Sel16Apr201915:46

3 Cara Penularan Sifilis Tanpa Hubungan Intim

Tahukah Anda bahwa cara penularan sifilis dapat terjadi tanpa melalui hubungan seksual, penyakit menular seksual sifilis dilaporkan pada orang dewasa dan bahkan bayi yang baru lahir, berisiko cacat lahir atau bahkan mati jika tidak diketahui sejak dini.
3 Cara Penularan Sifilis Tanpa Hubungan Intim
3 Cara Penularan Sifilis Tanpa Hubungan Intim
Penyebab utama sifilis adalah infeksi bakteri Treponem pallidum dengan cara penularan sifilis yang paling utama adalah melalui hubungan seksual dengan seseorang yang telah terinfeksi, baik dengan hubungan seksual vaginal, anal, atau oral.

Namun selain menular melalui hubungan seksual, ternyata bakteri sifilis dapat menyebar melalui cairan tubuh yang terinfeksi. Berikut, cara penularan sifilis tanpa hubungan intim, antara lain:

Luka Terbuka Pada Kulit. Dalam kasus yang munkin jarang ditemukan, bakteri penyebab sifilis bisa melewati celah atau luka yang terbuka pada kulit setelah menyentuh orang terinfeksi, memiliki luka terbuka, sebaiknya hindari sentuhan untuk menghindari risiko penularan sifilis.

Ibu Hamil ke Janin Yang Dikandungnya. Cara penularan sifilis lainnya dalah Ibu hamil dengan infeksi sifilis berpotensi besar menularkan bakteri sifilis ke janin yang dikandungnya. Kondisi ini dikenal juga dengan sifilis kongenital. Janin yang telah terinfeksi bakteri rentan mengalami kematian sebelum lahir.

Berbagi jarum suntik dengan orang yang terinfeksi. Darah adalah cairan tubuh yang bisa menghantarkan bakteri sifilis dari satu tubuh ke tubuh orang lainnya. Berbagai aktivitas dapat berpotensi menyebarkan darah yang telah terinfeksi bakteri sifilis, seperti jarum suntik dengan pengidap merupakan cara penularan sifilis yang cukup efektif. Selain itu, pengguna narkoba suntik, maupun penyuka seni meraja tubuh.



Gejala sifilis

Ada 3 tahap sifilis, 2 tahap pertama merupakan yang paling menular dan gejalanya bervariasi dalam setiap tahap. Memuliki gejala sifilis dapat menyebabkan penderita berisiko tinggi terinfeksi HIV selama kontak seksual.

Tahap Pertama. Penderita mungkin melewatkan tahap pertama sebab mungkin tidak memiliki gejala, atau gejalanya dapat muncul sebagai luka (borok) di area genital penis atau vagina, anus, atau mulut. Luka mungkin tunggal namun terkadang terjadi beberapa luka, umumnya tidak menimbulkan rasa sakit. Dengan atau tanpa pengobatan luka ini akan hilang dan sembuh. Namun jika tidak diobati akan berkembang pada tahap kedua.

Tahap Kedua. Muncul ruam kulit yang rata dan merah pada telapak tangan dan kaki, atau bahkan dapat menutupi seluruh tubuh setelah bakteri penyebab menyebar ke seluruh tubuh. Ruam ini menular dan dapat menyerupai kondisi kulit umum lainnya seperti campak. Diagnosis mungkin terlewatkan jika tes darah sifilis tidak dilakukan. Gejala lainnya yang mungkin muncul, antara lain pembengkakan kelenjar getah bening, rambut rontok. Sama seperti tahap pertama, dengan atau tanpa pengobatan ruam hilang sendiri, namun tanpa pengobatan akan berkembang pada tahap ketiga.

Tahap Ketiga. Tahap ketiga terjadi beberapa tahun setelah infeksi pertama yang tidak diobati, dapat mempengaruhi berbagai organ, terutama jantung dan otak. Komplikasi otak atau jantung yang parah terjadi selama tahap ini.

Baca Juga: Pengobatan Penyakit Sipilis Paling Ampuh* Klik Disini

Pengobatan Sifilis

Antibiotik merupakan bagian dari pengobatan sifilis yang ampuh pada tahap awal infeksi, sebaiknya untuk segera melakukan pemeriksaan jika Anda mengalami gejala, atau bahkan jika gejala tidak muncul bagi Anda yang berisiko tinggi untuk segera didiagnosis.

Pengobatan di awal infeksi sangat diperlukan untuk membantu mencegah komplikasi lebih lanjut dan untuk menghindari penularan sifilis kepada pasangan seksual. Untuk mendukung pengobatan yang dilakukan oleh dokter, kurangi risiko infeksi Anda.



Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Setelah mengetahui cara penularan sifilis, namun nyatanya saat ini Anda sedang terinfeksi, sebaiknya untuk segera melakukan pengobatan agar sifilis dapat diatasi hingga tuntas pada tahap awal.

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kulit kelamin, memiliki dokter ahli yang sudah berpenglaman dibidangnya. Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru untuk menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas. Memberikan perawatan medis prima yang akurat, perawatan terarah dan berkualitas yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lain terkait cara penularan sifilis, konsultasi langsung secara online gratis dengan tenaga medis profesional kami, atau hubungi kami di 081366657878.