Sab16Feb201911:40

Bagaimana Penanganan Pada Kelenjar Prostat Bengkak?

Kelenjar prostat bengkak dapat menyebabkan dinding kandung kemih menebal dan melemah. Hal ini akan mengakibatkan hilangnya kemampuan untuk mengeluarkan urin dari kandung kemih. Membengkaknya kelenjar prostat atau biasa disebut dengan Benign Prostate Hyperplasia ini lebih sering dialami oleh pria di usia 50-an. Namun, tidak menutup kemungkinan terjadi pada pria usia muda akibat pola hidup yang tidak sehat.
kelenjar prostat bengkak
kelenjar prostat bengkak

Gejala Umum Akibat Pembengkakan Kelenjar Prostat

Tanda atau gejala utama dari penyakit kelenjar prostat bengkak, dapat berupa kesulitan untuk buang air kecil maupun menghentikan aliran urin saat kencing. Gejala ini terjadi karena adanya tekanan pada kandung kemih dan uretra ketika kelenjar prostat membesar. Beberapa gejala akibat kelenjar prostat bengkak lainnnya yang menyertai, antara lain:



• Urin yang keluar kadang disertai dengan darah.
• Aliran air urin yang dikeluarkan tersendat-sendat.
• Adanya rasa sakit dan nyeri ketika buang air kecil.
• Keinginan untuk buang air kecil meningkat.
• Merasa tidak tuntas seusai buang air kecil.
• Mengalami inkontinensia urin atau beser.
• Mengejan pada waktu buang air kecil.

Meski penyebab kelenjar prostat bengkak belum diketahui secara pasti, namun terdapat beberapa kemungkinan. Salah satu kondisi yang menyebabkan kelenjar prostat bengkak adalah perubahan pada kadar hormon seksual akibat proses penuaan. Terdapat faktor lain yang meningkatkan risiko seseorang terkena pembengkakan prostat jinak, yaitu kurang berolahraga, mengalami kelebihan berat badan, menderita penyakit jantung , efek samping obat-obatan, dan keturunan.


Diagnosis Serta Penanganan yang Dapat Dilakukan

Diagnosis yang dilakukan pada penyakit pembesaran prostat adalah melakukan serangkaian pemeriksaan fisik dan mengecek kondisi kesehatan. Beberapa tes atau pemeriksaan yang dilakukan untuk dokter mendiagnosis penyakit pembengkakan prostat jinak adalah sebagai berikut:
 
• Colok dubur, dilakukan dengan memasukkan jari yang sudah diberi pelumas ke dalam rektum guna merasakan dan memeriksa ukuran prostat.
 
• Tes urin, dilakukan jika dokter mencurigai gejala yang dirasakan pasien bukan disebabkan akibat membesarnya prostat namun akibat infeksi lainnya.
 
• Tes darah, dilakukan untuk mengukur antigen spesifik prostat atau PSA dalam darah pasien karena semakin tinggi kadar PSA berisiko besar menderita kanker prostat.
 
• Tes neurologi, dilakukan untuk membantu mendiagnosis adanya gangguan buang air kecil akibat penyebab lain, selain pembengkakan prostat.
 
Penanganan penyakit prostat yang membesar cukup ditangani dengan mengonsumsi obat-obatan, terapi menahan urin, dan mengubah gaya hidup. Obat yang dikonsumsi secara rutin mampu menurunkan ukuran prostat dan meredakan gejala pembengkakan prostat jinak dengan cara menghambat efek dari hormon dihidrotestosteron. Sementara, penanganan dengan terapi harus dilakukan di bawah bimbingan medis. Untuk mendapatkan kesembuhan maksimal, beberapa perubahan gaya hidup yang dapat Anda lakukan, antara lain:

• Melakukan olahraga secara teratur.
• Kurangi konsumsi minuman berkafein.
• Biasakan tidak minum apapun dua jam sebelum tidur.
• Hindari menngonsumsi minuman beralkohol.



Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Gejala dari kelenjar prostat bengkak dapat ditangani dengan berkonsultasi terlebih dahulu bersama Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Proses penyembuhan penyakit bersama klinik ini akan berlangsung cepat karena perawatan dilakukan oleh dokter ahli berpengalaman serta berkompoten di bidangnya.
 
Klinik Utama Sentosa melayani pasien dengan maksimal sehingga tercipta kepuasaan serta kenyamanan selama perawatan maupun pemeriksaan rutin. Selain itu, layanan konsultasi secara online dan gratis bisa Anda dapatkan sehingga penyebab penyakit dapat diketahui secara pasti. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.