Jum08Feb201915:03

Ketahui Penyebab Penyakit Sifilis Secara Umum

Penyebab penyakit sifilis yang paling umum adalah infeksi bakteri bernama Treponema pallidum. Bakteri ini biasanya menginfeksi tubuh melalui kontak seksual tanpa pelindung atau kondom. Dalam beberapa kasus, bakteri penyebab penyakit sifilis ini dapat masuk melewati celah pada luka atau setelah menyentuhnya. Namun, perlu diketahui jika sifilis atau raja singa tidak dapat menular karena menggunakan toilet duduk yang sama, berada dalam satu kolam renang, dan berbagi peralatan makan atau mandi.

penyebab penyakit sifilis
penyebab penyakit sifilis

Gejala Penyakit Sifilis Berdasarkan Tahapannya

Pada umumnya, penyebab penyakit sifilis akibat hubungan seksual dapat terjadi secara oral, anal, maupun vaginal. Selain itu, sifilis dapat menular saat menggunakan narkoba suntik maupun penyuka seni tato karena berbagi jarum suntik yang sama. Penyebaran infeksi juga mudah terjadi dari wanita hamil kepada bayi yang sedang dikandungnya. Karena itu, untuk menghindari penularan maka gejala umum penyakit sifilis perlu Anda ketahui, seperti:



• Sifilis tahap 1
 
Gejala penyakit sifilif tahap pertama baru akan muncul 2 hingga 4 minggu setelah infeksi terjadi. Biasanya, gejala akan terlihat dengan adanya luka atau chancre yang tidak terasa sakit. Luka ini bisa muncul di sekitar organ kelamin, mulut, dan juga anus.


• Sifilis tahap 2

Sifilis tahap pertama yang tidak segera ditangani akan berlanjut ke tahap dua sekitar 6 sampai 12 minggu kemudian. Gejala sifilis pada tahap kedua ini, dapat berupa demam, sakit pada kepala, sendi terasa nyeri, dan munculnya ruam di organ kelamin, mulut, serta telapak.
 

• Sifilis tahap 3

Gejala sifilis pada tahap ketiga akan muncul 10 sampai 40 tahun setelah infeksi awal. Beberapa penderitanya terkadang tidak merasakan gejala yang jelas. Namun, beberapa dampak pada tubuh yang akan terjadi adalah kerusakan otak serta jantung, menurunnya daya ingat, dan kelumpuhan.

CARA MENGOBATI SIPILIS SENDIRI KLIK DISINI*

Diagnosis Penyakit Sifilis Serta Penanganannya

Penyebab penyakit sifilis biasanya ditentukan dengan hasil diagnosis berdasarkan sejarah medis yang dimiliki pasien. Selain itu, pemeriksaan fisik juga dilakukan dengan memperhatikan organ genital, mulut, serta anus. Jika terdapat tanda pada jaringan maka akan segera diteliti guna mengetahui jenis bakteri yang menginfeksi. Pemeriksaan lain yang dokter lakukan biasanya berupa tes darah atau VDRL untuk menentukan apakah terdapat antibodi dalam darah. Setelah hasil diagnosis diketahui, pasien bisa segera melakukan penanganan, seperti:

• Konsumsi obat sesuai dengan dosis yang diajurkan.
• Periksakan kondisi kesehatan jika mengalami sifilis saat hamil.
• Cuci tangan sesering mungkin guna menghindari penularan.
• Lakukan aktivitas seksual dengan menggunakan pelindung.
• Tidak melakukan hubungan seksual selama masa perawatan.
• Periksakan kesehatan jika terdapat penyakit menular seksual lainnya.


Segera Lakukan Konsultasi di Klinik Utama Sentosa

Penyebab penyakit sifilis dapat Anda ketahui dengan melakukan konsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan ditangani oleh dokter berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal sehingga pasien dapat merasakan kepuasaan serta kenyamanan. Tak hanya itu, Klinik Utama Sentosa juga memiliki beberapa keunggulan, salah satunya adalah layanan konsultasi online dan gratis. Anda dapat mengetahui penyebab penyakit sifilis yang diderita melalui konsultasi. Untuk itu, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.