Jum09Agu201915:36

Adakah Komplikasi Sifilis Jika Tidak Diobati?

Komplikasi sifilis bisa terjadi akibat tidak segera mengobati penyakit bersama dokter ahli. Penyakit sifilis merupakan salah satu infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri bernama Treponema pallidum. Bakteri berbentuk spiral ini dapat masuk ke dalam tubuh melalui luka kecil, lecet, ruam pada kulit, atau pun melalui selaput lendir yakni jaringan dalam mulut.
komplikasi sifilis
komplikasi sifilis

Gejala Sifilis Serta Komplikasi yang Mungkin Terjadi

Tanpa penanganan yang tepat, komplikasi sifilis bisa terjadi dan biasanya berpengaruh pada kondisi organ tubuh lain. Namun, sebelum mengetahui komplikasi sifilis, Anda perlu mengenali gejalanya terlebih dahulu. Gejala sifilis digolongkan berdasarkan tahap perkembangan penyakitnya. Setiap tahapan sifilis akan memiliki gejala yang berbeda-beda, yakni sebagai berikut:


  • Sifilis primer, gejalanya akan ditandai dengan kemunculan luka kecil pada kulit atau biasa disebut chancre namun tidak terasa sakit.
  • Sifilis sekunder, biasnya ditandai dengan ruam yang muncul di beberapa bagian tubuh, seperti organ kelamin atau mulut dan tidak terasa gatal.
  • Sifilis laten, pada tahap ini tidak memunculkan gejala namun infeksi masih bisa ditularkan pada orang lain.
  • Sifilis tersier, ditunjukkan dengan kerusakan pada organ secara permanen sehingga berakibat fatal bagi penderitanya.
  • Sifilis kongenital, ditandai dengan penularan yang terjadi pada bayi dalam kandungan dan bisa menyebabkan keguguran.

Beberapa tahapan gejala ini harus Anda sadari dan periksakan bersama dokter sesegera mungkin. Jika tidak segera diperiksakan, bisa menyebabkan terjadinya komplikasi sifilis, seperti benjolan kecil atau gumma, infeksi HIV, gangguan pada saraf, gangguan organ jantung, mengalami masalah ketika masa kehamilan.

Pengobatan Tepat Terhadap Infeksi Kelamin Sifilis

Komplikasi sifilis sebenarnya bisa dicegah dan penyakit bisa sembuh jika ditangani pada tahap awal munculnya gejala. Pada fase primer dan sekunder, biasanya penderita diberikan suntikan antibiotik. Jika sudah masuk tahap tersier suntikan antibiotik biasanya akan ditambah dosisnya. Obat ini membantu mengangkat bakteremia dari sistem saraf pusat. Untuk mempercepat penyembuhan sifilis, pencegahan perlu dilakukan untuk mengurangi risiko terjangkitnya penyakit menular seksual, seperti:

  • Gunakan pengaman atau kondom

Saat melakukan hubungan seksual, Anda sebaiknya menggunakan pengaman. Penggunaan pengaman atau kondom ini bertujuan untuk melindungi luka pada daerah genital saat bersentuhan langsung dengan pasangan.

  • Tidak bergonta-ganti pasangan

Memiliki lebih dari satu pasangan seks bisa meningkatkan risiko tertularnya penyakit menular seksual, termasuk sifilis. Karena itu, pastikan Anda dan pasangan tidak memiliki lebih dari satu pasangan seksual.

  • Lakukan pemeriksaan

Untuk menghindari tertularnya bakteri sifilis, Anda sebaiknya melakukan tes pemeriksaan organ kelamin secara rutin dan berkala. Pemeriksaan secara rutin akan membuat Anda merasa aman saat akan melakukan hubungan seksual.



Lakukan Konsultasi Segera Bersama Klinik Utama Sentosa

Pengobatan dan kemungkinan adanya komplikasi sifilis bisa Anda ketahui setelah melakukan pemeriksaan bersama Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Anda akan mendapatkan pelayanan maksimal karena ditangani oleh dokter ahli dan menggunakan peralatan medis modern

Klinik Utama Sentosa juga menawarkan berbagai fasilitas pendukung, seperti layanan konsultasi online yang dapat membantu pasien untuk mengetahui penyakit lebih mendalam. Jangan biarkan penyakit yang ada di dalam tubuh terus berkembang dan menyebabkan komplikasi sifilis terjadi. Segera lakukan konsultasi bersama dokter Kami atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.