Sen28Jan201915:39

Apa itu Penyakit Sipilis?

Banyak yang masih belum mengetahui apa itu penyakit sipilis. Sipilis atau biasa disebut raja singa merupakan salah satu jenis penyakit kelamin yang disebabkan oleh infeksi bakteri bernama Treponema pallidum. Bakteri ini biasa menginfeksi organ tubuh penderitanya, seperti mulut, organ kelamin, dan juga sistem saraf. Penyakit ini dapat disembuhkan jika masih berada di tahap awal. Namun, jika ditangani terlambat akan menyebabkan kerusakan serius pada organ jantung.

apa itu penyakit sipilis
apa itu penyakit sipilis

>>>klik untuk konsultasi 24 jam gratis<<<

Gejala Sipilis Berdasarkan Tahapannya

Untuk memahami apa itu penyakit sipilis, maka Anda perlu mengetahui gejala umum yang muncul. Penyakit sipilis dapat menular dengan mudah karena memiliki gejala yang ringan dan mirip seperti penyakit lain. Gejala sipilis biasanya berbeda-beda sesuai dengan tahapan yang sedang dialami. Beberapa gejala dari penyakit sipilis sesuai tahapannya dapat dibedakan menjadi 4 bagian, yakni:


• Gejala sipilis primer

Pada tahap ini, gejala paling umum akan muncul, yakni adanya luka atau tukak daerah yang terinfeksi pertama kali. Luka akan mulai terlihat pada 10 hingga 90 hari setelah bakteri masuk ke dalam tubuh. Gejala berupa luka ini tidak terasa sakit dan dapat muncul di organ tubuh lain, seperti mulut atau bibir, amandel, dan juga jari.
 

• Gejala sipilis sekunder

Setelah luka pada tahap primer mulai menghilang, gejala akan digantikan dengan ruam saat memasuki tahap sekunder. Ruam dapat muncul di bagian tubuh, seperti telapak tangan dan kaki. Selain itu, gejala lain yang menyertai, dapat berupa kutil pada kelamin, mudah merasa lelah, sakit pada kepala, nyeri di bagian persendian, serta demam.


• Gejala sipilis laten

Pada tahap ini, penyakit sipilis tidak menunjukkan gejala yang cukup terlihat. Namun, pada 12 bulan pertama sejak memasuki tahap laten penyakit dapat menular dengan mudah. Infeksi akan bertahan di dalam tubuh selama beberapa tahun kemudian, tetapi sudah tidak menyebabkan penularan penyakit. Selain itu, jika tak segera ditangani bisa berkembang ke tahap berbahaya.


• Gejala sipilis tersier

Penyakit sipilis yang tidak segera ditangani bersama dokter bisa berlanjut pada tahap tersier atau tahap sipilis paling berbahaya. Pada tahap ini, penyakit sipilis akan berdampak pada fungsi mata, jantung, pembuluh darah, hati, tulang, dan sendi. Jika dibiarkan tanpa penanganan juga dapat berakibat fatal, yaitu kematian.

Penanganan Tepat Terhadap Penyakit Sipilis

Pertanyaan mengenai apa itu penyakit sipilis dapat diketahui setelah melakukan konsultasi bersama dokter ahli. Selain mengetahui apa itu penyakit sipilis, konsultasi berguna dalam menentukan jenis penanganan yang cocok untuk dilakukan. Penanganan tepat terhadap penyakit sipilis adalah dengan memberikan obat antibiotik melalui suntikan. Pemberian obat suntik ini bergantung pada lama infeksi yang telah terjadi.
 
Setelah menyelesaikan pengobatan dengan obat-obatan, penderita sipilis diminta untuk melakukan pemeriksaan darah. Hal ini dilakukan guna memastikan jika infeksi yang terjadi sudah benar-benar sembuh. Dokter biasanya juga akan menyarankan pasangan seksual Anda melakukan pemeriksaan dan menerima pengobatan jika infeksi sipilis terjadi akibat hubungan seksual yang tidak aman.

Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Cara terbaik untuk mengetahui lebih pasti apa itu penyakit sipilis adalah dengan melakukan konsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa termasuk salah satu klinik spesialis penanganan penyakit Andrologi, Ginekologi, dan Penyakit Menular Seksual terpercaya di daerah Jakarta. Klinik yang berlokasi strategis ini menawarkan berbagai keuntungan karena memiliki fasilitas lengkap dan lingkungan yang nyaman.
 
Melakukan perawatan serta pemeriksaan rutin di klinik ini, Anda akan merasakan kenyamanan serta kepuasaan karena dilakukan oleh dokter berpengalaman serta berkompeten di bidangnya. Selain itu, peralatan medis yang digunakan juga sudah modern sehingga proses penyembuhan penyakit dapat berjalan dengan mudah dan cepat. Untuk mengetahui apa itu penyakit sipilis lebih lanjut, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Kami di nomor 0813 6665 7878.