Sen13Mei201913:52

Ketahui, Berikut Gejala Sifilis Primer


Gejala sifilis primer akan muncul sebagai pertanda awal adanya infeksi penyakit. Sifilis atau raja singa termasuk penyakit menular seksual yang dapat diderita oleh pria maupun wanita. Infeksi akan mudah menyebar melalui hubungan seksual yang tidak aman dengan penderitanya. Tak hanya melalui seks, virus juga bisa masuk ke dalam tubuh lewat pajanan cairan tubuh, seperti darah.
gejala sifilis primer
gejala sifilis primer

Tahapan Penyakit Sifilis Beserta Gejalanya

Penyakit sifilis dikategorikan menjadi tiga tahapan dengan gejala yang beragam. Kebanyakan gejala penyakit sipilis muncul secara tidak jelas sehingga penularan kerap terjadi tanpa disadari. Penyebab utama dari infeksi sifilis adalah bakteri bernama Treponema pallidum. Gejala sifilis berkembang sesuai dengan tahapan yang sedang dialami, seperti:


• Gejala Sifilis Primer

Penderita yang baru terinfeksi biasanya akan merasakan gejala sifilis primer dan muncul sekitar 3 minggu setelah terpapar. Gejala sifilis primer, antara lain munculnya luka atau tukak yang tidak terasa sakit dan muncul pada organ kelamin atau sekitar anus.


• Gejala Sifilis Sekunder

Jika gejala sifilis primer tidak segera ditangani, maka akan berlanjut pada tahap selanjutnya, yakni sekunder. Penderitanya akan merasakah gejala, berupa ruam yang tidak terasa gatal, munculnya luka mirip kutil, nyeri pada otot, sakit tenggorokan, dan mudah lelah.


• Gejala Sifilis Tersier

Penyembuhan terhadap gejala sifilis primer sangat penting dilakukan sejak awal kemunculannya. Hal ini bertujuan agar penyakit tidak berubah menjadi sifilis lanjut atau tersier. Tahap ini akan berdampak pada jantung, pembuluh darah, hati, tulang, serta persendian.

Diagnosis Serta Pengobatan Tepat Pada Sifilis

Pengobatan paling mudah yang bisa dilakukan untuk menangani gejala sifilis primer adalah dengan menerima suntikan antibiotik. Satu suntikan antibiotik dapat menghentikan perkembangan penyakit jika terinfeksi kurang dari satu tahun. Sementara, infeksi yang sudah berlangsung selama lebih dari satu tahun memerlukan penambahan dosis. Untuk kasus tersier, pengobatan biasanya akan memakan waktu lebih lama dan pemberian obat dilakukan melalui infus.
 
Selama masa perawatan, penderita disarankan untuk tidak melakukan hubungan seksual. Guna memastikan jika infeksi sudah benar-benar hilang, maka dokter akan memeriksanya melalui tes darah. Hasil dari pemeriksaan cairan darah memerlukan waktu beberapa yang biasanya berisi tentang penurunan infeksi sifilis ke tingkat yang sesuai. Untuk mendapatkan kesembuhan penyakit secara maksimal, penderita perlu melakukan beberapa tindak pencegahan, di antaranya:


• Tidak bergonta ganti pasangan atau setia pada satu orang saja.
• Gunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan seksual.
• Hindari bersentuhan langsung dengan area yang terdapat luka herpes.
• Hentikan kebiasaan menggunakan jarum suntik secara bergantian.

Satu hal yang tidak kalah penting untuk mencegah terjadinya infeksi sifilis adalah membicarakan riwayat seksual secara terbuka dengan pasangan. Orang dewasa yang sudah aktif secara seksual perlu melakukan tes darah guna mendeteksi ada tidaknya infeksi sifilis. Jika pemeriksaan dan riwayat seksual diketahui sejak dini, maka dapat meningkatkan potensi seseorang untuk terhindari dari penularan penyakit.


Lakukan Penanganan Bersama Klinik Utama Sentosa

Cara mengobati gejala sipilis primer dapat dilakukan setelah berkonsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Anda akan mendapatkan perawatan terbaik karena klinik ini sudah menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan pelayanan kesehatan maksimal sehingga pasien bisa merasakan kenyamanan serta keamanan selama melakukan perawatan. Fasilitas pendukung, seperti konsultasi gratis dan online juga ditawarkan guna mempermudah pasien dalam mengetahui penyebab penyakit yang diderita. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.