Jum15Mar201913:19

Gejala Prostatitis Pria Berdasarkan Jenisnya

Gejala prostatitis pada pria dapat berbeda-beda berdasarkan jenis penyakit yang dialami. Prostatitis merupakan salah satu infeksi pada kelenjar prostat pria, berupa peradangan. Prostat adalah kelenjar kecil pada pria dan termasuk bagian dari sistem reproduksi. Letak kelenjar ini berada di bawah kandung kemih dan di depan rektum. Kelenjar prostat memiliki fungsi sangat penting sehingga jika terjadi masalah, maka akan mengganggu reproduksi pria.
gejala prostatitis
gejala prostatitis

Gejala Penyakit Prostatitis Berdasarkan Jenisnya

Terdapat beberapa penyebab yang dapat memicu terjadi peradangan pada kelenjar prostat. Faktor risiko yang mengakibatkan penyakit prostatitis, yakni melakukan hubungan seksual yang melibatkan dubur, penggunaan kateter urin dalam jangka waktu panjang, terdapat saluran kandung kemih yang tidak normal, memiliki infeksi pada kandung kemih, dan adanya pembesaran prostat.
 


Meski gejala prostatitis memiliki perbedaan, namun biasanya Anda akan mengalami rasa panas serta ketidaknyamanan pada saluran kemih. Gejala umum lainnya yang mungkin terjadi adalah meningkatnya keinginan buang air kecil terutama saat malam, sakit saat buang air besar atau kecil, sakit pada pinggang serta tulang kemaluan, dan mengalami disfungsi seksual hingga kehilangan libido. Gejala penyakit prostatitis dapat dibedakan berdasarkan jenisnya, antara lain:


• Prostatitis bakteri akut

Gejala prostatitis bakteri ini biasanya berat akibat adanya inflamasi pada prostat. Penderita akan mengalami beberapa gejala, seperti demam, mual, hingga menggigil. Jika gejala prostatitis jenis ini sudah muncul, maka segera lakukan penanganan sebelum menyebabkan komplikasi lain, meliputi infeksi saluran kemih, abses pada prostat, dan menutupnya aliran urin.


• Prostatitis bakteri kronis

Kondisi ini disebabkan karena infeksi saluran kemih yang kambuh serta infeksi telah masuk ke kelenjar prostat. Gejala prostatitis bakteri kronis hampir sama dengan akut, namun lebih ringan dan berubah-ubah intensitasnya. Pada jenis ini, bakteri sulit ditemukan sehingga terkadang penderita akan diberikan obat antibiotik jangka panjang.


• Prostatitis non bakteri kronis

Prostatitis non bakteri kronis sebagian besar dialami oleh pria. Gejala prostatitis jenis ini yang akan terlihat adalah sakit pada kemih dan organ genital selama tiga sampai enam bulan. Penyakit prostatitis ini biasanya disebabkan oleh bakteri infeksi dan terkadang muncul dengan gejala yang membingungkan sehingga sulit dideteksi.

Bagaimana Cara Menangani Penyakit Prostatitis?

Penanganan penyakit prostatitis dilakukan dengan mengonsumsi obat antibiotik sesuai resep dokter. Pemberian obat ini bertujuan untuk merelaksasikan otot-otot prostat. Selain itu, dokter biasanya juga akan meresepkan obat anti nyeri atau anti inflamasi guna mengurangi pembengkakan dan meredakan rasa sakit. Untuk membantu mempercepat penyembuhan penyakit peradangan prostat, Anda bisa melakukan cara sebagai berikut:
 
• Rutin berendam dalam air hangat.
• Lakukan pengobatan akupuntur.
• Berlatih relaksasi otot secara teratur.
• Menggunakan bantal jika duduk lama.
• Hindari makanan pedas, alkohol, dan kafein.


Segera Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Berbagai gejala prostatitis yang muncul dapat ditangani dengan melakukan konsultasi bersama Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin terpecaya di daerah Jakarta. Proses penyembuhan penyakit akan berlangsung cepat karena perawatan dilakukan langsung oleh dokter ahli menggunakan peralatan medis yang telah canggih serta modern.
 
Melakukan penanganan penyakit di Klinik Utama Sentosa, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan. Salah satunya adalah dapat berkonsultasi secara online dan gratis bersama staff medis berpengalaman di bidangnya. Konsultasi ini berguna untuk mengetahui penyebab penyakit serta penanganan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.