Sen31Des201815:47

Pengobatan Prostat yang Meradang

Pengobatan prostat yang mengalami peradangan dapat dilakukan dengan berbagai cara bergantung pada penyebab, gejala, serta tingkat keparahannya. Selain itu, diagnosis dokter juga sangat diperlukan untuk menentukan jenis perawatan yang tepat. Obat yang diberikan pada penderita prostatitis biasanya berupa obat anti nyeri, obat pelemas otot, dan lainnya. Dokter juga menyarankan untuk melakukan relaksasi otot dengan senam kegel dan mandi berendam menggunakan air hangat.

pengobatan prostat
pengobatan prostat

Pengobatan Prostatitis Berdasarkan Jenis

Prostatitis merupakan peradangan atau inflamasi yang biasa terjadi pada kelenjar prostat. Kelenjar prostat berfungsi untuk membawa makan serta cairan sperma ke luar dari tubuh. Peradangan pada prostat ini umumnya dialami oleh pria berusia di bawah 50 tahun. Prostatitis dibagi menjadi beberapa jenis, yakni prostatitis akut dan prostatitis kronis.
 
Penanganan prostatitis yang biasa dilakukan dokter adalah dengan antibiotik. Dokter akan meresepkan pemberian obat antibiotik setidaknya selama dua minggu. Jika gejala sudah semakin parah, antibiotik bisa diberikan melalui injeksi. Pengobatan prostat berbeda-beda setiap jenisnya, seperti:


• Prostatitis bakteri akut

Pengobatan prostat bakteri akut biasanya membutuhkan perawatan bersama dokter ahli. Dokter yang melakukan pengobatan prostat jenis ini akan memberikan antibiotik berupa suntikan ke dalam darah. Beberapa obat lain yang diperlukan sebagai pendukung adalah obat penurun demam dan pereda rasa sakit. Dokter juga memungkinkan untuk menambahkan cairan melalui infus guna mempercepat proses penyembuhan.


• Prostatitis bakteri kronis

Dokter akan menganjurkan pengobatan prostat bakteri kronis dengan memperbanyak minum air putih. Beberapa obat juga diperlukan untuk menangani masalah prostatitis, seperti obat anti inflamasi dan obat alpha blockers. Pemberian alpha blockers berguna untuk mengurangi penyumbatan yang terjadi serta gangguan buang air kecil karena adanya pembengkakan pada kelenjar prostat.

Komplikasi Peradangan Prostat Serta Penanganannya

Peradangan pada prostat harus segera ditangani sebelum menyebabkan komplikasi yang parah. Penanganan yang dilakukan terlambat dapat mengakibatkan munculnya masalah serius atau komplikasi penyakit lain. Beberapa komplikasi yang terjadi akibat peradangan prostat, antara lain:


• Epididimitis, yakni peradangan pada saluran yang menyalurkan sperma dari testis.
• Bacteremia, yaitu infeksi bakteri yang telah menyebar di dalam darah.
• Abses prostat, yakni infeksi sudah semakin parah hingga mengakibatkan kematian.
• Kemandulan, terjadi karena mengalami gangguan pada produksi cairan mani.

Sebelum komplikasi serius terjadi, penanganan harus segera dilakukan. Seperti yang telah dijelaskan, penanganan prostatitis bisa dibantu dengan pemberian obat-obatan. Namun, pasein juga disarankan untuk melakukan beberapa hal guna membantu meredakan gejala yang muncul. Penanganan yang dapat membantu pengobatan prostat yang meradang, meliputi:

• Kurangi konsumsi minuman beralkohol serta mengandung kafein.
• Hindari mengonsumsi makanan yang pedas atau asam.
• Jauhi aktivitas yang mengakibatkan iritasi pada prostat.
• Jaga selalu kebersihan daerah sekitar organ kelamin.
• Rutin berendam dalam air hangat ketika mandi.

Klinik Terbaik Penanganan Prostatitis

Pengobatan prostat pria yang mengalami peradangan dapat dilakukan dengan berkonsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Anda akan mendapatkan perawatan terbaik karena klinik ini dilengkapi dengan peralatan medis yang canggih serta modern. Selain itu, pelayanan medis juga diberikan sescara maksimal sehingga pasien merasa nyaman dan aman ketika melakukan penanganan penyakitnya.
 
Klinik Utama Sentosa merupakan klinik kesehatan yang khusus menangani masalah kulit dan kelamin serta sudah bertaraf nasional. Reservasi dilakukan secara online sehingga mempermudah pasien baru yang ingin berobat. Informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya dapat segera menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878. Jangan menunggu terlalu lama, segera lakukan perawatan sebelum penyakit Anda semakin bertambah parah.