Sel16Jul201913:21

Mengenali Gejala Gejala Sipilis Pada Pria

 

Gejala gejala sipilis yang terjadi pada pria, biasanya berbeda dengan gejala sipilis pada wanita untuk itu perlu mengenali gejala sipilis pada keduanya. Pada wanita, sipilis seringkali tidak menimbulkan gejala. Hal inilah yang membuat sipilis tidak langsung disadari, padahal telah menyebabkan penularan pada pasangannya. Padahal sipilis harus segera diobati agar tidak menyebabkan berbagai bahaya karena sipilis ini dapat menyebabkan kematian.

gejala gejala sipilis
gejala gejala sipilis

Penyakit sipilis adalah salah satu penyakit yang berbahaya karena dapat menyebabkan berbagai komplikasi. Jika telah memburuk dan tidak berhasil diobati, maka sipilis dapat menyebabkan kematian. Sipilis dapat menginfeksi wanita maupun pria. Gejala gejala sipilis yang paling khas adalah adanya adanya luka berbentuk chancre dan ruam. Masa infeksi penyakit sipilis terhitung lama, karena gejalanya dapat muncul setelah bertahun-tahun infeksi terjadi. Hal inilah yang membuat penderitanya tidak mengetahui penyebab infeksi sipilis.

Penyebab Penyakit Sipilis


Penyebab utama penyakit sipilis ini adalah infeksi dari bakteri Treponema pallidum. Bakteri ini dapat disebarkan melalui berbagai hal, mulai dari kontak seksual hingga melalui kontak tidak langsung. Orang yang melakukan seks bebas merupakan yang paling rentan terkena penyakit sipilis. Bergonta ganti pasangan seksual yang tidak kita ketahui riwayat aktivitas seksualnya berisiko besar menyebabkan infeksi penyakit menular seksual.

Selain itu berhubungan seksual tanpa menggunakan pengaman juga berisiko menyebabkan penyebaran penyakit sipilis. Untuk mengetahui penyebab sipilis sekaligus seberapa parah gangguan kesehatan yang disebabkan karena penyakit sipilis, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Bakteri treponema pallidum ini dapat menyebar hingga ke organ lain melalui aliran darah, jadi penderitanya sebaiknya berhati-hati terhadap bakteri penyebab sipilis ini dan mewaspadai gejala-gejala sipilis.

gejala gejala sipilis
gejala gejala sipilis

Penularan Penyakit Sipilis


Penyakit sipilis tetap dapat ditularkan meskipun gejala gejala sipilis tidak ada yang dirasakan oleh penderitanya. Sama seperti halnya penyakit HIV AIDS, penyakit sipilis juga dapat ditularkan melalui berbagai cara, seperti:

• Melalui hubungan seksual.
• Lewat transfusi darah.
• Penggunaan jarum suntik.
• Penggunaan pisau cukur yang sama dengan penderita.

Aktivitas pembuatan tatto, maupun mengonsumsi obat tertentu dengan berbagi jarum suntik dengan penderita sipilis berisiko besar menularkan penyakit sipilis ini. Untuk menghindari penularannya, ketika Anda positif terkena penyakit sipilis, maka hindari berhubungan seksual terlebih dahulu hingga sipilisnya dinyatakan sembuh. Justru, ketika Anda dinyatakan positif terkena sipilis, maka ajak pasangan Anda untuk menjalani pemeriksaan. Hal ini untuk memastikan apakah pasangan Anda telah tertular atau tidak. Pasalnya penularan sipilis sering terjadi tanpa disadari oleh penderitanya.


Gejala Penyakit Sipilis


Meskipun tidak semua penderita sipilis mengalami gejalanya, namun berikut ini ada gejala gejala sipilis yang sebaiknya Anda waspadai:

• Luka chancre yang muncul dan di alat kelamin terutama bagian penis.
• Luka ruam, biasanya muncul di bagian telapak tangan maupun telapak kaki.
• Gangguan saraf.

Penderitanya dapat mengalami gangguan saraf jika bakteri penyebab sipilis telah menyebar hingga ke sistem saraf. Bahkan sipilis ini dapat menyebabkan gangguan pada organ dalam yang dapat menyebabkan komplikasi. Ketika sistem saraf telah terinfeksi, maka penderitanya dapat mengalami kelumpuhan, bahkan kebutaan.


Pengobatan Gejala Sipilis
Untuk mengobati gejala sipilis, maka perlu dilakukan pengobatan secara medis. Sedangkan untuk mencegah penularan infeksi bakterinya dapat digunkan obat antibiotik. Ada banyak jenis obat antibiotik yang dijual di pasaran, dan agar tidak salah pilih antibiotik, lakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum membelinya. Pemeriksaan dan pengobatan untuk gejala gejala sipilis dapat dilakukan di Klinik Utama Sentosa. Konsultasi juga dapat dilakukan melalui online dengan menggunakan layanan hotline kami di nomor 081366657878.