Sab13Apr201910:13

Prostatitis Adalah Radang Prostat, Benarkah?

Penyakit prostatitis adalah peradangan atau pembengkakan yang terjadi pada kelenjar prostat pria. Kelenjar prostat memiliki fungsi penting, yakni memberi makan dan membawa sperma. Karena itu, jika terjadi masalah pada prostat maka akan mengganggu sistem dalam tubuh. Prostatitis bisa diderita oleh pria dari segala golongan usia, namun biasanya terjadi pada usia di bawah 50 tahun. Penyakit ini dibedakan menjadi tiga jenis, yakni prostatitis bakteri akut, prostatitis bakteri kronis, dan prostatitis non-bakteri.
prostatitis adalah
prostatitis adalah

Beberapa Penyebab Prostatitis Serta Gejalanya

Penyebab prostatitis biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri E.coli. Beberapa penyebab lain dari penyakit prostatitis adalah gangguan pada sistem imun, gangguan sistem saraf, luka pada sekitar prostat, dan penyakit menular yang memicu terjadinya peradangan pada prostat pria. Tak hanya itu, terdapat faktor yang memicu meningkatnya risiko infeksi di kelenjar prostat, antara lain:

• Sudah pernah menderita penyakit prostatitis sebelumnya.
• Mengalami infeksi pada kandung kemih atau saluran uretra.
• Memiliki trauma atau cedera pada panggul akibat kegiatan tertentu.
• Tubuh kurang mendapatkan cairan atau tidak terdehidrasi dengan baik.
• Melakukan kegiatan seksual tanpa pelindung atau kondom.
• Sedang mengalami stres serta menderita penyakit HIV?AIDS.

Untuk mendapatkan pengobatan yang tepat, Anda perlu mengenali gejala penyakit prostatitis. Ciri atau gejala prostatitis adalah nyeri serta sensasi panas ketika berkemih, meningkatnya keinginan untuk buang air kecil, nyeri pada perut, tidak nyaman di area organ kelamin, sakit ketika berejakulasi, terdapat darah pada urin, dan tidak dapat menahan keinginan untuk buang air kecil.


Pengobatan Terhadap Peradangan Kelenjar Prostat

Pengobatan tepat untuk penyakit prostatitis adalah berdasarkan faktor penyebabnya. Dokter biasanya akan memberikan beberapa obat-obatan, berupa antibiotik, antiinflamasi, dan pereda rasa nyeri. Beberapa kegunaan obat yang digunakan untuk mengurangi gejala prostatitis adalah sebagai berikut:
 
• Antibiotik, diresepkan oleh dokter sebagai obat oral dan biasanya untuk kondisi yang lebih berat diberikan melalui injeksi intravena.
 
• Antiinflamasi, diberikan guna mengurangi rasa nyeri, menurunkan demam pada tubuh, dan membuat penderita prostatitis merasa lebih nyaman.
 
• Obat pereda rasa nyeri, digunakan untuk menghilangkan gejala nyeri yang muncul saat berkemih dengan merelaksasikan otot serta leher kandung kemih.
 
Gejala prostatitis bisa merada dengan cepat jika perawatan disertai dengan tindak pencegaham. Beberapa cara mencegah peradangan pada prostat pria, yaitu rutin berendam dalam air hangat saat mandi, batasi konsumsi minuman beralkohol atau memiliki kandungan kafein, tidak mengonsumsi makan pedas serta asam, hindari duduk dalam waktu yang cukup lama, dan kurangi kegiatan yang menyebabkan prostat tertekan. Untuk mengurangi tekanan pada prostat, Anda bisa menggunakan bantalan.


Segera Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Penanganan terbaik terhadap prostatitis adalah dengan berkonsultasi dengan dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan di daerah Jakarta yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin. Anda dapat melakukan konsultasi secara online dan gratis bersama staf medis yang telah berpengalaman di bidangnya. Konsultasi ini bertujuan untuk mengetahui penyebab penyakit dan jenis perawatan yang cocok.
 
Selain konsultasi, Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan biaya pada pasien sehingga tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan. Proses penyembuhan penyakit berjalan dengan mudah dan cepat karena ditangani langsung oleh dokter ahli menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern. Untuk informasi lebih lanjut, lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.