Sab20Apr201914:20

Berikut, Penyebab Pembesaran Prostat Jinak

Penyebab pembesaran prostat jinak tidak diketahui, namun diyakini terkait perubahan hormon saat pria semakin tua. Keseimbangan hormon di dalam tubuh berubah seiring dengan pertambahan usia serta ini dapat menyebabkan kelenjar prostat tumbuh.
Berikut, Penyebab Pembesaran Prostat Jinak
Berikut, Penyebab Pembesaran Prostat Jinak
Kelenjar prostat terletak di bawah kandung kemih, tabung yang mengangkut urin dari kandung kemih keluar penis (uretra) melewati pusat prostat. Saat prortat membesar, hal ini mulai menghalangi urin.

Kebanyakan pria melanjutkan pertumbuhan prostat sepanjang hidup. Pada banyak pria, pertumbuhan berkelanjutan memperbesar prostat cukup untuk menyebabkan gejala-gejala kemih atau secara signifikan menghalangi urin.

Faktor risiko yang berkontribusi sebagai penyebab pembesaran prostat jinak adalah penuaan pembesaran kelenjar prostat, sejarah keluarga, diabetes dan penyakit jantung, gaya hidup seperti obesitas meningkatkan risiko BPH, sementara olahraga dapat menurunkan risiko.

Benign prostatic hyperplasia (BPH) juga disebut pembesaran prostat adalah kondisi umum yang terjadi kepada pria yang semakin tua. Kelenjar prostat membesar dapat menyebabkan gejala kemih yang tidak nyaman, seperti menghalangi urin keluar dari kandung kemih. Dapat menyebabkan masalah kandung kemih, saluran kemih atau ginjal.



Gejala

Tingkat keparahan gejala pada penderita pembesaran prostat jinak bervariasi, namun gejala cenderung bertahap dari waktu ke waktu. Tanda dan gejala BPH yang umum meliputi:

• Kebutuhan buang air kecil sering atau mendesak.
• Peningkatan frekuensi buang air kecil di malam hari.
• Kesulitan untuk memulai buang air kecil.
• Aliran air seni yang lemah.
• Ketidakmampuan mengosongkan kandung kemih.
• Darah dalam urin.

Kapan saya harus menemui dokter? Bahkan jika gejala yang Anda alami ringan, segera temui dokter sebab hal ini dapat disebabkan suatu kondisi yang penting untuk diselidiki. Setiap darah dalam urin harus diperiksa untuk mengesampingkan kondisi lain yang lebih serius.

Baca Juga: Gejala Pembesaran Prostat Pada Pria! Klik Disini

Diagnosis dan pengobatan

Untuk mengetahui apakah kelenjar prostat membesar dan untuk mengetahui penyebab pembesaran prostat, perlu melakukan beberapa tes. Beberapa tes akan dilakukan dokter, diantaranya:

Tes urin. Menganalisis sampel urin dapat membantu menyingkirkan infeksi atau kondisi lain yang dapat menyebabkan kondisi yang saman.

Tes darah. Hasilnya dapat mengindisikan masalah ginjal. Tes darah antigen spesifik prostat (PSA). PSA merupakan zat yang diproduksi prostat. Tingkat PSA meningkat saat memiliki pembesaran prostat.

Berbagai macam perawatan tersedia untuk pembesaran prostat, termasuk dengan obat-obatan, terapi minimal dengan operasi. Pilihan perawatan terbaik dan efektif tergantung pada beberapa faktor, yaitu:
• Penyebab pembesaran prostat itu sendiri.
• Ukuran prostat dan usia.
• Kesehatan penderita secara keselurahan.
• Jumlah ketidaknyamanan atau gangguan yang dialami.
• Jika gejala tidak dapat ditoleransi, sebaiknya untuk tidak menunda perawatan.



Pembesaran prostat? Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kulit kelamin yang khusus menangani penyakit menular seksual (PMS), Andrologi dan Ginekologi. Memiliki dokter ahli kelamin profesional yang terlatih dibidangnya, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Jika saat ini Anda mengalami pembesaran prostat jinak dan ingin mengetahui apa yang menjadi penyebab pembesaran prostat, kunjungi Klinik Utama Sentosa sekarang juga.

Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru untuk menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas. Memberikan perawatan medis prima yang akurat, perawatan terarah dan berkualitas yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lain terkait penyebab pembesaran prostat jinak, konsultasi langsung secara online gratis dengan tenaga medis profesional kami, atau hubungi kami di 081366657878.