Sen31Des201809:59

Cara Pencegahan Prostatitis

Pencegahan prostatitis pada pria yang paling tepat, yakni dengan menjaga asupan cairan dalam tubuh. Prostatitis atau peradangan prostat terjadi akibat infeksi yang terjadi di kelenjar prostat pria. Kelenjar prostat berada di bawah kandung kemih dan berfungsi sebagai penghasil cairan semen. Selain itu, fungsi lain dari kelenjar ini, yaitu memberikan nutrisi pada sperma serta saluran yang dapat menyalurkan cairan sperma keluar tubuh.

pencegahan prostatitis
pencegahan prostatitis

Faktor Risiko Prostatitis Beserta Pencegahannya

Peradangan pada prostat umumnya disebabkan oleh faktor risiko yang dapat memicu. Untuk itu, pencegahan prostatitis adalah dengan menghindari beberapa faktor risiko penyebab terjadinya infeksi. Faktor risiko yang berpotensi menyebabkan peradangan prostat pada pria, adalah sebagai berikut:

• Pernah mengalami infeksi prostat sebelumnya.
• Memiliki pengalaman trauma pada pelvis.
• Adanya faktor stres dan genetik atau keturunan.
• Pria dengan usia muda atau setengah baya.
• Menggunakan kateter urin dalam jangka panjang.
• Memiliki penyakit HIV/AIDS positif.
• Pernah menjalani biopsi pada prostat.

Pada masalah ini, metode pencegahan prostatitis adalah dengan menghindari penyakit menular seksual, tidak melakukan aktivitas yang menyebabkan cedera pada pangkal paha, dan kurangi kegiatan bersepeda yang mungkin mengakibatkan cedera ringan. Selain itu, pencegahan prostatitis yang diakibatkan oleh infeksi menular seksual, yakni dengan tidak berhubungan seksual sembarangan dan menggunakan pelindung atau kondom saat berhubungan intim.

Penanganan Tepat Pada Peradangan Prostat

Jika pencegahan prostatitis tidak mengurangi gejala yang muncul, maka penanganan bersama dokter ahli harus segera dilakukan. Penanganan peradangan prostatitis dilakukan berdasarkan faktor penyebabnya. Dokter akan memberikan beberapa pilihan pengobatan sebagai tindak pencegahan prostatitis, seperti:


• Antibiotik

Antibiotk yang diberikan pada penderita prostatitis biasanya dalam bentuk oral atau minum. Namun, jika penderita mengalami kondisi peradangan yang cukup berat, maka pemberian antibiotik harus dilakukan dengan injeksi.


• Obat anti nyeri

Obat anti nyeri atau anti inflamasi diberikan pada pasien guna mengurangi rasa nyeri, menurunkan demam, dan membuat kondisi pasien lebih nyaman. Obat ini juga bisa digunakan untuk mengurangi pembengkakan pada prostat.
 
Penanganan prostatitis dengan obat terkadang tidak cukup. Karena itu, penanganan secara alami bisa dilakukan guna membantu mempercepat proses penyembuhan. Beberapa cara alami yang dapat membantu mengatasi peradangan pada prostatitis, meliputi:


• Berendam dalam air hangat.
• Melakukan latihan relaksasi.
• Menggunakan bantalan duduk.
• Lakukan pengobatan akupuntur.
• Tidak mengonsumsi alkohol.
• Kurangi konsumsi minuman berkafein.

Pasien penderita prostatitis bisa melakukan beberapa hal dalam membantu meredakan gejala yang muncul. Salah satunya adalah mengurangi konsumsi makanan pedas atau asam. Selain itu, Anda juga akan disarankan untuk memperbanyak minum air putih. Air putih memiliki manfaat, yakni membantu tubuh membuang bakteri di dalam kelenjar prsotat melalui buang air kecil. Cara lain untuk menghindari gejala yang mungkin bertambah parah, yaitu dengan menghindari aktivitas penyebab iritasi pada prostat, seperti duduk terlalu lama dan bersepeda.

Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Penanganan pada prostat yang meradang bisa Anda lakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik ini dilengkapi dengan peralatan canggih serta modern sehingga dapat membantu mempercepat tindak perawatan. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan karena layanan medis yang ditawarkan diberikan secara maksimal.
 
Klinik Utama Sentosa memiliki banyak keunggulan, salah satunya fasilitas konsultasi secara online serta gratis. Anda juga tidak perlu khawatir mengenai biaya perawatan, karena sangat terjangkau dan cocok untuk segala kalangan. Hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878. Segera lakukan konsultasi mengenai penyakit kulit dan kelamin Anda bersama Klinik Utama Sentosa.