Sen17Jun201916:54

Bagaimana Mengenali Gejala Sipilis Pada Wanita?

 

Penyakit mematikan, wanita sebaiknya waspada dengan gejala sipilis pada wanita yang jika didiamkan dapat berakibat sangat fatal. Dikenal juga dengan nama penyakit raja singa, sipilis merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual yang dapat menyerang pria maupun wanita. Namun, sipilis lebih sering menyerang kaum wanita dibandingkan dengan pria.

gejala sipilis pada wanita
gejala sipilis pada wanita

Sipilis termasuk ke dalam penyakit yang berbahaya karena dapat menular, menyebabkan kebutaan, bahkan kematian jika terlambat melakukan tindakan penyembuhan. Jika Anda adalah orang yang aktif dalam berhubungan seksual atau memiliki lebih dari satu pasangan seksual, maka Anda patut berhati-hati terhadap penyakit yang satu ini. Terlebih lagi bagi wanita yang sedang hamil karena penyakit ini dapat mempengaruhi kehamilan dan berisiko menular kepada bayi dalam kandungan. Gejala sipilis pada wanita mungkin berbeda dengan yang dialami pria.

Tahapan Sipilis Dan Gejalanya


Tahap infeksi bakteri penyebab penyakit sipilis terbagi menjadi beberapa tahap begitu juga dengan gejala sipilis pada wanita. Tahap dan gejalanya adalah sebagai berikut :

• Masa inkubasi

Pada tahap ini sipilis belum menunjukkan gejala dan masa inkubasi bakteri penyebab sipilis pada setiap orang tidak selalu sama. Biasanya sipilis belum disadari karena gajalanya belum muncul. Jika ada yang menyadari infeksi sipilis pada tahap ini biasanya adalah karena melakukan pemeriksaan rutin.



• Fase primer

Di tahap ini, mulai muncul gejala berupa luka chancre. Chancre merupakan luka yang bagian tepinya keras, namun tengahnya tidak berisi cairan. Karena sekarang obat antibiotik sering dikonsumsi, hal ini membuat luka chancre tidak selalu dialami oleh penderita. Sedangkan luka lain yang mungkin muncul pada tahap ini adalah ruam yang bentuknya mirip dengan gejala alergi. Jika salah diagnosis, maka akan menyebabkan bahaya yang fatal.

• Fase tersier

Jika sudah memasuki fase ini, maka gejala yang mungkin muncul adalah gejala yang berkaitan dengan gangguan organ dalam. Pasalnya bakteri sipilis telah masuk ke dalam aliran darah dan menginfeksi organ dalam maupun sistem saraf. Jika hal ini telah terjadi, maka bahaya yang mungkin dialami oleh penderita seperti kebutaan, kelumpuhan, dan jika tidak dapat disembuhkan dapat mengakibatkan kematian.

gejala sipilis pada wanita
gejala sipilis pada wanita

Seberapa Bahaya Penyakit Sipilis


Sipilis bukanlah penyakit yang boleh kita remehkan, tak hanya menimbulkan gejala yang mengganggu keindahan tubuh, sipilis juga dapat menyebabkan kematian. Sipilis perlu dideteksi sejak awal gejalanya agar bahayanya dapat dicegah. Gejala sipilis pada wanita dapat berupa luka chancre maupun luka ruam yang muncul di sekitar telapak tangan maupun telapak kaki.

Begitu menemukan gejala yang mirip dengan gejala sipilis di atas, jangan tunggu hingga lukanya bertambah parah untuk memeriksakannya ke dokter. Jangan pula melakukan pengobatan mandiri karena untuk mengobati sipilis pada wanita paling tidak kita harus mengetahui sudah sampai sejauh mana bakterinya menginfeksi. Nah, untuk mengetahuinya adalah dengan mengenali gejala sipilis pada wanita.

Sipilis ini meskipun belum memunculkan gejala sudah dapat menular, namun umumnya kita tidak dapat mengetahui adanya sipilis jika kita tidak mengalami gejalanya. Cara terbaik untuk mencegah penyakit ini adalah rajin melakukan pemeriksaan maupun konsultasi dengan dokter ahli. Jika bingung dalam memilih klinik, silahkan datang saja ke Klinik Utama Sentosa.


Langkah Menyembuhkan Penyakit Sipilis

Untuk menyembuhkan sipilis, maka Anda dapat mengikuti langkah berikut ini :
 
• Periksa apakah ada tanda sipilis di tubuh Anda.
• Lakukan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui penyebab dari gejala yang anda alami.
• Konsultasikan kepada dokter mengenai gejala maupun keluhan yang Anda alami.
• Jangan berhubungan seksual terlebih dahulu dengan pasangan karena berisiko terjadi penularan hingga dinyatakan benar-benar sembuh.
• Lakukan pengobatan dan perawatan untuk gejala sipilis pada wanita sesuai dengan saran dokter.
 
Untuk langkah pengobatannya, silahkan Anda tanyakan informasi lebih lanjutnya kepada dokter kami dengan datang ke klinik kami. Konsultasi juga dapat dilakukan melalui layanan hotline kami gratis di nomor 081366657878 .