Sen12Agu201914:04

Apakah Penyakit Sipilis Bisa Sembuh Total? Berikut Faktanya!

Jika Anda penasaran apakah penyakit sipilis bisa sembuh total, simak penjelasan di bawah ini. Penyakit sipilis merupakan salah satu jenis infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri ini akan memunculkan gejala berupa luka yang tidak terasa sakit di area organ kelamin, mulut, ataupun dubur. Meski tidak terasa sakit, infeksi sipilis sudah bisa ditularkan pada orang lain melalui kontak fisik maupun seksual.
apakah penyakit sipilis bisa sembuh total
apakah penyakit sipilis bisa sembuh total

Apa Saja Gejala Akibat Terinfeksi Sipilis?

Sebelum Anda mengetahui apakah penyakit sipilis bisa sembuh total, berikut beberapa tanda atau gejala yang perlu diketahui. Gejala sipilis digolongkan sesuai dengan tahap perkembangannya. Setiap jenis tahapannya akan memunculkan gejala yang berbeda-beda. Beberapa gejala sifilis berdasarkan tahapannya, antara lain sebagai berikut:


  • Gejala sipilis primer, ditandai dengan luka kecil pada kulit atau chancre yang tidak terasa sakit dan muncul di tempat masuknya bakteri.
  • Gejala sipilis sekuner, biasanya akan memunculkan ruam di bagian tubuh manapun, termasuk telapak tangan dan kaki.
  • Gejala sipilis laten, biasanya tidak ditandai dengan gejala apapun selama bertahun-tahun namun infeksi masih bisa ditularkan.
  • Gejala sipilis tersier, akan memunculkan gejala 10 hingga 30 tahun setelah terinfeksi dan biasanya menyebabkan kerusakan organ permanen.

Pertanyaan apakah penyakit sipilis bisa sembuh total akan terjawab setelah penderitanya melakukan konsultasi. Seseorang yang menderita sipilis perlu memeriksakan diri ke dokter ahli sebelum komplikasi terjadi. Jika terdapat luka atau ruam di area selangkangan atau organ kelamin mengeluarkan cairan asing segera periksakan diri ke dokter.


Bagaimana Pengobatan Sipilis yang Harus Dilakukan?

Jika Anda bingung apakah penyakit sipilis bisa sembuh total dengan melakukan penanganan bersama dokter, berikut beberapa caranya. Cara pengobatan penyakit sipilis biasanya dilakukan dengan memberikan suntikan antibiotik dengan dosis yang telah ditentukan dokter. Untuk sipilis tahap awal, penderita diberikan dosis tunggal atau satu kali suntikan. Sementara, untuk tahap lanjut perlu dosis tambahan sesuai petunjuk dokter.

Apakah penyakit sipilis bisa sembuh total setelah melakukan perawatan bersama dokter? Sipilis bisa sembuh jika penderitanya juga menyertai tindak pencegahan selama masa pengobatan. Tindak pencegahan yang bisa dilakukan adalah setiap pada pasangan seksual serta hindari kontak seksual jika gejala masih dirasakan. Selain itu, batasi juga konsumsi alkohol serta lakukan pemeriksaan kesehatan seksual secara rutin.
 
Pengobatan dan tindak pencegahan yang dilakukan sesuai ajuran dokter akan menjauhkan Anda dari komplikasi penyakit. Namun, beberapa komplikasi penyakit perlu Anda ketahui agar kondisi ini tidak terjadi. Komplikasi sifilis, di antaranya munculnya benjolan kecil atau gumma, infeksi HIV, gangguan pada saraf, gangguan organ jantung, dan masalah saat masa kehamilan.

Segera Lakukan Konsultasi di Klinik Utama Sentosa

Apakah penyakit sipilis bisa sembuh total bisa diketahui setelah berkonsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di klinik ini, Anda akan ditangani oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memiliki fasilitas unggulan, seperti layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi, Anda dapat mengetahui apakah penyakit sipilis bisa sembuh total serta jenis perawatan yang cocok untuk dilakukan. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.