Min02Jun201909:51

3 Cara Penularan Penyakit Sifilis

Ada beberapa cara penularan penyakit sifilis selalin melalui hubungan seksual. Bakteri penyebab penyakit sifilis juga dapat menyebar melalui cairan tubuh pengidapnya. Penyakit sifilis atau dikenal juga dengan penyakit raja singa adalah infeksi menular seksual (IMS). Cara penularan penyakit sifilis yang paling utama adalah melalui hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi.
3 Cara Penularan Penyakit Sifilis
3 Cara Penularan Penyakit Sifilis
Beberapa gejala penyakit sifilis tampak tidak berbahaya, sehingga kebanyakan orang yang terinfeksi tidak mengenalinya, infeksi mungkin ditularkan oleh seseorang yang tidak mengetahui bahwa dirinya menderita sifilis. Dalam beberapa kasus, infeksi dapat ditularkan setelah indikator awal menghilang.

Berikut, 3 cara penularan penyakit sifilis selain melalui hubungan intim, yaitu:

1. Luka terbuka pada kulit
Bakteri penyebab sifilis dapat melewati celah atau luka yang terbuka pada kulit setelah menyentuh orang yang terinfeksu dengan luka terbuka. Maka, jika memiliki luka sifilis yang terbuka, sebaiknya tutp luka untuk menghindari risiko paparan bakteri.

2. Dari ibu hamil ke janin
Ibu hamil dengan infeksi sifilis akan berpotensi besar menularkan bakteri ke janun yang diakndungnya. Kondisi ini juga dikenal dengan istilah penyakit sifilis kongenital. Janin yang terinfeksi bakteri sifilis akan berpotensi menyebabkan kematian sebelum lahir.

3. Berbagi jarum suntik
Darah adalah salah satu cairan tubuh yang mampu menghantarkan bakteri sifilis dari satu tubuh ke tubuh orang lain. Oleh sebab itu, berbagai aktivitas yang berpotensi menyebarkan darah yang terinfeksi bakteri seperti berbagi jarum suntik dengan seseorang yang terinfeksi sifilis menjadi salah satu cara penularan penyakit sifilis yang cukup efektif.



Gejala awal sifilis adalah:

• Luka yang tidak terasa sakit di area alat kelamin, mulut atau bokong.
• Pembesaran kelenjar getah bening di pangkal paha.

Gejala-gejala ini umumnya hilang dalam beberapa minggu dan terkadang tidak terlalu diperhatikan. Beberapa orang dengan infeksi penyakit sifilis tidak memiliki luka (chancre), meskipun sebagian besar memilikinya.

Ketika kondisi berlanjut tanpa adanya tindakan pengobatan, gejala yang lain akan muncul, termasuk:

• Ruam.
• Demam dan nyeri sendi.
• Rambut rontok.
• Benjolan kecil di alat kelamin.

Tahap-tahap terakhir penyakit sifilis berkembang perlahan selama beberapa waktu, mempengaruhi jantung, otak, dan bagian tubuh yang lainnya. Ada banyak gejala yang kemungkinan akan terjadi, termasuk sesak nafas, dan kerusakan saraf.

Baca Juga: Apa Obat Untuk Penyakit Sifilis?

Mengobati dan menyembukan penyakit sifilis

Penyakit sifilis pada tahap awal dapar dengan mudah diobati dan disembuhkan. Namun jika tidak, sifilis dapat berkembang pada tahap lebih lanjut menyebabkan komplikasi bahkan kematian. Konsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang aman hingga tuntas.

Selama perawatan, pastikan untuk menghindari kontak seksual hingga semua luka sembuh dan dokter memberi tahu bahwa Anda aman untuk melakukan hubungan seksual. Karena cara penularan penyakit sifilis yang paling utama adalah melalui hubungan seksual, pastikan pasangan seksual ikut serta melakukan pengobatan jika Anda didiagnosis penyakit sifilis.



Sifilis? Konsultasikan pada Klinik Utama Sentosa

Saat ini ada banyak tersedia pilihan pengobatan untuk mengatasi penyakit kelamin termasuk penyakit sifilis. Anda harus bijak dalam memilih perawatan, sebab jika tidak bakteri penyebab sifilis akan terus berkembang sehingga sulit untuk disembuhkan. Kami, Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan penyakit kelamin terbaru.

Klinik Utama Sentosa dengan dokter ahli kelamin terlatih, memberikan perawatan medis prima yang akurat, penanganan terarah yang berfokus pada penyebab penyakit sehingga mendapatkan hasil yang akurat. Kami memberikan perawatan penyakit kelamin yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau. Untuk informasi lebih lanjut atau jika Anda memiliki pertanyaan lain mengenai cara penularan penyakit sifilis atau penyakit kelamin lainnya, silahkan konsultasi langsung dengan dokter secara gratis dengan klik website kami, atau Anda dapat menghubungi kami di 081366657878.