Sab23Mar201914:31

Ketahui, Ini Pengobatan BPH yang Diderita Pria

Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat merupakan salah satu cara pengobatan BPH. BPH atau pembesaran prostat jinak terjadi akibat kelenjar prostat pada pria membengkak. Umumnya, BPH hanya akan diderita oleh pria yang berusia di atas 50 tahun sehingga pertambahan usia menjadi salah satu faktor pemicunya. Kelenjar prostat yang membesar mengakibatkan uretra menyempit serta membuat dinding kandung kemih menebal. Hal ini berakibat munculnya masalah inkontinensia urin atau hilangnya kendali terhadap kandung kemih.
pengobatan BPH
pengobatan BPH

Apa Saja Penyebab Penyakit Pembesaran Prostat?

Penyebab pasti penyakit pembesaran prostat masih belum diketahui, namun kemungkinannya dapat berupa adanya perubahan pada kadar hormon seksual akibat proses penuaan. Umumnya, prostat akan terus tumbuh atau berkembang hingga mencapai ukuran cukup besar. Hal inilah yang menyebabkan uretra menyempit dan urin sulit keluar. Beberapa faktor lain dari penyakit pembesaran prostat jinak, adalah sebagai berikut:


• Tubuh kelebihan berat badan atau obesitas.
• Kurang olahraga atau kegiatan fisik lain.
• Menderita penyakit diabetes atau jantung.
• Efek samping dari obat-obatan tertentu.
• Akibat adanya faktor keturunan.

Penyebab pembesaran pada prostat ini akan disertai dengan gejala, berupa melemahnya aliran urin. Kandung kemih belum terasa kosong meski baru buang air kecil, memiliki kesulitan untuk mengosongkan kandung kemih, meningkatnya keinginan buang air kecil terutama saat malam hari, dan tidak dapat menghentikan aliran urin saat berkemih.


Beberapa Cara Mengobati BPH Pada Pria

Sebelum pengobatan BPH dilakukan, dokter biasanya akan mendiagnosis penyakit dengan menanyakan gejala yang dirasakan pasien. Setelah itu, pemeriksaan colok dubur perlu dijalani guna mengetahui ukuran kelenjar prostat secara fisik. Beberapa tes lanjutan yang bisa dilakukan untuk mendiagnosis penyakit BPH, yakni tes urin, biopsi prostat, tes darah, tes kelancaran urin, USG melalui dubur, dan sistoskopi.
 
Tes lanjutan tersebut dapat membantu dokter dalam memberikan pengobatan BPH yang tepat. Untuk itu, penanganan penyakit BPH dapat berbeda-beda setiap penderitanya. Dokter biasanya memilih penanganan yang paling sesuai karena beberapa faktor, seperti kondisi kesehatan penderita, tingkat ketidaknyamanan yang dirasakan, usia penderita, dan ukuran prostat yang dimiliki. Pengobatan BPH yang biasa dilakukan bersama dokter, meliputi:


• Pemberian obat-obatan

Pengobatan BPH yang paling tepat adalah mengonsumsi obat sesuai resep dokter. Obat yang digunakan biasanya mampu memperlancar laju urin dengan cara melemaskan otot-otot kandung kemih.


• Terapi menahan air urin

Terapi ini biasanya dilakukan di bawah bimbingan medis atau dokter ahli. Dokter akan mengajarkan beberapa teknik, seperti bagaimana cara menahan urin, mengatur pernapasan, merelaksasikan otot, dan mengalihkan pikiran saat ingin berkemih.


• Mengubah gaya hidup

Perubahan gaya hidup yang dimaksud dalam pengobatan BPH adalah rutin berolahraga. Namun, Anda juga perlu menhindari konsumsi alkohol serta kafein, biasakan tidak minum apapun sebelum tidur, dan buang air kecil dengan duduk atau jongkok bukan berdiri.



Lakukan Konsultasi dengan Klinik Utama Sentosa

Pengobatan BPH yang paling tepat adalah berkonsultasi dengan dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di klinik ini, penyakit dapat tertangani dengan baik karena dilakukan langsung oleh dokter berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih serta berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa dilengkapi dengan fasilitas unggulan, salah satunya adalah layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi, pasien dapat mengetahui penyebab penyakit secara pasti serta jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.