Min21Apr201909:33

Cara Mengatasi Pembesaran Kelenjar Prostat

Cara mengatasi pembesaran kelenjar prostat atau perawatan diperlukan jika prostat yang membesar menyebabkan gejala. Beberapa pilihan perawatan dapat membantu mengurangi keparahan gejala prostat yang muncul dan membesar.
Cara Mengatasi Pembesaran Kelenjar Prostat
Cara Mengatasi Pembesaran Kelenjar Prostat
Pria yang mengalami gejala harus mencari pilihan yang tersedia bersama dokter. Obat-obatan, opsi bedah, dan pengobatan dirumah serta perubahan gaya hidup sehat merupakan bagian dari cara mengatasi pembesaran kelenjar prostat.

Pria yang lebih tua cenderung memiliki prostat yang lebuh besar daripada pria yang lebih muda, sebab prostat terus tumbuh seiring bertambahnya usia. Pembesaran kelenjar prostat yang bukan kanker juga dikenal dengan benign prostatic hyperplasi (BPH).

BPH dapat menyebabkan masalah dengan buang air kecil serta beberapa perawatan dapat menyebabkan masalah seksual san efek samping lainnya.



Efek dari pembesaran kelenjar prostat

Pria dengan pembesaran kelenjar prostat bertanya-tanya dalam hati bagaimana hal itu akan mempengaruhi kehidupan seksualnya, duduk di sudut kamar tempat tidur. Prostat yang membesar mungkin akan memiliki sejumlah efek pada kesehatan, termasuk kehidupan seksual. Prostat yang membesar secara langsung mempengaruhi kemampuan pria untuk buang air kecil. Efek lain, termasuk:

• Sering buang air kecil.
• Perasaan tidak mengosongkan kandung kemih sepenuhnya.
• Dorongan kuat untuk buang air kecil.
• Aliran air urin yang lemah.

Masalah prostat juga dapat menyebabkan masalah seksual. Tingkat masalah seksual seksual bervariasi sesuai dengan kondisi prostat. Beberapa efek samping prostat pada hubungan seksual, termasuk:

• Masalah pada disfungsi ereksi (DE).
• Mengurangi kepuasan seksual.
• Masalah dalam mempertahankan ereksi.
• Penurunan libido.

Baca Juga: Bahaya Prostat Jika DIbiarkan* Klik Disini

Penyebab dan gejala pembesaran kelenjar prostat

Prostat adalah kelenjar yang berbentuk kenari terletak di bawah saluran keluar kandung kemih. Fungsi utamanya adalah untuk menghasilkan cairan yang melindungi serta memperkaya sperma. Seiring pertamabahan usia, adalah normal bagi kelenjar prostat untuk membesar secara bertahap dan diduga disebabkan perubahan hormon.

Pembesaran prostat dapat menyebabkan kesulitan buang air kecil dan menyebabkan masalah dengan kandung kemih serta ginjal. Saat kelenjar prostat membesar, ia mempersulit uretra dan menghalangi aliran urin. Prostat yang membesar, jika parah dapat menyebabkan:

• Cadangkan urin ke dalam ginjal.
• Pembesaran dan penebalan kandung kemih.
• Batu kandung kemih.
• Infeksi saluran kemih (ISK).
• Pendarahan dari uretra.
• Ketidakmampuan sama sekali untuk buang air kecil.



Pengobatan

Beberapa pilihan perawatan sebagai cara mengatasi pembesaran kelenjar prostat dapat membantu mengurangi keparahan gejala prostat yang membesar. Seorang pria yang mengalami gejala harus mencari pilihan yang tersedia.

BPH merupakan kondisi progresif, yang berarti jika seorang penderita tidak mendapatkan cara mengatasi pembesaran kelenjar prostat yang tepat, gejalanya akan memburuk dari waktu ke waktu. Perawatan prostat yang membesar meliputi peningkatan aktivitas fisik.

Meningkatkan aktivitas fisik dapat membantu mengelola gejala pembesaran prostat dan bagian dari cara mengatasi pembesaran kelenjar prostat yang dapat Anda lakukan di rumah. Tahap utama peraeatan BPH disebut watchful waiting.

Jika saat ini Anda sedang mengalami pembesaran kelenjar prostat, segera kunjungi dokter ahli untuk segera mendapatkan perawatan yang aman dan efektif hingga tuntas. Klinik Utama Sentosa adalah klinik kulit kelamin yang khusus menangani penyakit kelamin. memiliki dokter ahli profesional terlatih yang sudah berpengalaman dibidangnya.

Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru untuk menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas. Memberikan perawatan medis prima yang akurat, perawatan terarah dan berkualitas yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lain terkait cara mengatasi pembesaran kelenjar prostat, konsultasi langsung secara online gratis dengan tenaga medis profesional kami, atau hubungi kami di 081366657878.