Rab05Jun201911:08

Catat! Inilah Gejala Awal Sipilis Pada Wanita

 

Mengetahui apa saja gejala awal sipilis pada wanita dapat membantu kita untuk menyadari lebih cepat bahaya penyakit sipilis dan mencegahnya. Semakin cepat kita mendeteksi gejalanya, maka lebih cepat pula kita dapat menghindari bahaya penyakit sipilis yang jika dibiarkan dapat menyebabkan kematian. Sipilis merupakan salah satu dari beberapa penyakit menular seksual yang berbahaya yang jika telah mengalami gejala awal sipilis pada wnaita, sebaiknya jangan tunda lagi pergi ke dokter.



Sipilis disebabkan oleh infeksi bakteri bernama Treponema pallidum yang dapat menyerang pria maupun wanita. Sipilis ini dapat menular melalui berbagai cara, mulai dari hubungan seksual hingga melalui transfusi darah. Penularan sipilis hampir sama dengan HIV AIDS yang bisa juga ditularkan melalui pemakaian pisau cukur yang sama dengan penderita sipilis.

Gejala Penyakit Sipilis Pada Wanita


Gejala yang dialami oleh penderita penyakit sipilis wanita berbeda dengan yang dialami oleh pria. Setiap penderita sipilis tidak selalu mengalami gejala yang sama. Apalagi pada wanita, bakteri penyebab sipilis cenderung berkembang cukup lambat tanpa memunculkan gejala. Gejala awal sipilis pada wanita umumnya tidak tampak. Gejalanya baru muncul setelah memasuki tahap kedua infeksi bakteri.

Meski gejala awal sipilis pada wanita tidak muncul, namun yang muncul pada tahap kedua adalah luka berbentuk chancre atau ulkus. Bentuk lukanya keras di bagian tepi namun bagian tengahnya tidak berisi cairan. Baru di tahap ketiga penderita mulai mengalami kemunculan ruam di bagian telapan tangan atau telapan kaki. Ruam ini bisa juga muncul di bagian tubuh lain, namun sangat jarang terjadi. Biasanya ada fase laten dimana gejala pada tahap awal seolah hilang, namun dapat kembali muncul jika kambuh. Jangan biarkan sipilis hingga ke tahap 4, pasalnya bakterinya mulai menyebar ke sistem syaraf dan akan menginfeksi organ tubuh bagian dalam.


Penyebab Beserta Faktor Risiko Penyakit Sipilis


Sipilis merupakan penyakit yang diakibatkan oleh adanya infeksi bakteri ke dalam tubuh melalui aktivitas seksual. Namun penyebarannya dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini :

•Memiliki pasangan seksual lebih dari satu
•Seks bebas
•Wanita hamil
•Memakai jarum suntik yang sama dengan penderita
•Seks oral

Wanita hamil dapat menularkan penyakit sipilis yang dideritanya kepada bayi yang dikandungnya. Maka dari itu penting bagi ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan rutin, agar jika gejala awal sipilis pada wanita muncul, Anda dapat segera melakukan tindakan pencegahan agar tidak menular kepada bayi yang dikandung.

Bahaya Penyakit Sipilis

Penyakit sipilis yang telah menginfeksi seseorang perlu segera diberikan penanganan. Pasalnya bakteri penyebab penyakit sipilis perlahan-lahan dapat masuk ke organ bagian dalam dan menginfeksinya. Jika sipilis sudah sampai tahap ini, penyembuhan akan sulit untuk dilakukan. Bahkan hal terburuk yang bisa terjadi diantaranya adalah kematian.
 
Apalagi jika sipilis ini terjadi pada wanita hamil, maka tidak hanya kehamilannya saja yang berisiko, namun kondisi janin dalam kandungannya juga bisa dalam bahaya jika sampai terinfeksi. Bahaya tersebut dapat dihindari, asalkan begitu menemukan gejala awal sipilis pada wanita segera dilakukan tindakan pengobatan. Pengobatan ini dapat dilakukan di klinik-klinik kelamin terdekat, salah satu contohnya adalah Klinik Utama Sentosa.

Diagnosis dan Pengobatan Sipilis


Untuk mengetahui apakah Anda positif terkena sipilis atau tidak, selain pemeriksaan fisik terhadap gejala awal yang dialami, bisa juga menggunakan berbagai pemeriksaan lanjutan. Pasalnya gejala ruam pada penyakit sipilis ini mirip dengan gejala alergi atau dermatitis. Jika salah mendiagnosis lalu melakukan pengobatan yang tidak sesuai, maka penyakitnya justru bisa bertambah parah.


Pemeriksaan lanjutan perlu dilakukan untuk mengetahui secara pasti bakteri penyebab gejala yang Anda alami. Lalu Anda akan diberikan langkah pengobatan yang diantaranya adalah dengan menggunakan obat antibiotic. Harap untuk tidak membeli obat antibiotik sendiri, karena pengobatan sesuai dengan saran dokter jauh lebih aman. Silahkan berkonsultasi dengan dokter kami jika mengalami gejala awal sipilis pada wanita melalui layanan hotline kami di 081366657878.