Rab07Agu201916:17

Apa Saja Tanda Tanda Penyakit Sipilis?

 

Tanda tanda penyakit sipilis pada pria dan wanita bisa saja berbeda. Bahkan wanita jarang mengalami gejala sipilis. Meskipun gejalanya tidak muncul, namun penyakit sipilis tetap bisa menular dari penderita ke pasangan. Bahkan sipilis dapat menular kepada bayi jika terjadi pada wanita hamil.

tanda tanda penyakit sipilis
tanda tanda penyakit sipilis


Sipilis atau penyakit raja singa merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual. Penyakit ini menular melalui hubungan seksual. Berhubungan seks secara oral, anal, dan vagina berisiko menularkan infeksi penyakit sipilis kepada pasangan. Jika diobati sejak awal infeksinya, sipilis dapat lebih mudah disembuhkan dan tidak menyebabkan berbagai gejala yang mengganggu. Namun, jika terlambat melakukan pengobatan, maka tanda tanda penyakit sipilis dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh.

Mengenal Penyakit Sipilis


Penyakit sipilis atau yang sering dikenal sebagai penyakit raja singa adalah penyakit yang menular. Penyakit menular seksual yang satu ini harus diwaspadai karena tanpa gejalanya yang muncul pun, penyakit ini tetap bisa menular. Penyebab penyakit sipilis ini adalah bakteri Treponema pallidum. Setelah menginfeksi, bakteri ini dapat menimbulkan gejala antara 9-90 hari. Pada umumnya tanda tanda penyakit sipilis sudah mulai terlihat pada hari ke 21 setelah infeksi bakteri penyebab sipilis terjadi.

Penyakit sipilis dapat menyerang wanita maupun pria, namun lebih sering terjadi pada wanita. Penyakit sipilis yang menyebar dapat menyebabkan kerusakan pada sistem saraf bahkan kematian. Untuk mencegah bahaya akibat penyakit sipilis, maka penyebaran bakterinya harus segera dihentikan. Bakteri penyebab sipilis dapat menyebar melalui aliran darah yang artinya banyak organ tubuh yang berisiko terkena infeksi bakteri Treponema pallidum. Organ vital seperti jantung, otak, dan sistem saraf dapat terkena infeksinya jika tidak segera dicegah.


Gejala Penyakit Sipilis


Masa inkubasi bakteri penyebab penyakit sipilis ini tergolong pendek. Pasalnya jika memang ingin menunjukkan tanda, gejalanya akan muncul antara 9-90 hari setelah infeksi terjadi. Meskipun begitu, tidak semua penderita sipilis mengalami gejalanya, terutama jika sipilis terjadi pada wanita. Tanda atau gejala penyakit sipilis tergantung dari tahap infeksi bakteri sipilisnya. Berikut ini beberapa gejala yang dapat dijadikan sebagai tanda tanda penyakit sipilis setiap tahapnya.

• Gejala tahap awal

Tahap awal sipilis disebut juga dengan tahap primer. Pada tahap ini biasanya gejala berlangsung selama 2-4 minggu. Gejala yang muncul di antaranya adalah luka chancre. Luka ini tidak menyebabkan rasa sakit ataupun gatal. Gejala luka chancre dapat terlihat di penis, vagina, anus, maupun di mulut. Luka chancre ini umumnya dapat sembuh sendiri dalam kurun waktu yang berbeda-beda pada setiap orang. Tanda tanda penyakit sipilis bisa sembuh dalam waktu seminggu, namun bisa juga membutuhkan waktu lebih lama yaitu hingga 5 minggu.

• Gejala sipilis tahap kedua

Ketika pada tahap pertama sifilis tidak disembuhkan, maka sipilis dapat berlanjut infeksinya dan memasuki tahap kedua. Tahap kedua ini juga dapat disebut sebagai tahap sekunder. Gejala yang muncul pada tahap ini adalah ruam. Ruam berukuran kurang dari 2mm ini biasanya muncul pada telapak tangan maupun telapak kaki. Ruam ini bisa juga muncul di bagian tubuh lain, namun paling sering ditemukan di bagian telapak tangan dan kaki. Gejala ruam ini mirip dengan gejala akibat alergi. Untuk itu jangan salah mengenali gejala penyakit sipilis ini.

• Gejala sipilis tahap 3

Tahap ini merupakan tahap akhir dari infeksi penyakit sipilis. Dikenal juga dengan fase tersier dimana gejala yang muncul akibat infeksinya telah masuk ke dalam aliran darah. Organ penting seperti jantung, otak, maupun sistem saraf mulai terinfeksi oleh bakteri sipilis dan dapat mengalami gangguan. Gejala yang muncul di antaranya adalah kebutaan, kelumpuhan, gangguan saraf, serta gangguan jantung. Jika komplikasi ini tidak dapat diatasi, maka bahayanya adalah kematian.

Selain ketiga tahap infeksi di atas, ada juga tahap laten yang merupakan tahap tersembunyi. Pada tahap ini, bakteri sipilis tetap menginfeksi dan sedang bersiap untuk memasuki tahap tersier. Namun, di tahap ini tidak ada gejala yang muncul. Itulah mengapa tahap ini disebut dengan tahap tersembunyi. Karena tidak munculnya gejala dan waktu tahap ini yang lama, membuat penderita sipilis mengira bahwa penyakitnya telah sembuh. Padahal bakteri sipilisnya masih aktif dan sedang menginfeksi organ tubuh bagian dalam. Tanda tanda penyakit sipilis di atas dapat dijadikan sebagai patokan dalam mengenali penyakit sipilis. Pengobatan sipilis sebaiknya diusahakan untuk dilakukan pada tahap awal, agar dapat menghindari komplikasi yang mungkin terjadi.

tanda tanda penyakit sipilis
tanda tanda penyakit sipilis

Bahaya Sipilis Tersier


Penyakit sipilis haruslah diwaspadai pasalnya jika telah masuk ke tahap tersier dapat menyebabkan berbagai bahaya seperti berikut:

• Gangguan saraf

Pada fase tersier artinya infeksi sipilis telah naik hingga ke organ dalam tubuh lainnya serta ke sistem saraf. Maka bahaya yang mungkin terjadi pada penderitanya adalah gangguan saraf.

• Gangguan jantung

Jantung merupakan salah satu organ vital pada tubuh. Jantung yang mengendalikan aliran darah ke seluruh tubuh. Ketika jantung mengalami gangguan, maka aliran darah ke seluruh tubuh menjadi tidak lancar. Gejala akibat gangguan jantung lainnya juga akan dialami oleh penderita.

• Kerusakan otak

Bahaya lainnya adalah jika infeksi bakteri penyebab sipilis telah sampai ke otak. Penderitanya dapat mengalami gejala hilang ingatan.

Ketika komplikasi berupa kerusakan di berbagai organ tubuh terjadi, maka bahaya seperti kebutaan, kelumpuhan, hingga kematian dapat terjadi. Jangan biarkan penyakit sipilis yang Anda derita sampai pada tahap tersier. Karena tanda tanda penyakit sipilis tidak selalu muncul, maka untuk mengetahui sejak awal adanya sipilis atau tidak adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Pemeriksaan secara rutin dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit sipilis maupun penyakit lainnya. Jika Anda memiliki kebiasaan berhubungan seksual dengan beberapa pasangan seksual, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan kesehatan minimal satu kali dalam setahun. Bagaimanapun bahaya penyakit sipilis ini tidak boleh Anda remehkan. Semakin cepat Anda mengambil tindakan pengobatan terhadap penyakit sipilis, maka semakin besar kemungkinan penularannya dapat dicegah. Dan tentunya bahaya sipilis juga dapat dicegah. Apalagi sipilis ini merupakan penyakit yang dapat kembali kambuh meskipun telah disembuhkan. Ketika penderitanya memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, maka tanda tanda penyakit sipilis dapat kembali muncul.


Mencegah dan Mengobati Sipilis
Untuk mencegah bahaya penyakit sipilis, sebaiknya ketahui tanda tanda penyakit sipilis. Gejala yang muncul pada pria dan wanita bisa saja berbeda, jadi Anda harus lebih waspada. Untuk pencegahannya, hindari hal-hal yang berisiko menularkan penyakit sipilis. Aktivitas berhubungan seksual dengan bergonta ganti pasangan merupakan hal yang berisiko menyebabkan penyakit menular seksual.
 
Selain itu, orang yang pernah menderita penyakit sipilis sebelumnya, sebaiknya selalu mempertahankan sistem kekebalan tubuhnya. Ketika mengalami gangguan kesehatan tertentu, infeksi bakteri maupun virus cenderung lebih mudah menyerang. Makanya kenali tanda tanda penyakit sipilis agar jangan sampai parah. Untuk solusi terbaik dalam mencegah dan mengobati penyakit sipilis, silahkan kunjungi dokter kami di Klinik Utama Sentosa. Atau hubungi dokter kami melalui layanan konsultasi di 081366657878 .