Sen07Jan201914:20

Penyakit Pembesaran Prostat Pada Pria

Pembesaran prostat merupakan kondisi yang umum terjadi pada pria berusia 40 tahun ke atas. Penyakit ini akan menyebabkan penderitanya merasakan sakit ketika buang air kecil maupun berejakulasi. Prostat yang membengkak ini disebabkan oleh dua hal, yakni kanker prostat dan benign prostatic hyperplasia atau pembesaran prostat jinak. Karena itu, penanganan biasanya dilakukan berdasarkan faktor penyebabnya.

pembesaran prostat
pembesaran prostat

Kelenjar prostat pada pria akan semakin membesar seiring bertambahnya usia. Pembesaran prostat secara langsung dapat mempengaruhi kemampuan pria saat buang air kecil. Beberapa efek yang mungkin ditimbulkan oleh kondisi ini adalah keinginan buang air kecil meningkat, aliran urin yang melemah, sulit memulai atau menghentikan buang air kecil, dan kandung kemih seperti sulit dikosongkan.

Masalah Seksual Akibat Prostat yang Membengkak

Pembesaran prostat dapat menimbulkan munculnya masalah seksual. Permasalahan seksual yang terjadi bergantung pada kondisi kelenjar prostat sendiri. Beberapa efek atau masalah seksual tersebut, antara lain disfungsi ereksi, kesulitan menjaga ereksi, menurunnya tingkat libido, dan kurang puas saat melakukan aktivitas seksual. Masalah ini juga bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan, seperti faktor genetik, usia, serta gelisah yang berlebih.
 
Prostat yang membengkak ini ditandai dengan gejala, berupa frekuensi buang air kecil tidak normal, air urin yang keluar disertai dengan darah, aliran urin lemah serta terputus-putus, dan muncul rasa sakit ketika buang air kecil. Jika prostat terus berkembang dan menyebabkan pembengkakan, maka akan mendesak urin untuk keluar tanpa diinginkan. Karena itu, segera konsultasikan bersama dokter ahli sebelum semakin parah.

Cara Mendiagnosis Penyakit Pembesaran Prostat

Diagnosis awal yang dilakukan dokter adalah melakukan pemeriksaan fisik. Tes atau pemeriksaan ini berguna untuk melihat kondisi prostat apa lebih besar dari seharusnya atau tidak. Selain itu, dokter juga akan menggunakan metode lain untuk memeriksa kelenjar prostat dengan CT scan dan magnetic resonance imaging atau MRI. Kedua metode pemeriksaan tersebut berguna untuk memeriksa darah dan mengukur kadar prostat specific entigen atau PSA.

Beberapa Penanganan yang Dapat Dilakukan

Penanganan untuk mengurangi pembengkakan pada prostat dapat dilakukan bersama dokter ahli. Beberapa pilihan biasanya diberikan dokter, seperti penggunaan obat-obatan, melakukan tindak operasi, atau pengobatan mandiri di rumah. Namun, obat yang diresepkan dokter ini menyebabkan efek samping yang cukup mengganggu, seperti mengurangi dorongan terhadap seks, sulit menjaga kemampuan ereksi, dan masalah ketika akan mencapai ereksi. Karena itu, pilihan tindak operasi diberikan kepada penderitanya, meliputi:


• Prosedur TURP, dilakukan guna membantu mengangkat beberapa jaringan pada kelenjar prostat.
• Prosedur TUIP, dilakukan dokter dengan tujuan untuk membuat alur kelenjar prostat pada pria.
• Prosedur TUMT, dilakukan dengan gelombang mikro guna menghancurkan jaringan prostat berlebih.

Selain mengonsumsi obat dan pilihan operasi tersebut, untuk mendapatkan kesembuhan yang maksimal maka Anda dapat melakukan beberapa penanganan rumahan. Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat merupakan awal yang baik untuk meringankan gejala akibat pembesaran prostat. Penanganan mandiri yang dapat Anda lakukan di rumah adalah sebagai berikut:


• Kurangi konsumsi minuman dengan pemanis buatan.
• Lakukan olahraga secara teratur guna menjaga kondisi kesehatan.
• Hindari mengonsumsi alkohol saat malam hari atau sebelum tidur.
• Tidak menggunakan obat-obatan yang dapat memicu gejala.

Pada dasarnya, kelenjar prostat akan terus tumbuh seiring pertambahan usia. Karena itu, pemeriksaan terhadap kelenjar prostat harus dilakukan secara teratur guna mengurangi risiko pertumbuhan tidak normal pada jaringan. Perawatan yang tepat akan membantu pria dalam menjaga kehidupan seksual menjadi lebih nyaman.

 
Pemeriksaan dapat Anda lakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik ini merupakan salah satu klinik yang khusus menangani masalah kulit dan kelamin. Peralatan yang telah canggih dan modern dapat membantu proses penyembuhan menjadi lebih cepat. Karena itu, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878. Untuk informasi lebih lanjut mengenai masalah Anda, maka lakukan konsultasi segera mungkin.