Sen13Mei201915:00

Apa Dampak Penyakit Sifilis Bagi Kesehatan?

Tahukah Anda dampak penyakit sifilis bagi kesehatan akan berakibat fatal jika tidak diobati, sebab dapat menyebar ke seluruh tubuh dan menyebabkan komplikasi dengan berbagai sistem organ. Beberapa dampak penyakit sifilis yang lebih dikenal dari sifilis lanjut termasuk kebutaan, tuli, dan stroke.
Apa Dampak Penyakit Sifilis Bagi Kesehatan?
Apa Dampak Penyakit Sifilis Bagi Kesehatan?
Komplikasi lain terkait dampak penyakit sifilis yaitu penyebaran infeksi hingga ke otak, sifilis dengan tahap akhir dapat menyebabkan komplikasi fatal, bahkan kematian pada penderitanya. Penyakit ini disebabkan infeksi bakteri Treponema pallidum, organisme menembus ke dalam lapisan mulut atau area genital.

Penyakit sifilis ditularkan dari satu orang ke orang melalui kontak langsung dengan luka sifilis yang juga dikenal dengan chancre. Chancres dapat terjadi pada atau sekitar alat kelamin luar, dalam vagina, sekitar anus atau dubur, atau di dalam atau sekitar mulut. Penularan bakteri penyebab sifilis terjadi selama hubungan seksual vaginal, oral, atau oral. Selain menular melalui hubungan seks, wanita hamil dengan infeksi sifilis juga dapat menularkannya kepada bayi yang belum lahir.



Apa sajakah gejala sifilis?

Tahukah Anda bahwa banyak orang dengan infeksi sifilis tidak mengalami gejala apapun, penyakit sifilis memiliki tiga tahap dan masing-masing dengan gejala yang berbeda, antara lain:

Tahap Pertama (Sifilis Primer). Sekitar 10 hari hingga beberapa bulan setelah infeksi, kemungkinan Anda menemukan luka (chancre) yang tidak menyakitkan, biasanya terdapat pada penis atau vagina, di mulut atau sekitar bagian bawah. Biasanya sembuh dengan sendirinya baik dengan atau tanpa pengobatan. Jika infeksi tidak diobati akan berlanjut pada tahap yang kedua.

Tahap Kedua (Sifilis Sekunder). Beberapa minggu setelah luka menghilang, ruam pada tubuh akan muncul, seringkali pada telapak tangan atau kaki, selain itu merasakan sakit, demam, atau sakit kepala, rambut rontok, penurunan berat badan atau pertumbuhan kutil di area vulva dan sekitar anus.

Tahap Ketiga (Sifilis Tersier). Di antara tahap pertama dan kedua dengan infeksi sifilis umumnya tidak memiliki gejala apapun yang dikenal dengan tahap laten. Setelah beberapa waktu kemudian berlanjut pada tahap tersier dimana gejala muncul sebagai dampak penyakit sifilis yang tidak diobati, pada tahap ini sifilis muncul merusak otak, jantung, dan sistem saraf.

Baca juga: Tips Penyembuhan Penyakit Sifilis! Klik Disini

Diagnosis dan pengobatan sifilis

Diagnosis dilakukan dengan memeriksa area genital, mulut atau tenggorokan, dan memeriksa ruam atau pertumbuhan. Tes darah juga dapat dilakukan, jika memiliki luka, usap akan diambil. Jika Anda menderita penyakit sifilis, tes untuk IMS lain juga penting untuk dilakukan.

Penyakit sifilis dapat disembuhkan, namun penting bagi Anda untuk di tes dan melakukan perawatan sejak dini, sebab kerusakan dan dampak penyakit sifilis pada tahap akhir tidak dapat dipulihkan (permanen).

Perawatan untuk penyakit sifilis tidak akan membuat Anda kebal, walau penyakit Anda sudah sembuh, Anda bisa kembali mendapatkan sifilis jika melakukan hubungan seksual bebas dan melakukan hubungan seks dengan seseorang yang terinfeksi. Sebaiknya hindari hubungan seksual hingga perawatan selesai, luka telah sembuh dan dokter mengizinkan.



Luka sifilis? Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Untuk mengatasi penyakit kelamin sifilis hingga tuntas sebaiknya untuk tidak berfikir mengkonsumsi obat-obatan sembarangan yang dijual bebas, atau mengoleskan krim pada luka sifilis di alat kelamin. Hal itu tidak terbukti efektif untuk menyembuhkan sifilis Anda.

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit menular seksual (PMS), Andrologi, dan Ginekologi. Memiliki dokter ahli terlatih dan hingga saat ini sudah banyak membantu menyembuhkan penyakit kelamin. Kami memberikan pelayanan terbaik sebab kenyamanan selama tindakan pengobatan, kesehatan dan kesembuhan penyakit adalah prioritas bagi kami.

Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru untuk menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas. Memberikan perawatan medis prima yang akurat, perawatan terarah dan berkualitas yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lain terkait dampak penyakit sifilis bagi kesehatan, konsultasi langsung secara online gratis dengan tenaga medis profesional kami, atau hubungi kami di 081366657878.