Sab15Jun201916:44

Gejala BPH Dan Cara Mencegah Bahayanya

 

Bagi pria yang berusia lanjut, sebaiknya waspada terhadap Gejala BPH yang kondisi pembesaran prostat yang jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan berbagai macam bahaya. Pembesaran prostat jinak atau yang kita kenal juga dengan nama BPH (Benign Prostattic Hyperplasia) merupakan sebuah kondisi yang dialami oleh pria dimana kelenjar prostatnya bengkak. Meski sama-sama penyakit yang perlu diwaspadai, namun Anda jangan khawatir karena BPH yang tidak memiliki sifat kanker.

Gejala BPH
Gejala BPH

BPH merupakan gangguan pada kelenjar prostat yang merupakan salah satu bagian dari alat kelamin pria. Kelenjar prostat ini memiliki fungsi sebagai penghasil cairan yang dapat melindungi sekaligus menyuburkan sel sperma. Kelenjar prostat bertugas untuk menyalurkan cairan semen saat ejakulasi. Saat seseorang mengalami BPH, maka gejala yang mungkin dialami adalah gangguan buang air kecil. Saat kelenjar prostat membesar, maka aktivitas buang air kecil akan sulit untuk dilakukan. Bahkan salah satu gejala yang dialami oleh penderita diantaranya adalah frekuensi buang air yang meningkat terutama pada malam hari.

Apakah Penyebab BPH Pada Pria?


BPH merupakan masalah kesehatan yang sering diderita oleh pria yang berusia di atas 50 tahun. Risiko pria terkena BPH ini semakin meningkat seiring usia yang semakin bertambah. Rata-rata pria penderita BPH adalah mereka yang berumur di atas 50 tahun. Sebenarnya BPH ini masih belum diketahui secara pasti penyebabnya. Namun diduga bahwa adanya faktor pertumbuhan sel serta perubahan pada hormon adalah penyebabnya. Kondisi akibat genetik juga bisa jadi salah satu pemicunya.


Selain penyebab yang belum diketahui pasti, seorang pria berisiko terkena dan mengalami gejala BPH jika memiliki beberapa faktor seperti berikut ini :

• Berasal dari keluarga yang memiliki riwayat terkena BPH.
• Etnis, mereka yang merupakan pria berkulit hitam memiliki risiko lebih terkena pembesaran kelenjar prostat dibandingkan dengan pria berkulit putih.
• Kondisi kesehatan, pria yang menderita penyakit jantung, diabetes, mauoun gangguan peradaran darah biasanya jauh lebih rentan terkena BPH.
• Faktor gaya hidup yang kurang sehat.
• Mengalami disfungsi ereksi.

Gaya hidup kurang sehat yang dapat menyebabkan adanya obesitas merupakan salah satu faktor pendukung terjadinya gangguan BPH. Rajin berolahraga untuk menjaga tubuh selalu aktif merupakan salah satu hal yang diperlukan jika ingin terhindar dari gejala BPH.

Gejala BPH
Gejala BPH

Tanda dan Gejala Adanya Gangguan BPH


Gangguan BPH ditandai dengan berbagai gejala BPH seperti di bawah ini, yang untuk dapat menyembuhkannya tentu diperlukan tindakan pengobatan yang cepat dan tepat.

• Urin maupun air sperma terdapat darah maupun nanah.
• Rasa perih saat buang air kecil.
• Rasa sakit saat ejakulasi maupun ketika buang air kecil.
• Gangguan buang air kecil seperti kesulitan mengendalikan aktivitas berkemih baik siang maupun malam hari.
• Sering mengalami masalah urinasi.
• Demam yang disertai menggigil atau nyeri pada tubuh.
• Sakit pada punggung bagian bawah.


Mencegah Bahaya Akibat BPH

Jika tanda maupun gejala BPH mulai anda rasakan, maka segeralah datang ke klinik untuk menemui dokter dan melakukan pemeriksaan dan mengobati gangguan BPH. Selain langkah cepat tanggap yang bisa dilakukan, salah satu cara untuk mencegah gangguan BPH tentu saja dengan menghindari faktor penyebab bahaya BPH seperti yang telah disebutkan sebelumnya.
 
Memperbaiki gaya hidup agar lebih aktif dan sehat merupakan cara terbaik untuk mencegah adanya gejala BPH yang hanya dialami oleh pria. Pada usia tua, tetap aktif berkatifitas dapat menjadi salah satu cara agar kondisi kesehatan tetap sehat dah terhindar dari berbagai gangguan kesehatan termasuk BPH. Sedangkan, untuk pengobatannya dapat dilakukan dengan cara datang ke Klinik Utama Sentosa. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait gangguan BPH, silahkan datang langsung ke klinik untuk berkonsultasi dengan dokter kami. Konsultasi juga bias dilakukan melalui layanan hotline kami di nomor 081366657878.