Jum29Mar201916:07

Apa Faktor Penyebab Penyakit Sifilis?

Penyebab utama sifilis adalah infeksi bakteri berbentuk spiral yaitu Treponema pallidum. Sementara faktor penyebab penyakit sifilis ini terjadi kepada Anda dapat terinfeksi dengan bersentuhan dengan luka sifilis ketika melakukan hubungan seksual.
Apa Faktor Penyebab Penyakit Sifilis?
Apa Faktor Penyebab Penyakit Sifilis?
Selain itu, faktor penyebab penyakit sifilis yang dapat meningkatkan risiko seseorang terinfeksi, yaitu:
o Melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan.

o Terlibat dalam hubungan seksual tanpa kondom.
o Terinfeksi HIV virus penyebab AIDS.
o Pria yang melakukan hubungan seksual dengan pria.

Infeksi penyakit sifilis dapat mempengaruhi pria dan wanita, umumnya dimulai dengan tanpa rasa sakit yang dikenal dengan chancre (luka). Menyebar dari orang ke orang melalui kontak langsung dengan luka sifilis.

Luka sifilis dapat ditemukan pada area penis, vagina atau anus, atau dapat ditemukan pada dubur, di dalam mulut atau bibir. Faktor penyebab penyakit sifilis seseorang dapat terinfeksi dengan melakukan kontak langsung selama hubungan seksual vaginal, anal, dan oral. Sifilis juga dapat ditularkan dari ibu hamil yang terinfeksi kepada bayinya selama kehamilan.



Tanda dan gejala sifilis

Setelah mengetahui faktor penyebab penyakit sifilis, penting untuk mengetahui tanda dan gejala sifilis, hal ini bertujuan agar ketika melihat adanya tanda-tanda sifilis untuk segera dapat menemui tenaga medis kesehatan untuk mendapatkan perawatan sejak dini.

Gejala penyakit sifilis dapat menyerupai penyakit lain, gejala sifilis dapat bervariasi yang tergantung pada tahap infeksi ada empat tahap infeksi sifilis yang berbeda, yakni tahap primer, sekunder, tahap laten, dan tahap tersier.

Tahap primer dan tahap sekunder penyakit ini merupakan tahap yang sangat menular dan menjadi faktor penyebab penyakit sifilis, kemungkinan besar akan menyebar ke orang lain yang memiliki kontak dengan luka.

Tahap Primer. Tanda pertama umumnya luka kecil, bundar tanpa rasa sakit yang muncul di area tempat bakteri pertama sekali memasuki tubuh seseorang. Dikenal dengan chancre, luka sifilis biasanya berkembang sekitar 3 minggu setelah paparan infeksi. Tanpa perawatan luka ini dapat hilang dengan sendiri, namun bukan berarti sifilis telah pergi.

Tahap Sekunder. Tahap ini bakteri telah menyebar ke aliran darah, orang dengan infeksi sifilis mungkin memiliki ruam tubuh pada telapak tangan dan kaki. Ruam terlihat seperti gigitan serangga dan tidak gatal. Tahap ini umumnya berlangsung selama beberapa minggu. Gejala ini juga dapat hilang dengan sendiri seiring waktu. Orang yang tidak menerima pengobatan akan beralih pada tahap infeksi berikutnya.

Tahap Laten. Selama tahap ini seseorang mungkin tidak memiliki gejala infeksi yang terlihat, namun bakteri yang menyebabkan sifilis tetap ada dalam tubuh.

Tahap Tersier. Pada tahap ini memiliki masalah medis yang paling parah, dapat mempengaruhi banyak organ termasuk jantung, otak, sumsum tulang belakang, hati dan juga sendi. Sifilis tersier dapat menyebabkan kerusakan luas pada organ internal, bahkan menyebabkan kematian.

Baca JUga: Tidak Ditangani, Ini 3 efek penyakit Sifilis* Klik Disini

Diagnosis dan pengobatan sifilis

Tes darah umumnya digunakan untuk menguji sifilis. Jika ada chancre, gesekan luka sifilis atau cairan dari lesi dapat diambil dari area yang terkena. Tes akan menyaring keberadaan antibodi dalam darah yang diproduksi sebagai respons terhada infeksi Treponema pallidum sebagai faktor penyebab penyakit sifilis.

Jika tes positif, maka dokter akan akan melakukan tindakan pengobatan yang bertujuan untuk mengatasi penyebabnya, yaitu membasmi bakteri untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Penyakit sifilis mudah disingkirkan pada tahap awal, infeksi yang baru di dapat dapat diatasi dengan cepat. Namun pengobatan akan lebih lama dengan beberapa dosis pengobatan jika infeksi sudah lama muncul. Tidak ada obat rumahan yang mampu mengobati sifilis termasuk obat yang Anda beli tanpa resep dokter atau obat bahan alami. Anda membutuhkan perawatan dengan perhatian yang khusus terutama sifilis tahap lanjut.



Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Untuk mendapatkan perawatan medis prima yang aman dan efektif menyebuhkan penyakit kelamin Anda, kunjungi Klinik Utama Sentosa sekarang juga. Klinik Utama Sentosa adalah klinik kulit kelamin yang memiliki dokter ahli kelamin profesional.

Hingga saat ini sudah banyak pasien yang mempercayakan pengobatan pada Klinik Utama Sentosa dan puas dengan pelayanan yang kami berikan. Sekarang saatnya giliran Anda. Dapatkan kenyamanan selama tindakan pengobatan dan perawatan medis yang terarah dengan biaya pengobatan terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lainnya mengenai faktor penyebab penyakit sifilis, hubungi hotline kami di 081366657878.