan cepat karena peralatan medis yang digunakan sudah canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan biaya kepada semua pasien sehingga tidak perlu mengkhawatirkan berapa banyak uang yang harus dikeluarkan. Selain itu, sebelum melakukan perawatan Anda juga bisa berkonsultasi guna mengetahui penyebab penyakit serta jenis perawatan yang cocok untuk dilakukan. Informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.