Jum12Apr201913:22

Apa Saja Gejala Penyakit Kelamin Sipilis?


Penyakit kelamin sipilis dapat diderita oleh pria maupun wanita yang aktif secara seksual. Sipilis atau raja singa disebabkan oleh infeksi bakteri bernama Treponema pallidum. Bakteri penyebab sifilis dapat menginfeksi kulit, mulut, organ kelamin, dan juga sistem saraf. Infeksi yang terdeteksi sejak awal dapat disembuhkan dengan mudah. Namun, jika terlambat diketahui bisa mengakibatkan kerusakan serius pada otak, sistem saraf, serta organ lain termasuk jantung.
penyakit kelamin sipilis
penyakit kelamin sipilis

Apa Saja Gejala dari Penyakit Kelamin Sipilis?

Gejala penyakit kelamin sipilis dapat berbeda-beda berdasarkan tahapan yang dialami. Penyakit kelamin sipilis baru akan menampakkan gejala sekitar tiga minggu setelah bakteri masuk menginfeksi tubuh. Gejala infeksi sipilis yang muncul, baik pada wanita maupun pria, di antaranya sebagai berikut:


• Gejala tahap 1

Penyakit kelamin sipilis yang baru memasuki tahap pertama atau primer biasanya ditandai dengan luka atau chancre. Luka ini tidak terasa sakit sehingga dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1 hingga 5 minggu.


• Gejala tahap 2

Gejala sipilis tahap 1 yang tidak segera ditangani dapat berlanjut ke tahap 2 sejak 6 hingga 12 minggu setelah gejala awal menghilang. Penderita sipilis tahap dua biasanya akan mengalami gejala, berupa demam, sakit kepala, nyeri pada persendian, dan munculnya ruam kecil bersisik.


• Gejala tahap 3

Penyakit sipilis tahap 3 akan muncul 10 hingga 40 tahun setelah infeksi awal terjadi. Gejala yang ditimbulkan, dapat berupa kerusakan pada otak serta jantung, menurunnya daya ingat, mengalami kelumpuhan, dan terjadi masalah pada keseimbangan tubuh.

Perawatan Tepat Terhadap Gejala Penyakit Sipilis

Dokter akan melakukan diagnosis penyakit berdasarkan sejarah medis serta kondisi tubuh penderita sipilis. Tea darah atau VDRL dilakukan guna menentukan apakah terdapat antibodi untuk melawan infeksi bakteri di dalam darah. Selain itu, dokter juga akan melihat jenis bakteri menggunakan mikroskop lapang gelap atau dark-field microscope.
 
Penanganan terhadap penyakit kelamin sipilis dapat dilakukan dengan antibiotik dalam bentuk suntikan. Dokter biasanya akan memberikan satu suntikan antibiotik untuk menghentikan perkembangan penyakit yang sudah berlangsung selama kurang dari satu tahun. Sementara itu, jika infeksi sudah terjadi lebih dari satu tahun, maka kemungkinan penambahan dosis obat diperlukan. Untuk mendapatkan kesembuhan dengan cepat, beberapa cara pencegahan perlu dilakukan, seperti:

• Lakukan kegiatan seksual yang aman dengan menggunakan pelindung atau kondom.
• Cucilah tangan sesering mungkin untuk menghindari terjadinya penyebaran infeksi.
• Tidak melakukan hubungan seksual selama masa perawatan penyakit dilakukan.
• Periksakan diri Anda dan pasangan jika menderita penyakit menular seksual lainnya.
• Tidak menggunakan obat-obatan terlarang, termasuk berbagi penggunaan jarum suntik.
• Hindari bersentuhan langsung dengan luka para kulit atau area sekitar organ kelamin.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Gejala penyakit kelamin sipilis harus segera ditangani bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, penyakit dapat dengan mudah disembuhkan karena peralatan medis yang digunakan sudah canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan pelayanan terbaik sehingga pasien merasakan kepuasaan dan kenyamanan ketika melakukan perawatan. Tak perlu ragu, karena klinik ini juga menawarkan keringanan biaya perawatan. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa segera melakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.