Jum10Mei201911:29

Bagaimana Akibat Sifilis yang Tak Ditangani?

Akibat sifilis karena tidak segera menangani gejala cukup berbahaya hingga mengakibatkan kematian. Penyakit sifilis atau raja singa adalah salah satu infeksi menular seksual yang bisa diderita oleh pria maupun wanita. Gejala sipilis biasanya muncul secara ringan sehingga penularan kadang terjadi tanpa disadari. Biasanya penularan infeksi rentan terjadi ketika berhubungan seksual dengan seseorang yang telah terinfeksi.
akibat sifilis
akibat sifilis

Apa Bahaya Akibat Tidak Segera Menangani Sipilis?

Gejala sifilis yang tidak segera ditangani dengan benar bersama dokter bisa mengakibatkan munculnya komplikasi berbahaya. Bahaya akibat sifilis ini akan muncul pada tahap atau fase lanjutan. Perlu Anda ketahui, gejala penyakit sifilis dapat berbeda-beda bergantung tahapan yang sedang dialami, seperti:


• Gejala tahap 1

Bahaya akibat sifilis belum terasa pada tahap 1 atau primer. Biasanya, gejala sifilis tahap ini ditandai dengan luka atau chancre yang tidak terasa sakit. Luka akan muncul di beberapa bagain tubuh, seperti organ kelamin, mulut, dan sekitar anus.
 

• Gejala tahap 2

Jika gejala penyakit sifilis tahap pertama tidak segera diobati, maka akan memunculkan gejala tahap dua pada 6 hingga 12 minggu kemudian. Ciri ciri sifilis ditandai dengan demam, sakit pada kepala, nyeri sendi, hilangnya nafsu makan, muncul ruam kecil, dan bengkak pada kelenjar limfa.


• Gejala tahap 3

Akibat sifilis karena mengabaikan gejalanya baru akan terlihat ketika sudah memasuki tahap 3 atau tersier, Gejala tahap ini muncul 10 hingga 40 tahun setelah infeksi awal. Ciri tahap tiga adalah timbulnya kerusakan pada otak serta jantung, kelumpuhan, dan menurunnya daya ingat.


Penanganan Mudah dan Tepat Pada Gejala Sifilis

Sebelum akibat sifilis berupa komplikasi dirasakan penderitanya, pengobatan dengan memberikan antibotik harus segera dijalani. Pengobatan bagi sifilis satu dan dua dilakukan melalui injeksi atau suntikan selama kurang lebih satu hari. Sementara untuk sifilis tahap tiga memerlukan waktu yang lebih lama dan pemberian dilakukan melalui infus. Selama masa perawatan, penderita sifilis perlu melakukan pemeriksaan darah guna memastikan apakah infeksi sudah menghilang secara keseluruhan.
 
Penderita yang sedang dalam pengobatan harus menghindari kontak seksual hingga dipastikan sembuh total oleh dokter. Penanganan penyakit harus dilakukan sebelum akibat sifilis muncul, seperti komplikasi yang berujung pada kematian. Karena itu, agar Anda terhindar dari akibat sifilis yang cukup berbahaya ini maka segera lakukan tindak pencegahan. Beberapa tindak pencegahan yang mampu mengurangi risiko terjadi penularan, adalah sebagai berikut:

• Tidak bergonta ganti pasangan atau setia pada satu orang saja.
• Gunakan pelindung atau kondom ketika berhubungan seksual.
• Hindari kontak seksual selama masa pengobatan dilakukan.
• Tidak menggunakan jarum suntik tidak steril secara bergantian.
• Rutin lakukan pemeriksaan kesehatan seksual Anda dan pasangan.

Baca juga: Apa Saja Pencegahan Tepat Pada Sipilis Pria?


Lakukan Konsultasi Segera Bersama Klinik Utama Sentosa

Komplikasi akibat sipilis karena mengabaikan gejalanya dapat diatasi dengan melakukan pemeriksaan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di klinik ini, Anda akan ditangani oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memiliki fasilitas unggulan, seperti layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi, Anda dapat mengetahui penyebab penyakit secara pasti dan jenis perawatan yang cocok untuk dilakukan. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.