Kam09Mei201914:32

Benarkah Antibiotik Sipilis Dapat Sembuhkan Infeksi?

Pemberian obat antibiotik sipilis melalui suntikan bisa meredakan gejala dalam beberapa hari. Penyakit menular seksual satu ini terjadi akibat adanya infeksi bakteri bernama Treponema pallidum. Bakteri dapat menular dengan mudah karena melakukan hubungan seksual tanpa pelindung atau kondom. Tak hanya itu, jika Anda memiliki kebiasaan sering menggunakan jarum suntik secara bergantian akan berisiko meningkatkan penularan penyakit.
antibiotik sipilis
antibiotik sipilis

Gejala Sipilis dan Diagnosis Penyakitnya

Biasanya, penderita tidak menyadari penularan yang terjadi karena gejala muncul sangat ringan. Penyakit sifilis atau raja singa umumnya memunculkan gejala yang berbeda-beda tergantung pada tahapannya. Gejala sifilis berkembang sesuai dengan tahapan atau fase yang dialami, antara lain:



• Gejala sifilis primer, ditandai dengan adanya luka selama 10 hingga 90 hari setelah bakteri masuk ke dalam tubuh.
 
• Gejala sifilis sekunder, biasanya setelah luka sifilis primer menghilang akan digantikan dengan ruam pada telapak tangan dan kaki.
 
• Gejala sifilis laten, umumnya tidak memunculkan gejala 12 bulan pertama namun masih bisa menularkan infeksi.
 
• Gejala sifilis tersier, termasuk yang paling berbahaya karena berdampak pada mata, otak, jantung, pembuluh darah, hati, tulang, dan persendian.
 
• Gejala sifilis kongenital, biasanya menyebabkan wanita hamil terkena komplikasi berupa kelahiran prematur, keguguran, dan bayi lahir dengan infeksi sifilis.
 
Sebelum antibiotik sipilis diberikan pada penderita, dokter akan mendiagnosis penyakit terlebih dahulu. Hal-hal yang ditanyakan dokter selama melakukan diagnosis adalah keluhan seputar gejala dan riwayat kesehatan yang dimiliki. Biasanya, dokter juga menyarankan beberapa tes, seperti tes darah dan pemeriksaan cairan luka. Tes darah berguna untuk memastikan keberadaan infeksi dan tes cairan luka bertujuan untuk menunjukkan ada tidaknya bakteri penyebab sipilis.



Berikut, Cara Mencegah Penyakit Sipilis Kambuh


Antibiotik sipilis efektif menyembuhkan gejala pada tahap primer dan sekunder. Obat yang diberikan melalui suntikan atau injeksi ini mampu menghentikan perkembangan penyakit jika infeksi terjadi kurang dari satu tahun. Namun, jika infeksi sudah terjadi selama lebih dari satu tahun maka penambahan dosis antibiotik sipilis akan diperlukan. Sementara untuk tahap tersier dan kongenital, pengobatan membutuhkan waktu lama serta antibiotik sipilis diberikan melalui infus.

Gejala sipilis yang tidak segera ditangani dapat meningkatkan terjadinya komplikasi penyakit lebih serius. Beberapa komplikasi yang mungkin terjadi adalah gangguan saraf, gangguan jantung, penyakit HIV, gangguan kehamilan, dan benjolan kecil atau guma. Selama masa pengobatan sipilis, penderita disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat sebagai tindak pencegahan. Beberapa pola hidup sehat yang juga dapat menghindari terjadinya kekambuhan penyakit, yakni sebagai berikut:

• Hindari konsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang.
• Batasi pasangan seksual atau setia pada satu orang saja.
• Bicarakan riwayat penyakit kelamin secara terbuka dengan pasangan.
• Gunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan seksual.

Baca juga: Jangan Panik, Inilah Tips Penyembuhan Sipilis


Segera Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa


Obat antibiotik sipilis akan diberikan setelah melakukan konsultasi penyakit, salah satunya bersama Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di klinik ini, Anda akan ditangani oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta berteknologi modern.

Klinik Utama Sentosa juga memiliki fasilitas unggulan, seperti layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi, Anda dapat mengetahui penyebab penyakit secara pasti, antibiotik sipilis yang sesuai dan jenis perawatan yang bisa dilakukan. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.