Kam10Jan201912:55

Penyebab Prostat Membesar

Pertambahan usia pada pria menjadi faktor penyebab prostat membesar. Pembengkakan pada kelenjar prostat merupakan kondisi yang umum terjadi pada pria berusia 40 hingga 50 tahun. Ukuran prostat yang normal hanya sebesar biji kenari, namun akan semakin membesar seiring pertambahan usia. Kelenjat prostat ini akan terus berkembang sepanjang hidup sehingga pria usia lanjut berisiko tinggi mengalami pembesaran prostat.

penyebab prostat membesar
penyebab prostat membesar

>>>lakukan konsultasi online dengan dokter Kami<<<

Beberapa Gangguan Akibat Pembesaran Pada Prostat

Prostat yang membesar ini bisa menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan untuk melakukan ereksi. Selain itu, pembesaran prostat ditandai dengan gejala sulit menahan air kencing, pancaran urin yang melemah, dan harus mengedan ketika buang air kecil. Penyebab prostat membesar secara umum dapat terjadi akibat adanya berbagai jenis gangguan. Terdapat tiga jenis penyebab prostat membesar pada pria, yakni:


• Benign Prostatic Hyperplasia atau BPH

Benign prostatic hyperplasia atau lebih dikenal dnegan pembesaran prostat jinak merupakan salah satu penyebab prostat membesar. Penyakit ini menyebabkan otot pada kandung kemih sampai saluran kemih menyempit sehingga penderitanya mengalami kesulitan ketika mengeluarkan air urin. Beberapa gejala yang muncul, antara lain merasa tidak tuntas setelah buang air kecil, aliran air urin melemah, dan keinginan buang air kecil di malam hari meningkat.


• Peradangan Prostat atau Prostatitis

Penyebab prostat membesar lainnya adalah peradangan yang terjadi pada prostat atau prostatitis. Prostatitis umumnya disebabkan oleh adanya infeksi dari berbagai jenis bakteri yang berasal dari infeksi saluran kencing atau penyakit menular seksual. Gejala penyakit prostatitis, yakni berupa rasa sakit ketika ejakulasi, mengalami disfungsi seksual atau hilangnya libido pada pria, merasakan sakit saat buang air kecil, urin yang keluar disertai darah, dan air mani yang berdarah.


• Kanker Prostat

Kanker prostat terjadi akibat pertumbuhan sel yang tidak normal pada kelenjar prostat. Beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit ini adalah faktor usia, kelebihan berat badan atau obesitas, dan riwayat keluarga. Tanda atau ciri dari penyakit kanker tidak terlihat pada tahap awal. Namun, jika sudah memasuki stadium lanjut dapat menimbulkan gejala, seperti menurunnya aliran urin, ada darah dalam urin, dan rasa nyeri pada area panggul.

Bagaimana Cara Dokter Mendiagnosis Masalah Ini?

Diagnosis awal yang dilakukan dokter terhadap gangguan dari penyebab prostat membesar adalah melakukan tes fisik. Pemeriksaan ini dilakukan untuk melihat ukuran prostat apa lebih besar dari yang seharusnya atau tidak. Beberapa metode yang digunakan untuk memeriksa prostat adalah melalui CT Scan dan magnetic resonance imaging atau MRI. Selain itu, tes darah juga diperlukan guna mendapatkan hasil diagnosis yang lebih akurat.
 
Gangguan akibat pembesaran prostat ditandai dengan kadar PSA yang tinggi di dalam darah. Karena itu, terkadang pemeriksaan biopsi akan dilakukan untuk mendeteksi keberadaan sel kanker di dalam sampel kelenjar prostat. Jika penyakit terdiagnosis berbahahaya, maka konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui jenis perawatan pada pembesaran prostat dan obat apa yang perlu dikonsumsi.

Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Lakukan konsultasi dengan dokter ahli untuk penanganan lebih lanjut mengenai penyakit gangguan prostat. Penanganan terbaik pada masalah pembesaran prostat dapat dilakukan di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit Andrologi, Ginekologi, dan juga Penyakit Menular Seksual.
 
Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan mendapatkan keuntungan karena telah dilengkapi perawatan medis yang canggih serta modern. Selain itu, pelayanan medis di Klinik Utama Sentosa juga mengutamakan kenyamanan sehingga pasien bisa merasakan kepuasaan setelah tindak perawatan dilakukan. Untuk mengetahui informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa segera menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.