Min09Jun201911:00

Ciri Ciri Sakit Prostat yang Perlu Diketahui


Ciri ciri sakit prostat dapat berbeda bergantung pada jenis yang dialami penderitanya. Gangguan prostat merupakan penyakit yang cukup umum dialami oleh pria dengan usia di atas 50 tahun. Seorang pria memiliki kelenjar prostat yang terletak di bawah kandung kemih dan mengelilingi saluran kencing atau uretra. Kelenjar ini memiliki fungsi untuk mengeluarkan campuran cairan dan enzim yang diperlukan oleh sperma agar tetap sehat.
ciri ciri sakit prostat
ciri ciri sakit prostat

Gejala Penyakit Prostat Berdasarkan Jenisnya

Secara umum, terdapat tiga jenis gangguan prostat yang biasanya menyerang pria. Ciri ciri sakit prostat akan berbeda-beda pada setiap jenis yang dialami. Beberapa jenis gangguan pada kelenjar prostat yang harus Anda ketahui, adalah sebagai berikut:


• Benign prostatitic hyperplasia atau BPH

Jenis penyakit prostat yang biasa dikenal dengan nama pembesaran prostat jinak ini disebabkan karena membengkaknya kelenjar prostat. Ciri ciri sakit prostat jenis ini adalah sulitnya buang air kecil, aliran urin tersendat, merasa tidak tuntas usai berkemih, dan merasa ingin buang air kecil saat malam hari.


• Radang kelenjar prostat atau prostatitis

Prostatitis merupakan peradangan yang terjadi akibat adanya infeksi bakteri dari saluran kemih atau penyakit menular seksual. Biasanya, ciri ciri sakit prostat yang akan dirasakan penderita berupa sensasi nyeri ketika berkemih, terdapat darah saat buang air kecil, sulit untuk mengeluarkan urin, dan kehilangan libido.

• Kanker prostat

Penyebab munculnya kanker prostat masih belum diketahui secara pasti, namun terdapat ciri ciri yang menandakan penyakit ini. Beberapa ciri ciri sakit prostat jenis ini, seperti kesulitan buang air kecil, menurunnya aliran urin, tulang terasa nyeri, rasa tidak nyaman di area panggul, dan keluarnya darah bersamaan dengan urin atau air mani.

Simak, Metode Penyembuhan Sakit Prostat Berikut

Penanganan untuk menghilangkan ciri ciri sakit prostat adalah mengonsumsi obat sesuai resep dokter. Selain itu, dokter biasanya juga menyarankan beberapa tips pencegahan agar proses penyembuhan berlangsung dengan cepat. Tindak pencegahan yang bisa Anda lakukan terhadap sakit pada prostat, antara lain:


• Menerapkan pola hidup sehat

Pola hidup sehat bisa Anda lakukan sebagai tindak pencegahan terhadap berbagai jenis sakit prostat. Pola hidup sehat dapat diawali dnegan rutin mengonsumsi buah-buahan yang guna mencegah faktor pemicu yang menyebabkan penyakit pada prostat.
 

• Cukupi kebutuhan vitamin

Vitamin dapat membantu mendorong sistem kekebalan tubuh serta menghilangkan racun penyebab kanker atau karsinogenik. Selain itu, perbanyak pula konsumsi makanan sehat dengan kandungan tertentu yang mampu mengurangi gejala gangguan prostat.


• Periksa kesehatan secara rutin

Dalam mengantisipasi munculnya rasa sakit pada prostat, Anda harus rutin memeriksakan kondisi kesehatan dengan dokter. Gejala penyakit prostat yang dibiarkan dapat memperparah kondisi kesehatan sehingga penanganan harus segera dilakukan.

 


Segera Lakukan Konsultasi di Klinik Utama Sentosa

Cara terbaik menyembuhkan ciri ciri sakit prostat adalah berkonsultasi dengan dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan konsultasi di klinik ini, Anda akan mendapatkan kesembuhan penyakit secara optimal karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya.
 
Klinik Utama Sentosa memiliki fasilitas lengkap sehingga membuat pasien merasakan kepuasaan setelah perawatan maupun pemeriksaan rutin. Salah satu fasilitas yang menjadi unggulan klinik ini adalah layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi, pasien dapat mengetahui penyebab penyakit lebih detail dan jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.