Kam25Jul201916:13

Penyebab Penyakit Prostatitis Pada Pria


Penyebab penyakit prostatitis bisa dikelompokkan menjadi berbagai jenis, yakni prostatitis bakteri akut, bakteri kronis, dan lainnya. Beberapa jenis prostatitis ini biasanya akan diderita oleh pria yang berusia di bawah 50 tahun. Prostatitis merupakan peradangan atau inflamasi yang terjadi pada kelenjar prostat. Kelenjar yang memproduksi cairan mani ini berfungsi untuk memberi makan dan membawa sperma sehingga jika mengalami masalah akan berakibat fatal.
penyebab penyakit prostatitis
penyebab penyakit prostatitis 

Gejala Penyakit Prostatitis Berdasarkan Jenisnya

 

Sebelum penyebab penyakit prostatitis diketahui, gejala harus dikenali lebih dahulu. Gejala yang dirasakan penderita peradangan prostat bisa beragam tergantung pada jenisnya. Terkadang, gejala juga bisa muncul dengan cepat dan sulit dikenali sebagai tanda peradangan prostat. Untuk itu, berikut perbedaan pada gejala prostatitis yang wajib Anda ketahui adalah sebagai berikut:


  • Prostatitis bakteri akut

Pada prostatitis bakteri akut, biasanya gejala peradangan akan disertai dengan munculnya demam, tubuh mengigil, adanya rasa pegal, dan nyeri pada persendian. Tak hanya itu, penderita juga dapat merasakan nyeri ketika buang air kecil, melemahnya kekuatan pancaran urin, dan perasaan selalu ingin buang air besar.

 

  • Prostatitis bakteri kronis

Pada kondisi kronis, penderita prostatitis kerap merasakan gejala yang hampir sama seperti ciri prostatitis akut. Namun, terdapat gejala lain akibat peradangan prostat kronis, yaitu nyeri pada punggung bagian bawah, rasa berat di belakang skrotum, dan terdapat darah pada cairan semen.

 

  • Chronic prostatitis

Gejala utama dari chronic prostatitis adalah nyeri yang akan dirasakan lebih dari tiga bulan pada salah satu bagian tubuh. Gejala ini akan terasa pada skrotum atau daerah kepala penis, perut bagian bawah, dan di antara skrotum dengan dubur. Selain itu, gejala lain juga akan muncul dan biasa mirip dengan prostatitis bakteri kronis.

 

  • Asymptomatic inflammatory prostatitis

Berbeda dengan jenis lainnya, asymptomatic inflammatory prostatitis tidak menimbulkan gejala yang jelas. Hal ini mengakibatkan penderitanya tidak mengetahui adanya infeksi. Penyakit biasanya baru akan diketahui setelah melakukan pemeriksaan kesehatan pada kelenjar prostat.

 

Pengobatan Serta Pencegahan Penyakit Prostatitis

Penyebab penyakit prostatitis bisa beragam, seperti memiliki riwayat prostatitis sebelumnya, menderita infeksi saluran kemih, menggunakan kateter urin, hingga menderita HIV/AIDS. Prostatitis bisa ditangani dengan memberikan obat pada penderitanya sesuai dengan resep dokter. Obat ini berguna untuk meredakan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan pada prostat. Selain itu, pemberian obat lain juga dapat dilakukan sebagai cara untuk merelaksasikan otot-otot prostat. Masalah gangguan pada prostat bisa diatasi dengan melakukan beberapa cara alami, seperti:

  • Mengurangi makanan pedas atau asam.
  • Perbanyak konsumsi minum air mineral.
  • Hindari minuman yang mengandung alkohol.
  • Kurangi konsumsi minuman berkafein.
 
Penyebab penyakit prostatitis bisa dihindari dengan menerapkan tindak pencegahan, Pria disarankan untuk tidak melakukan aktivitas yang dapat menyebabkan iritasi prostat. Kegiatan yang berdampak pada peradangan di prostat adalah duduk dalam waktu yang lama dan juga bersepeda. Penanganan yang tidak segera dilakukan dapat menimbulkan munculnya komplikasi penyakit serius.
 
Jika Anda sudah mengetahui penyebab penyakit prostatits segera lakukan pengobatan sebelum memunculkan komplikasi. Bahaya atau komplikasi akibat mengabaikan penyebab penyakit prostatitis, dapat berupa epididimitis, infeksi dalam darah, abses prostat, gangguan pada produksi sperma, hingga kemandulan.
 

Lakukan penanganan Bersama Klinik Utama Sentosa

Penyebab penyakit prostatitis bisa segera Anda ketahui jika pemeriksaan bersama dokter dilakukan tepat waktu. Penanganan terbaik pada penyakit prostat adalah dengan melakukan pemeriksaan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab penyakit prostatitis serta jenis perawatan yang cocok dilakukan Segera lakukan pemeriksaan sebelum penyakit bertambang parah dengan menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.