Kam07Feb201909:30

Apa Saja Tips Penyembuhan Sipilis?

Penyembuhan penyakit sipilis umumnya dilakukan dengan mengonsumsi obat antibiotik sesuai dengan resep dokter. Penyakit sipilis dapat terjadi karena adanya infeksi bakteri yang menyebar melalui hubungan seksual dengan penderita. Infeksi menular seksual ini dapat berpindah dari satu orang ke orang lainnya lewat pajanan cairan tubuh, seperti darah. Selain itu, infeksi penyakit juga dapat terjadi saat menggunakan jarum suntik yang sama atau tidak steril.

penyembuhan penyakit sipilis
penyembuhan penyakit sipilis

Penyebab Serta Faktor Risiko Penyakit Sipilis

Penyebab utama penyakit sipilis baik pada wanita maupun pria adalah bakteri bernama Treponema pallidum. Infeksi akibat bakteri biasa terjadi lewat aktivitas seksual, baik secara oral, anal, maupun vaginal. Namun, dalam beberapa kasus bakteri ini bisa masuk lewat luka atau celah pada kulit setelah menyentuh orang yang telah terinfeksi. Selain itu, faktor risiko yang bisa menjadi penyebab sipilis adalah adanya infeksi penyakit lain, seperti HIV.
 


Penderita HIV lebih rentan pada penularan infeksi penyakit penyebab sipilis. Tak hanya itu, bakteri sipilis akan menjadi lebih mudah menyebar jika sudah diderita oleh orang dengan kondisi HIV. Sipilis yang sudah pernah menginfeksi tubuh dapat kembali terulang atau menyebabkan kekambuhan. Namun, perlu diketahui jika sipilis tidak akan menular melalui beberapa cara, sebagai berikut:

• Penggunaan toilet duduk yang sama.
• Berada di satu kolam atau pemandian dengan penderitanya.
• Berbagi peralatan makan dengan orang yang terinfeksi.
• Mengenakan pakaian yang sama secara bergantian.


Bagaimana Diagnosis yang Dokter Lakukan?

Sebelum penyembuhan penyakit sipilis dilakukan, biasanya dokter akan mendiagnosis penyakit berdasarkan sejarah medis serta memeriksa kondisi tubuh pasien. Pemeriksaan dilakukan dengan memperhatikan organ kelamin, mulut, dan anus. Hal ini dilakukan untuk melihat apakah terdapat jaringan atau cairan yang harus diteliti guna mengetahui jenis bakteri penyebab penyakit sipilis. Selanjutnya, tes darah atau VDRL dapat dilakukan untuk menentukan antibodi di dalam tubuh.
 
Setelah diagnosis dilakukan, penyembuhan penyakit sipilis dengan pemberian obat antibiotik dapat dilakukan. Satu suntikan antibiotik bisa membantu menghentikan perkembangan penyakit yang sudah menginfeksi tubuh selama kurang dari satu tahun. Sementara infeksi yang telah terjadi selama satu tahun lebih biasanya memerlukan penambahan dosis. Selain penanganan, tindak pencegahan juga diperlukan untuk mendapatkan kesembuhan maksimal, seperti:


• Setia pada pasangan seksual

Tips penyembuhan penyakit sipilis dengan tidak pencegahan yang paling ampuh adalah setia pada satu pasangan seksual saja. Hal ini disebabkan karena melakukan kontak seksual dengan orang yang berbeda-beda dapat meningkatkan risiko penularan bakteri.
 

• Gunakan pelindung atau kondom

Penggunaan pelindung atau kondom ketika melakukan hubungan seksual menjadi cara ampuh untuk mencegah infeksi sipilis. Alat kontrasepsi hanya dapat mencegah sehingga penyembuhan penyakit sipilis harus tetap dilakukan bersama dokter ahli.
 

• Hindari penggunaan jarum suntik

Hal lain yang perlu dihindari untuk mencegah penyebaran infeksi sipilis adalah penggunaan jarum suntik tidak steril. Jika Anda pengguna narkoba suntik ataupun suka melakukan tindik, maka usahakan untuk tidak berbagi jarum suntik dengan orang lain.


Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Cara penyembuhan penyakit sipilis paling tepat dapat Anda lakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Klinik kesehatan yang berlokasi sangat strategis ini memiliki keunggulan, seperti adanya layanan konsultasi secara online dan gratis. Melalui konsultasi, penderita akan mengetahui penyebab serta jenis perawatan yang cocok.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan pelayanan kesehatan secara optimal sehingga pasien bisa merasakan kepuasaan selama menjalani perawatan medis. Selain itu, klinik ini memberikan keringanan biaya sehingga pasien yang ingin melakukan penanganan penyakit tidak perlu khawatir. Untuk informasi lebih lanjut, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.