Sab11Mei201910:15

Kenali, Ini Ciri Ciri Bakteri Treponema Pallidum

Ciri ciri bakteri treponema pallidum dapat berbeda-beda sesuai dengan tahapan penyakit yang dialami. Bakteri treponema pallidum merupakan penyebab utama dari penyakit kelamin sifilis atau raja singa. Penularan bakteri sangat mudah terjadi melalui hubungan seksual yang tidak aman. Tak hanya hubungan seksual, bakteri juga dapat menyebar karena berbagi penggunaan jarum suntik atau lewat pajanan cairan tubuh.
ciri ciri bakteri treponema pallidum
ciri ciri bakteri treponema pallidum

Apa Saja Gejala Akibat Terinfeksi Bakteri Sifilis

Ciri ciri bakteri treponema pallidum yang menjadi penyebab penyakit sifilis ini berbeda tergantung pada tahapannya. Beberapa penderita sipilis terkadang tidak menyadari sudah terinfeksi karena hanya mengalami gejala ringan. Karena itu, jenis-jenis tahapan penyakit sipilis dapat dibedakan berdasarkan gejala yang dirasakan, seperti:


• Sipilis tahap 1

Ciri ciri bakteri treponema pallidum pada tahap 1 pada 2 sampai 4 minggu setelah infeksi pertama kali terjadi. Tanda yang keluar dapat berupa luka di daerah yang terinfeksi dan tidak terasa sakit. Luka jenis ini sering terasa di sekitar organ kelamin ataupun di mulut atau anus. Sipilis tahap ini dapat sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu sekitar 1 sampai 5 minggu.


• Sipilis tahap 2

Sipilis tahap 2 biasanya ditandai dengan demam, sakit kepala, muncul ruam kecil serta benjolan, nyeri pada persendian, hilangnya nafsu makan, sakit tenggorokan, dan pembengkakan pada kelenjar limpa. Ciri ciri bakteri treponema pallidum tahap 2 atau biasa disebut tahap laten ini lebih tersembunyi dari pada tahap satu sehingga penyakit baru diketahui setelah bertahun-tahun.
 

• Sipilis tahap 3

Penyakit sipilis yang sudah berada di tahap 3 biasanya akan memunculkan gejala sekitar 10 sampai 40 tahun setelah infeksi awal. Sipilis tahap 3 bisa mengakibatkan kerusakan pada otak, jantung, menurunnya daya ingat, kelumpuhan, munculnya masalah ketidakseimbangan pada tubuh, hingga kematian.


Tips Mencegah Terjadinya Infeksi Sifilis

Pengobatan tepat terhadap ciri ciri bakteri treponema pallidum tahap satu cukup mudah. Biasanya, dokter akan memberikan obat antibiotik secara injeksi atau suntikan dan diminum. Sementara jika Anda berada di tahap dua dan tiga, maka pemberian antibiotik harus dilakukan dalam waktu yang lebih lama. Selain mengonsumsi obat, penyakit sifilis bisa sembuh dengan cepat apabila disertai dengan beberapa tindak pencegahan, seperti:

• Cuci tangan sesering mungkin untuk menghindari terjadinya infeksi bakteri.
• Gunakan pelidung atau kondom ketika melakukan hubungan seksual.
• Tidak berhubungan seksual dengan pasangan selama masa perawatan dilakukan.
• Batasi jumlah pasangan seksual atau setia pada satu orang saja.
• Hindari penggunaan jarum suntik secara bergantian dengan orang lain.
• Rutin memeriksa kondisi kesehatan seksual dengan dokter ahli.
• Bicarakan secara terbuka dengan pasangan mengenai riwayat seksual.


Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Ciri ciri bakteri treponema pallidum dapat diatasi dengan melakukan penanganan bersama Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Anda akan mendapatkan pelayanan maksimal karena ditangani oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis yang sudah modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga menawarkan berbagai fasilitas pendukung, seperti layanan konsultasi online yang dapat membantu pasien untuk mengetahui penyakit lebih mendalam. Jangan biarkan penyakit yang ada di dalam tubuh terus berkembang dan menyebabkan komplikasi lebih serius. Segera lakukan konsultasi bersama dokter Kami atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.