Sab05Jan201910:33

Bahaya Penyakit Prostat

 

Gangguan prostat adalah satu diantara beberapa penyakit yang dialami oleh para pria. Prostat adalah kelenjar sistem reproduksi pada pria yang membungkus saluran kemih. Kelenjar prostat memiliki fungsi untuk mengeluarkan cairan yang menyuburkan dan melindungi sel sperma pada pria. Ukuran normal prostat sebesar biji kenari, seiring pertambahan usia prostat akan semakin membesar. Prostat yang terlalu besar atau mengalami masalah, akan menimbulkan gangguan pada kesehatan.

bahaya penyakit prostat
bahaya penyakit prostat

 

Faktor penyebab penyakit prostat

Beberapa faktor yang menyebabkan penyakit prostat adalah:

  1. Faktor keturunan

Keturunan atau disebut dengan faktor genetik, biasanya terjadi karena salahsatu anggota dalam keluarga ada yang memilki riwayat penyakit prostat. Jenis yang seperti ini dapat memicu penyakit prostat.

  1. Kebiasaan merokok

Faktor yang meningkatkan terjadinya penyakit prostat adalah kebiasaan merokok atau perokok aktif. Kebiasaan ini dapat memicu dan mendatangkan berbagai macam penyakit, diantaranya adalah penyakit prostat.

  1. Jarang melakukan kegiatan olahraga

Faktor penyebab penyakit prostat lainnya adalah jarang melakukan aktivitas olahraga. Olahraga yang dilakukan secara rutin dapat mencegah terjadinya penyakit prostat.

  1. Pola makan yang tidak sehat

Pola makan yang tidak sehat dapat memicu terjadinya penyakit prostat. Sebaiknya biasakan menjaga pola makan agar terhindar dari penyakit ini.

 

Akibat penyakit prostat dibiarkan

Penyakit prostat adalah salah satu penyakit kelenjar yang terdapat pada kantung kemih di depan rektum yaitu pada saluran yang berfungsi membawa urin dari kandung kemih menuju penis. Beberapa bahaya akibat penyakit prostat, antara lain:

  • Gangguan seksual. Penyakit prostat dapat memicu menurunnya fungsi seksual dan memicu munculnya berbagai gangguan terhadap aktivitas seksual yang bertahap.
  • Bahaya penyakit prostat ini harus segera mendapatkan penanganan yang tepat, karena pendarahan dapat terjadi pada saat buang air kecil bersamaan dengan cairan darah keluar, disertai adanya rasa sakit atau nyeri serta panas pada saluran kemih.
  • Saat pertumbuhan sel kanker kelenjar prostat sudah menjalar ke bagian tulang belakang, sel yang akan berkembang pesat merusak bagian tulang belakang akan berisiko terjadinya komplikasi seperti pinggul bagian atas tidak nyaman, muncul rasa nyeri pada saat ejakulasi.

Mengenal gejala penyakit prostat

Beberapa gejala yang akan dirasakan penderita penyakit prostat, adalah:

  • Gangguan ereksi karena prostat sudah membengkak dan membesar.
  • Sering buang air kecil, dalam sehari berkisar 10-20 kali.
  • Nyeri pada bagian perut terutama saat menahan buang air kecil.
  • Merasa tidak puas pada saat buang air kecil.
  • Tergesa-gesa berkemih sebab tidak bisa ditahan
  • Rasa sakit pada saat ejakulasi.

 

Jenis-jenis penyakit prostat
  • Prostatitis

Penyakit prostatitis merupakan kondisi dimana kelenjar prostat mengalami peradangan atau inflamasi. Penyakit prostatitis sering terjadi pada pria yang lebih muda. Prostatitis disebabkan oleh infeksi bakteri yang berasal dari infeksi saluran kemih (ISK) atau penyakit menular seksual. Akan tetapi dalam beberapa kasus penyebab penyakit prostatitis tidak diketahui dengan pasti.

  • Kanker prostat

Kanker prostat kondisi dimana sel yang ada dalam prostat tumbuh membelah secara tidak normal (abnormal) mengakibatkan tumor. Beberapa faktor yang akan meningkatkan risiko terkena kanker prostat adalah faktor usia, obesitas dan riwayat keluarga. Kanker prostat pada umumnya tidak menimbulkan gejala pada saat stadium awal. Tapi, pada saat stadium lanjut gejala akan muncul berupa penurunan aliran urin, kesulitan saat buang air kecil, nyeri tulang dan merasa tidak nyaman pada area panggul dan darah pada urin serta air mani.

  • Benign prostatic hyperplasia (BPH)

BPH atau dikenal dengan pembesaran prostat jinak terjadi saat kelenjar prostat membesar, menyebabkan saluran kemih menyempit. Hal ini menyebabkan otot pada kandung kemih menebal. Lambat laun, dinding pada kandung kemih akan lemah sehingga mengalami kesulitan untuk mengeluarkan urine.

BPH umum terjadi seiring pertambahan usia. Kondisi ini terjadi karena perubahan kadar hormon seksual akibat proses penuaan pada seseorang.

 

>>KONSULTASI ONLINE 24 JAM HANYA DI KLINIK UTAMA SENTOSA<<



Bagaimana cara mengatasi penyakit prostat?

Jika saat ini Anda mengalami gejala penyakit prostat sebagaimana yang telah dijelaskan, maka sebaiknya segera konsultasikan diri Anda untuk mendapatkan penanganan dengan tepat. Tidak menunda melakukan pemeriksaan dan pengobatan adalah hal yang terbaik bagi Anda. Karena menunda pengobatan akan menyebabkan prostat semakin membesar dan akan memperparah penyakit.

Konsultasikan pada dokter terlebih dahulu tentang gejala yang Anda alami, dokter tentu lebih mengetahui langkah dan metode pengobatan yang tepat bagi Anda.

 
SIMAK GANGGUAN PENYAKIT PADA PROSTAT* KLIK DISINI

Konsultasikan keluhan Anda pada dokter Klinik Utama Sentosa

Mengalami beberapa gejala penyakit prostat dan tidak mengetahui tindakan apa yang harus Anda lakukan untuk mengatasinya? Silahkan konsultasikan keluhan Anda bersama kami di Klinik Utama Sentosa. Dokter Klinik Utama Sentosa akan memberikan pelayanan dan perawatan intensif bagi Anda hingga penyakit benar-benar sembuh dan Anda terbebas dari penyakit prostat.

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kelamin mengatasi setiap penyakit kelamin ssperti penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS), Andrologi (laki-laki) dan Ginekologi (Perempuan). Memiliki dokter ahli yang sudah berpengalaman dan profesional serta di dukung peralatan medis modern yang canggih sehingga membantu mempercepat proses penyembuhan dengan biaya yang relatif terjangkau.

Klinik Utama Sentosa berada di Jakarta, Indonesia. Bukan klinik umum, dokter di Klinik Utama Sentosa sudah banyak mengatasi penyakit yang sama seperti Anda dan hasilnya berhasil sampai sembuh, Anda tidak perlu malu untuk konsultasi terkait penyakit yang Anda alami saat ini.

Klinik Utama Sentosa dengan lokasi yang strategis, sehingga mudah untuk di akses bagi Anda yang berada di dalam dan luar kota Jakarta yang ingin melakukan pengobatan. Memberikan pelayanan medis intensif, karena kenyamanan, kesehatan serta kesembuhan penyakit setiap pasien adalah prioritas utama bagi kami.

 

Untuk informasi lebih lanjut terkait penyakit kelamin yang Anda alami, silahkan hubungi kami dan konsultasi langsung pada dokter Klinik Utama Sentosa di Nomor 0813 6665 7878.