Sen25Mar201911:09

Ketahui 3 Tipe Penyakit Radang Prostat

Penyakit radang prostat atau prostatitis merupakan inflamasi atau peradangan yang diderita oleh pria dari segala golongan usia. Kelenjar prostat pada pria terletak di bawah kandung kemih dan di depan rektum. Prostat memiliki fungsi penting, yakni membantu dalam produksi air mani ketika terjadi ejakulasi. Prostatitis memiliki penyebab dan gejala yang berbeda-beda sesuai jenisnya sehingga pengobatan pun akan berbeda.
penyakit radang prostat
penyakit radang prostat

Gejala Penyakit Peradangan Prostat Berdasarkan Jenisnya

Terdapat beragam gejala yang mungkin dialami oleh penderita penyakit radang prostat. Gejala yang berbeda ini bergantung pada jenis penyakit radang prostat yang terjadi. Tipe peradangan pada prostat dibagi menjadi tiga tipe, yakni sebagai berikut:


• Prostatitis bakteri akut

Biasanya gejala prostatitis jenis ini cukup berat, berupa demam, mual, hingga menggigil. Perawatan lebih lanjut harus segera dilakukansebelum memicu terjadinya infeksi saluran kencing, abses pada prostat, dan menutup aliran urin.
 

• Prostatitis bakteri kronis

Tipe penyakit radang prostat satu ini disebabkan karena infeksi saluran kemih yang kambuh dan sudah menyebar masuk ke kelanjar prostat. Gejalanya hampir sama dengan prostatitis bakteri akut, namun lebih ringan dan berubah-ubah intensitasnya.
 

• Sindrom nyeri panggul

Prostatitis yang disebabkan olehj infeksi bakteri ini lebih sering dijumpai sehari-hari. Gejalanya dapat berupa sakit pada kemih serta genital dan akan dirasakan penderitanya selama tiga hingga enam bulan.


Penanganan Tepat Pada Penyakit Prostatitis Pria

Sebelum melakukan penanganan penyakit radang prostat, dokter akan mendiagnosis dengan menanyakan gejala, riwayat penyakit, dan pemeriksaan fisik terlebih dahulu. Pemeriksaan fisik yang dilakukan termasuk colok dubur pada kelenjar prostat. Selain itu, pemeriksaan penunjang lainnya untuk mengetahui penyakit radang prostat lebih lanjut, dapat berupa:

• Tes darah, bertujuan untuk mendeteksi infeksi serta ada tidaknya kanker pada prostat.
• Tes urin, dilakukan guna melihat pertumbuhan bakteri serta jenis yang menginfeksi.
• Prostatic massage, bertujuan untuk memperoleh cairan sekresi dari prostat pria.
• Pemindaian, dilakukan dengan USG untuk memperoleh gambaran visual prostat.

Pengobatan peradangan pada prostat harus segera dijalani penderitanya sebelum menyebabkan komplikasi. Beberapa komplikasi yang mungkin muncul adalah epididimitis, infeksi bakteri dalam darah, abses prostat, gangguan pada produksi cairan mani, dan kemandulan akibat prostatitis kronis.
 
Terdapat berbagai cara pengobatan yang bisa dilakukan di antaranya memberikan obat anti nyeri atau anti inflamasi. Obat ini berfungsi untuk mengurangi rasa sakit dan meredakan pembengkakan yang terjadi. Selain mengonsumsi obat-obatan, penderita prostatitis dianjurkan melakukan tindak pencegahan guna membantu meredakan gejala, seperti:

• Kurangi konsumsi makan pedas atau mengandung asam.
• Hindari kebiasaan mengonsumsi minuman berkafein atau beralkohol.
• Perbanyak konsumsi air mineral guna membantu membuang bakteri.
• Hindari aktivitas yang dapat memicu iritasi pada kelenjar prostat.


Konsultasikan Segera Bersama Klinik Utama Sentosa

Penyakit radang prostat dapat ditangani dengan melakukan perawatan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik penanganan penyakit kulit dan kelamin terbaik yang berada di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan mendapatkan keuntungan karena dilakukan oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih berteknologi modern.

Klinik Utama Sentosa juga menawarkan Anda keringanan pada biaya perawatan dengan berbagam pilihan perawatan yang terjangkau. Selain itu, pelayanan medis diberikan secara maksimal sehingga banyak orang yang mempercayakan kesembuhan penyakit kulit maupun kelaminnya di Klinik Utama Sentosa. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.