Kam11Jul201911:59

Kenali Gejala Serta Cara Mengobati Sifilis


Cara mengobati sifilis bisa Anda ketahui setelah berkonsultasi bersama dokter ahli. Sifilis atau raja singa merupakan salah satu penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri bernama Treponema pallidum. Cara bakteri ini dapat masuk ke dalam tubuh adalah melalui hubungan seksual. Penyakit kelamin sifilis termasuk penyakit menular seksual berbahaya yang harus segera ditangani dengan tepat.
cara mengobati sifilis
cara mengobati sifilis

Penyebab Penyakit Kelamin Sifilis

Pada beberapa kasus, penyakit kelamin sifilis dapat ditularkan dari ibu ke janin selama masa kehamilan atau saat proses persalinan dilakukan. Bakteri dapat masuk melalui celah atau luka pada kulit saat bersentuhan dengan penderita. Namun, penyakit ini tidak dapat menular akibat menggunakan toilet yang sama, memakai peralatan makan secara bergiliran, memegang gagang pintu, dan saat berada di satu kolam renang yang sama.



Sebelum mengetahui cara mengobati sifilis, gejala penyakit harus diketahui terlebih dahulu. Gejala penyakit sifilis diawali dengan benjolan di sekitar organ kelamin. Munculnya gejala ini akan disertai dengan sakit kepala, mengalami flu, dan nyeri pada tulang. Gejala penyakit sifilis dapat dibedakan menjadi beberapa tahapan gejala, yaitu:
 
  • Sifilis primer, biasanya ditandai dengan munculnya luka yang tidak menimbulkan rasa sakit, terasa kencang, dan berbentuk bulat. Gejala untuk sifilis primer ini muncul sekitar 3 minggu setelah terpapar.
  • Sifilis sekunder, akan memunculnya gejala seperti ruam yang tidak terasa gatal, nyeri otot, demam, sakit pada tenggorokan, rambut rontok, berat badan turun, dan mudah lelah.
  • Sifilis tersier, dapat terjadi 10 sampai 30 tahun kemudian setelah periode latensi. Gejala yang muncul, yakni kerusakan pada jantung, pembuluh darah, hati, tulang, serta sendi, dan gumma atau pembengkakan lunak pada bagian tubuh.

Pengobatan Tepat yang Dapat Sembuhkan Sifilis

Cara mengobati sifilis akan diketahui secara pasti setelah dokter berhasil mendiagnosis. Diagnosis sifilis dilakukan dengan pemeriksaan darah atau biasa dikenal sebagai VDRL. Tes ini bertujuan untuk menentukan apakah terdapat antibodi untuk melawan infeksi bakteri penyakit sifilis dalam darah. Tak hanya itu, dokter biasanya juga membuat diagnosis berdasarkan riwayat medis pasien dan memeriksa bagian tubuh, seperti organ seks, mulut, dan juga anus.
 
Sifilis atau raja singa sebenarnya dapat ditangani pada tahap awal munculnya gejala. Pada fase primer dan sekunder, dokter akan memberikan suntikan antibiotik. Sementara, pada fase tersier dosis antibiotik akan lebih banyak dan dilakukan secara rutin setiap minggunya. Cara mengobati sifilis dengan memberikan antibiotik bisa dilakukan setiap 4 jam sekali selama 2 minggu guna membantu mengangkat bakteremia dari sistem saraf pusat.
 

Segera Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Cara mengobati sifilis yang paling tepat adalah dengan mengonsultasikannya bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik terbaik yang ada di wilayah Jakarta. Klinik kesehatan khusus penyakit kulit dan kelamin ini sudah terpecaya karena menggunakan peralatan medis yang canggih dan modern untuk menangani berbagai penyakit menular seksual serta andrologi. Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berobat.

Anda bisa segera menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878 dan melakukan perawatan lebih spesifik bersamaa dokter ahli berpengalaman serta berkompeten di bidangnya. Membiarkan penyakit terus menerus ada di dalam tubuh hanya akan membuat keadaan Anda semakin memburuk. Untuk itu, segera hubungi Klinik Utama Sentosa untuk penanganan lebih lanjut.