Sel14Mei201916:24

Bisakah Prostatitis Sembuh Dalam Waktu Singkat?

Prostatitis sembuh setelah melakukan pemeriksaan fisik bersama dokter yang telah berpengalaman. Prostatitis atau peradangan pada prostat merupakan inflamasi yang terjadi pada kelenjar prostat pria. Prostat merupakan kelenjar seks pria yang terletak di bawah kandung kemih dan mengelilingi uretra atau saluran kencing. Kelenjar ini berfungsi untuk mengeluarkan campuran cairan dan enzim yang berguna bagi sperma.
prostatitis sembuh
prostatitis sembuh

Gejala Penyakit Prostatitis Berdasarkan Jenisnya

Terdapat beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan seseorang mengalami penyakit radang prostat atau prostatitis. Beberapa penyebab seseorang bisa menderita penyakit prostatitis adalah karena mengalami infeksi saluran kemih, memiliki riwayat prostatitis sebelumnya, menggunakan kateter urin dalam waktu yang lama, menderita penyakit HIV/AIDS, pernah melakukan biopsi prostat, dan karena mengalami cedera pada daerah panggul serta lipat paha.
 
Dapatkah prostatitis sembuh masih banyak dipertanyakan oleh penderitanya. Penyakit prostatitis sembuh dengan mudah jika penanganan dilakukan segera setelah muncul gejala awal. Namun, gejala penyakit biasanya akan berbeda-beda sesuai dengan jenis infeksi yang terjadi. Beberapa gejala yang perlu Anda ketahui jika ingin prostatitis sembuh melalui penanganan dokter, adalah sebagai berikut:



• Prostatitis bakteri akut

Gejala prostatitis bakteri akut biasanya akan muncul dengan cepat, seperti demam, menggigil, nyeri pada persendian, tubuh terasa pegal, aliran urin melemah, nyeri ketika berkemih, nyeri pada punggung bagian bawah, nyeri di pangkal penis, dan selalu terasa ingin buang air besar.


• Prostatitis bakteri kronis

Pada prostatitis jenis ini, gejala yang akan dirasakan penderitanya adalah selalu ingin buang air kecil, nyeri punggung bawah, sakit saat buang air kecil, terasa berat di daerah belakang skrotum, terdapat darah pada cairan semen, dan nyeri ketika berejakulasi.


• Prostatitis non bakteri kronis

Biasanya, tipe prostatitis ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang memunculkan gejala berupa sakit pada kemih dan genital selama tiga hingga enam bulan. Gejala ini sering menimbulkan kesalahpahaman karena mirip dengan interstitial cystitis atau peradangan kronis kandung kemih.


Berikut, Metode Penyembuhan Penyakit Prostatitis

Agar prostatitis sembuh, penanganan penyakit harus segera dilakukan saat gejala awal muncul. Sebelum pengobatan, dokter biasanya akan mendiagnosis penyakit dengan melakukan beberapa metode pemeriksaan, seperti tes darah, tes urin, prostatic massage, dan pemindai. Kegunaan dari pemeriksaan lanjutan ini, antara lain:
 
• Tes darah, berguna untuk mendeteksi tanda infeksi seperti hitung darah lengkap atau kultur kuman dari darah.
 
• Tes urin, bertujuan untuk memeriksa tanda-tanda infeksi dan pertumbuhan kuman serta jenis yang tumbuh.
 
• Prostatic massage, dilakukan untuk memperoleh cairan sekresi dari prostat guna menganalisis jenis infeksinya.
 
• Pemindaian, dilakukan dengan USG atau CT Scan guna memperoleh gambaran visual dari prostat sehingga mudah didiagnosis.

Penanganan tepat supaya prostatitis sembuh dalam waktu singkat bisa Anda lakukan bersama dokter. Dokter biasanya akan memberikan obat sesuai dengan jenis penyakit, penyebab yang mendasari dan tingkat keparahannya. Selain itu, penderita prostatitis juga disarankan untuk melakukan beberapa pencegahan, seperti kurangi konsumsi makanan pedas atau asam, perbanyak minum air putih, dan hindari aktivitas yang dapat menyebabkan iritasi pada prostat.


Konsultasikanlah Penyakit Anda Bersama Klinik Utama Sentosa

Untuk mengetahui dapatkah prostatitis sembuh, segera konsultasikan dengan dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan di daerah Jakarta yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin. Anda dapat melakukan konsultasi secara online dan gratis bersama staf medis yang telah berpengalaman di bidangnya. Konsultasi ini bertujuan untuk mengetahui penyebab penyakit dan jenis perawatan yang cocok.
 
Selain konsultasi, Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan biaya pada pasien sehingga tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan. Proses penyembuhan penyakit berjalan dengan mudah dan cepat karena ditangani langsung oleh dokter ahli dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern. Untuk informasi lebih lanjut, lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.