Sen22Jul201915:54

Gejala Serta Penyebab Pembesaran Prostat Pria

Penyebab pembesaran prostat jinak pada pria biasanya berasal dari bertambahnya usia. Kondisi ini terjadi ketika kelenjar prostat membesar dan mulai membentuk tonjolan. Sebelumnya, perlu diketahui jika kelenjar prostat ini dimiliki oleh pria dan akan membengkak secara alami. Karena itu, penyakit ini kerap kali dialami oleh pria lanjut usia. Tingkat keparahan gejala bisa berbeda-beda pada tiap penderitanya dan tidak semua penyakit pembesaran prostat ini menimbulkan masalah.
penyebab pembesaran prostat
penyebab pembesaran prostat

Apa Saja Gejala Penyakit Pembesaran Prostat Pria?

Pria yang sudah berumur 60 tahun sebaiknya melakukan pemeriksaan bersama dokter ahli secara rutin, terutama jika mengalami gangguan buang air kecil. Terhambatnya aliran urin karena pembesaran prostat ini bisa mengakibatkan fungsi ginjal dan kandung kemih menjadi terganggu. Gejala utama penyakit pembesaran prostat atau BPH, antara lain:

  • Urin sulit keluar di awal buang air kecil.
  • Perlu mengejan ketika buang air kecil.
  • Lemahnya aliran urin atau tersendat-sendat.
  • Urin menetes di akhir buang air kecil.
  • Buang air kecil terasa tidak tuntas.
  • Frekuensi buang air kecil menjadi lebih sering.
  • Mengalami inkontinensia urin atau beser.

Kemunculan gejala ini terjadi akibat beberapa penyebab pembesaran prostat yang jarang dikenali. Beberapa faktor penyebab pembesaran porstat pada pria adalah berusia di atas 60 tahun, kurang olahraga, memiliki berat badan yang berlebih, menderita penyakit jantung atau diabetes, rutin mengonsumsi obat-obatan tertentu, dan salah satu keluarga memiliki riwayat gangguan prostat.


Penanganan Tepat Pada Penyakit Pembesaran Prostat

Penyebab pembesaran prostat serta gejalanya bisa diketahui setelah melakukan pemeriksaan bersama dokter ahli. Dokter akan mengawali pemeriksaan dengan diagnosis terlebih dahulu. Beberapa pemeriksaan pada pasien penderita pembesaran prostat, adalah sebagai berikut:

  • USG prostat, dilakukan untuk melihat ukuran prostat penderitanya.
  • Tes urin, berguna untuk menyingkirkan kemungkinan adanya infeksi lain.
  • Tes darah, dilakukan untuk memeriksa apa terdapat gangguan pada ginjal.
  • Tes pengukuran kadar antigen guna melihat adanya gangguan pada prostat.

Untuk memastikan apakah pasien menderita pembesaran prostat, dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang lain, yakni mengukur kekuatan urin, jumlah urin yang keluar, memeriksa kemampuan untuk mengosongkan kandung kemih, dan melihat kondisi uretra serta kandung kemih dengan memasukkan selang fleksibel berkamera atau sistoskopi.
 
Penyebab pembesaran prostat bisa diatasi jika gejala masih bersifat ringan. Pengobatan pembesaran prostat juga bergantung pada usia dan kondisi pasien, ukuran prostat, serta tingkat keparahan gejala. Bisa gejala yang dirasakan cukup ringan, penderita pembesaran prostat bisa melakukan penanganan secara mandiri, seperti:

  • Hindari minum apapun dalam satu atau dua jam sebelum tidur.
  • Batasi asupan minuman yang mengandung kafein atau alkohol.
  • Tidak menahan atau menunda buang air kecil terlalu sering.
  • Menjaga berat badan agar tetap idela dengan mengatur pola makan yang sehat.
  • Kelola stres dengan baik dengan menjauhi faktor penyebabnya.


Lakukan Penanganan Bersama Klinik Utama Sentosa

Penyebab pembesaran prostat dan gejala yang diderita oleh pria dapat ditangani dengan melakukan perawatan bersama dokter ahli serta berpengalaman di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan klinik spesialis yang khusus menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Sebelum penanganan dilakukan, Anda dapat berkonsultasi guna mengetahui penyebab pembesaran prostat dan jenis perawatan yang cocok untuk dilakukan.
 
Tak perlu ragu dan khawatir, karena Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan pada biaya perawatan terhadap pasiennya. Proses penyembuhan akan berlangsung dengan cepat karena perawatan dilakukan langsung dokter berpengalaman dan dengan menggunakan peralatan medis canggih serta berteknologi modern. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lebih lanjut, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.