Sab16Feb201911:09

Gangguan Prostat Pada Pria, Apa Penyebabnya?

Gangguan prostat pada pria merupakan salah satu penyakit yang cukup sering dialami oleh pria. Fungsi kelenjar prostat pada pria adalah mengeluarkan cairan yang berguna untuk menyuburkan dan melindungi cairan sperma. Pada umumnya, prostat hanya seukuran biji kenari dan akan semakin membesar seiring bertambahnya usia seorang pria. Namun, jika prostat terlalu besar biasanya dapat menyebabkan munculnya gangguan pada kesehatan.

gangguan prostat pada pria
gangguan prostat pada pria

Beberapa Penyakit Prostat Pada Pria

Terdapat berbagai faktor yang menjadi penyebab adanya gangguan prostat pada pria. Penyakit prostat pada pria dipicu oleh beberapa faktor yang terkadang tidak diketahui dan disadari oleh penderitanya. Sebagai tindak pencegahan, Anda harus mengetahui penyebab prostat sehingga dapat membantu untuk merencanakan penanganan yang tepat. Beberapa penyebab gangguan prostat pada pria yang perlu di ketahui, antara lain:


• Benign Prostatic Hyperplasia
 
Benign prostatic hyperplasia atau pembesaran prostat jinak terjadi ketika kelenjar prostat pada pria membesar. Hal ini mengakibatkan saluran kemih menyempit dan menyebabkan otot kandung kemih menjadi tebal. Jika dibiarkan dinding kemih akan melemah dan mengalami kesulitan dalam mengeluarkan urin dari kandung kemih. Beberapa gejala lain dari gangguan prostat pada pria akibat pembengkakan ini adalah aliran urin yang tersendat-sendat, merasa tidak tuntas setelah buang air kecil, dan keinginan buang air kecil meningkat terutama saat malam hari.


• Prostatitis

Penyebab gangguan prostat pada pria lainnya, yakni peradangan pada kelenjar prostat atau biasa disebut prostatitis. Prostatitis biasanya disebabkan oleh bakteri yang berasal dari infeksi saluran kemih atau penyakit menular seksual. Gejala yang akan dirasakan penderitanya adalah merasakan nyeri serta perih ketika buang air kecil, keluarnya urin yang disertai dengan darah, sakit ketika ejakulasi, keinginan buang air kecil meningkat terutama pada malam hari, dan mengalami disfungsi seksual atau kehilangan libido.
 

• Kanker prostat

Kanker prostat pada pria disebabkan karena adanya pertumbuhan sel secara abnormal di kelenjar prostat. Terdapat beberapa faktor yang meningkatkan risiko seseorang terkena kanker prostat, yakni faktor usia, riwayat keluarga, dan kelebihan berat badan atau obesitas. Pada tahap awal, penyakit kanker prostat tidak menunjukkan gejala yang jelas. Gejala baru akan terasa jika sudah memasuki stadium lanjut, seperti kesulitan buang air kecil, melemahnya aliran urin, nyeri pada tulang serta ketidaknyaman di area panggul, dan terdapat darah pada urin atau air mani.


PENYEBAB PENYAKIT PROSTAT PADA PRIA*

Bagaimana Cara Menangani Gangguan Prostat

Kesehatan prostat dapat dijaga dengan rajin mengonsumsi buah serta sayur, memilih makanan yang kaya akan vitamin atau mineral, rutin berolahraga, dan mempertahankan berat badan yang ideal. Jika mengalami gangguan pada prostat, segera lakukan pemeriksaan dengan dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Gejala prostat pada tahap awal dapat disembuhkan dengan mudah menggunakan pengobatan oral.
 
Namun, jika sudah ditemukan adanya komplikasi atau bahaya akibat penyakit prostat ini maka dokter akan melakukan tindak penanganan lanjutan. Biasanya, dokter akan memberikan pilihan berupa tindak operasi. Operasi dilakukan dengan bedah terbuka atau bedah tertutup menggunakan alat endoskopi.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Penyebab gangguan prostat pada pria dapat disembuhkan dengan melakukan pemeriksaan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Melakukan penanganan penyakit di klinik ini, Anda akan mendapatkan kesembuhan secara cepat karena langsung ditangani oleh dokter ahli yang telah berpengalaman dan berkompeten di bidangnya.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan penanganan terbaik dengan menyediakan layanan konsultasi secara online dan gratis. Melalui konsultasi ini, pasien dapat mengetahui penyebab penyakit secara pasti dan jenis perawatan apa yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.