Sab25Mei201913:01

Simak, Inilah Cara Mencegah Penyakit Prostat

 

Alami gejala radang prostat? Ketahui cara mencegah penyakit prostat agar dengan mewaspadai gejala sekaligus penyebabnya. Kelenjar prostat merupakan kelenjar yang berfungsi untuk memberi makan sekaligus menyalurkan air mani. Jika kelenjar prostat ini mengalami peradangan, maka kondisi itulah yang kita sebut dengan prostatitis.



Radang prostat atau prostatitis dapat dialami oleh siapa saja, namun yang paling sering terkena penyakit ini adalah pria yang berusia di bawah 50 tahun. Masyarakat seringkali salah mengira antara kanker prostat dan radang prostat, dan keduanya adalah penyakit yang berbeda. Ada 4 jenis prostatitis yang sering ditemui dimana penyebab sekaligus gejala dari tiap jenis prostatitis ini berbeda. Pria yang pernah mengalami prostatitis maka akan lebih rentan terkena prostatitis lagi.

Cara Mencegah Penyakit Prostat Dari Gejalanya


Jika ingin tahu cara mencegah penyakit prostat agar tidak sampai ke tahap parah, maka ketahuilah gejala atau tanda penyakit prostat ini. Gejala penyakit prostat dibedakan berdasarkan jenisnya.

• Prostatitis akut, gejala yang biasa dialami penderita meliputi :

- Nyeri saat buang air kecil dan aluran kencingnya lemah.
- Selalu ingin buang air kecil.
- Rasa nyeri yang muncul di bagian belakang skrotum, kepala penis, maupun punggung bagian bawah.
- Demam, menggigil, serta nyeri sendi.

• Prostatitis kronis, gejalanya :

- Rasa nyeri pada punggung bagian bawah dan dubur.
- Nyeri setiap kali buang air kecil maupun setelah ejakulasi dan disertai keluarnya darah bersamaan dengan cairan semen.
- Frekuensi buang air kecil meningkat terutama pada malah hari, namun ada pula yang tidak dapat buang air sama sekali.
- Rasa berat pada bagian belakang skrotum.



• Chronic prostatitis/chronic pelvic pain syndrome (CP/CPPS)

Gejala yang dialami oleh penderita prostatitis ini hampir sama dengan prostatitis kronis, hanya saja ada gejala lain yang juga dirasakan. Gejala tersebut adalah rasa nyeri yang terasa di salah satu bagian tubuh seperti skrotum, penis, maupun area antara dubur dan skrotum.

• Asymptomatic inflammatory prostatitis

Prostatitis ini tidak memiliki gejala, sehingga penderita kerap kali tidak menyadari bahwa dirinya terkena penyakit radang prostat atau prostatitis. Cara mencegah penyakit prostat yang satu ini adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan pada prostat.

Dengan mengetahui gejalanya, penderita dapat mengetahui bahwa dirinya terkena penyakit prostat dan segera memeriksakan serta melakukan tindakan pengobatan.

Cara Mencegah Penyakit Prostat Dari Penyebabnya


Penyakit prostatitis disebabkan oleh bakteri yang diantaranya adalah bakteri E. Coli dan Pseudomonas yang menyebabkan prostatitis akut. Jika kita ingin mencegah bahaya penyakit prostat, maka setidaknya kita harus mengetahui penyebabnya. Selain karena bakteri, kita juga harus menghindari faktor yang mendukung risiko penyakit prostat yang diantaranya adalah :

• Menderita penyakit menular HIV AIDS
• Menggunakan kateter urine dalam jangka waktu yang lama
• Pernah menderita prostatitis
• Menderita ISK
• Pernah mengalami cedera pada bagian lipatan paha maupun panggul
• Pernah menjalani biopsi prostat

Segera Lakukan Diagnosis Prostatitis

Salah satu cara mencegah penyakit prostat agar tidak semakin parah, sebaiknya lakukan diagnosis prostatitis dengan memeriksanya ke dokter. Jika mengalami salah gejala prostatitis yang telah disebutkan di atas, maka jangan tunda untuk melakukan pemeriksaan. Diagnosis prostatitis biasanya dilakukan dengan cara melakukan pemeriksaan riwayat kesehatan, pemeriksaan fisik, dan beberapa pemeriksaan lanjutan seperti tes darah, tes urine, dan sebagainya.

Lakukan Pengobatan Penyakit Prostatitis

Setelah mendapatkan hasil diagnosis, dan mengetahui prostatitis jenis mana yang Anda alami, maka cara mencegah penyakit prostat selanjutnya adalah dengan melakukan pengobatan. Semakin cepat tidakan pengobatan dilakukan, maka semakin cepat pula kita dapat mencegah bahayanya. Pengobatan pun tidak boleh sembarangan. Jangan melakukan pengobatan mandiri karena akan lebih aman jika pengobatan dilakukan sesuai dengan saran dokter.



Untuk mendapatkan pengobatan penyakit prostat yang tepat dan aman, Anda dapat datang ke klinik kami yaitu Klinik Utama Sentosa. Saat ini telah tersedia beberapa cara mencegah penyakit prostat serta pengobatan yang bisa kita gunakan. Langsung datang saja ke klinik kami, atau Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kami melalui layanan hotline di 081366657878.